RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
SMK KARYA GUNA Jakarta
Mata Pelajaran : Simulasi
Digital
Kelas :
X
Semester :
1 (satu)
Alokasi waktu :
2 x 45 menit
Aspek/materi
pokok : Penerapan
Pengelolaan Informasi Digital
Kompetensi inti
(KI) :
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humainora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksankan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
(KD) :
1. Menghargai
keberagaman produk dalam negeri sebagai anugerah Tuhan. (KD pada KI.1)
2. Menunjukkan
sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur
dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata dalam
pelajaran simulasi digital. (KD pada KI.2)
3. Memahami
tentang perangkat lunak pengolah kata.
(KD
pada KI.3)
4. Menjelaskan
tentang penggunaan fitur pada perangkat lunak pengolah kata. (KD pada KI.4)
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1. Mengaplikasikan
sikap disiplin dalam proses pembelajaran.
2. Menjelaskan
tentang perangkat lunak pengolah kata.
3. Menjelaskan
tentang macam-macam perangkat lunak
pengolah kata.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1.
Siswa Kelas X Jurusan listrik SMK KARYA GUNA dapat menjelaskan tentang
perangkat lunak pengolah kata.
2.
Siswa Kelas X Jurusan listrik SMK KARYA GUNA dapat menyebutkan
macam-macam perangkat lunak pengolah
kata
Materi
Ajar :
1.
Pengertian perangkat lunak pengolah kata.
2.
Macam-macam perangkat lunak pengolah kata.
3.
Software
4.
hardware
Metode
Pembelajaran :
1.
Strategi : Presentasi
2. Model
Pembelajaran : Kooperatif
3. Metode
: Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Penugasan
Kegiatan
Pembelajaran :
1.
Kegiatan Pendahuluan (alokasi waktu 10
menit)
a.
Motivasi:
- Berdoa
sebelum mulai pelajaran.
- Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
- Guru memotivasi dan mengajak peserta didik untuk
berpartisipasi aktif di dalam pelajaran.
- Tanya
jawab tentang pertemuan sebelumnya.
b.
Menginformasikan kompetensi dasar yang
harus dicapai oleh peserta didik.
2.
Kegiatan
Inti (alokasi waktu 130 menit)
Langkah-langkah
pembelajaran:
- Menjelaskan
pegertian perangkat lunak pengolah kata
- Menjelaskan
macam-macam perangkat lunak pengolah kata
- Memberikan
tugas tentang perangkat lunak pengolah kata
3.
Penutup
(alokasi waktu 10 menit)
- Guru
bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
- Guru
menyampaikan informasi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
- Guru
bersama peserta didik berdoa untuk menutup pelajaran.
Sumber
belajar :
1.
Media
: Power point
2.
Sumber :
- Buku
siswa Simulasi Digital Jilid 1
- Internet
Penilaian
1.
Jenis / Teknik Penilaian
Penilaian
dilakukan dengan tes tertulis dan penilaian sikap.
2.
Bentuk Instrumen
Instrumen
penilaian berbentuk pertanyaan yang diberikan sebagai pekerjaan rumah.
3.
Pedoman penskoran
Lembar
Soal tentang Saklar (terlampir)
4.
Jenis Tes :
Tertulis
Bentuk
: Uraian
Jumlah
Soal : 5 butir
Lembaran
Soal
Nama : …………………………
Kelas : …………………………
No
|
Soal
|
Uraian Jawaban
|
Skor Maks
|
Skor Siswa
|
|||||
1
|
jelaskan pengertian
dari perangkat lunak pengolah kata
|
Perangkat Lunak Word Processor
(selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi
teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional
dibanding dengan program teks yang sudah ada.
|
25
|
||||||
2
|
Sebutkan macam-macam dari perangkat lunak pengolah
kata
|
Wordstar, ChiWriter, WordPerfect, MS
Work, Microsoft Word, KWriter dan AmiPro.
|
20
|
||||||
3
|
Jelaskan
langkah-langkah dalam membuka Ms. Word melalui start!
|
Klik start > Programs, baru masuk ke
folder MS Office. Atau mungkin langsung dari klik start > Programs >
Microsoft Word.
|
30
|
||||||
4
|
Jelaskan
langkah-langkah dalam membuka Ms. Word melalui shortcut
|
Dari shortcut yang sebelumnya kita buat
terlebih dahulu.
Langkah – langkahnya adalah dengan klik
ganda shortcut yang
akan dibuka
|
25
|
||||||
5
|
jelaskan langkah-langkah
dalam membuka pengolah kata melalui RUN
|
Dari Start > Run lalu kita pilih
Browse.
Langkah – langkahnya adalah tinggal kita cari letak dari file yang akan
kita buka. Misalnya di Program Files\MicrosoftOffice\Winword.exe. Setelah
terpilih klik Ok.
|
25
|
||||||
6
|
Jelaskan pengertian
software
|
Software
merupakan perangkat lunak yang tidak dapat disentuh maupun dilihat wujud
fisiknya. Sekalipun tidak berwujud fisik
|
|||||||
7
|
Jelaskan pengertian
hardware
|
Hardware/Perangkat
keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki
fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya
|
|||||||
8
|
Sebutkan 3 macam yang
terasuk input device
|
Keyboard, mouse,
scanner
|
|||||||
9
|
Sebutkan 2 macam yang
termasuk output device
|
Monitor dan printer
|
|||||||
10
|
Sebutkan macam-macam
hardware! (min. 3)
|
CPU, monitor,
keyboard, mouse
|
|||||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
100
|
Nilai Siswa x 100
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Simulasi
Digital
Kelas/Semester : X/Gasal
Tahun Pelajaran :
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran
1. Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran.
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi masih
belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama
dalam kegiatan kelompok secara terus
menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat
baik jika menunjukkansudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
7
|
||||||||||
8
|
||||||||||
9
|
||||||||||
10
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B
: Baik
SB : Sangat baik
Penilaian Karakter :
No.
|
Nilai Karakter
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kreatif
|
- Kreatif
- Menunjukan usaha kreatif
- Dibimbing untuk kreatif
- Tidak ada kemauan untuk kreatif
|
A
B
C
D
|
2
|
Tanggung jawab
|
- Bertanggung jawab
- Menunjukan usaha bertanggung jawab
- Dibimbing untuk bertanggung jawab
- Tidak ada kemauan untuk bertanggung
Jawab
|
A
B
C
D
|
3
|
Kerja keras
|
- Bekerja keras
- Menunjukkan usaha bekerja keras
- Dibimbing untuk bekerja keras
- Tidak ada
kemauan untuk bekerja keras
|
A
B
C
D
|
4
|
Mandiri
|
- Mandiri
- Menunjukan usaha kurang mandiri
- Dibimbing untuk mandiri
- Tidak ada kemauan untuk mandiri
|
A
B
C
D
|
Jakarta, Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
Drs. SULAEMAN, MM Eko Supriyadi, SPd
0 comments:
Posting Komentar