Sabtu, 18 Mei 2019

Soal Soal PPG Tahun 2019 (Original Keluar Semua ) Jilid 1



BELAJAR ONLINE SUKSES (Aamiin)

1.        Faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik adalah
a.        Daerah yang banyak pohon memiliki simpanan air
b.        Udara bersih disebabkan masih banyak tumbuhan
c.        Longsor dan erosi disebabkan oleh penebangan pohon
d.       Benih cepat tumbuh pada kondisi gelap

2.        Peristiwa kejahatan yang terjadi di masyarakat mengenai keterlibatan siswa usia sekolah dasar baik sebagai pelaku. Hal itu menjadi suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi masyarakat pendidikan. Sebagai guru maka dalam menyikapi hal tersebut harus memiliki prinsip kebenaran yang
a.        Kewajiban guru sebatas dalam pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik
b.        Pendidikan yang cukup diberikan untuk mencerdaskan peserta didik
c.        Pendidikan moral sebaiknya diberikan di keluarga masing-masing
d.       Pentingnya pendidikan karakter ditanamkan dalam diri peserta didik sedini mungkin

3.        Sebagai keterampilan dasar IPS yang dapat ditetapkan dalam rangka membantu mengatasi permasalahan masyarakat adalah
a.        Memberikan ceramah-ceramah yang berhubungan dengan penanaman nilai- nilai yang terkandungdalam pancasila untuk manangkal unsure-unsur kebudayaan asing
b.        Memberi       pengarahan       kepada      masyarakat        akan    pentingnya       memiliki pengetahuan social
c.        Menanamkan kesadaran kepada anggota masyarakat akan pentingnya hidup bersama
d.       Membantu mengatasi factor penyebab dari sudut pandang disiplin ilmu-ilmu social secara terintegrasi interdisiplin

4.        Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar IPA yang sering dialami peserta didik usia sekolah dasar
a.        Rendahnya IQ peserta didik
b.        Kesulitan belajar IPA karena banyak istilah latinnya
c.        Pelajaran IPA ditakuti
d.       Tidak berminat belajar IPA

5.        Berikut ini kemampuan awal yang dimungkinkan muncul ketika mengajarkan membaca permulaan
a.        Keterampilan membaca lancar                          c. Keterampilan membaca cepat
b.        Ketrampilan membaca nyaring                          d. Keterampilan membaca memindai

6.        Salah satu kegunaan mempelajari sejarah Indonesia adalah memahami aturan hukum mengenai ekonomi kerakyatan. Berkaitan antara konstitusi pasal 33 UUD 1945 dengan ekonomi kerakyatan terletak pada..
a.        Adanya orientasi kerakyatan yang sangat kuat diantara keduanya
b.        Adanya penguasaan Negara terhadap sector usaha setrategis
c.        Kemandirian masyarakat dalam mencapai kesejahteraan
d.       Kesamaan visi dan misi dalam menghadapi globalisasi
7.        Keterkaitan aspek keterampilan dengan seluruh program pengajaran IPS tampak dalam aktifitas pembelajaran, sebab


a.        Menampilkan aspek ketrampilan secara nyata
b.        Memberikan beberapa keterkaitan fakta
c.        Mempunyai daya inovasi yang tinggi
d.       Memiliki kekuatan sebagai program pembelajaran di SD
8.        Dalam sejarah kehidupan manusia terdapat hubungan antara manusia dengan lingkungan alam disekitarnya yang lebih bersifat fungsional. Hal itu berarti manusia memelihara dan memanfaatkan kekayaan alam dengan baik, dan yang akan terjadi adalah
a.        Kesehatan , kesejahtaraan, dan kenyamanan hidup
b.        Kemunduran, kesengsaraan dan kemiskinan
c.        Polusi tanah, udara, dan lingkungan kumuh
d.       Kerusakan lingkungan dan bencana alam

9.        Dalam kehidupan global sebagai warga Negara Indonesia yang demokratis dalam konteks nasional dan internasional maka perlu dikembangkan sikap-sikap positif bagi siswa dengan uraian sebagai berikut.....
a.        Membuat keputusan dengan mementingkan kepentingan kelompok.
b.        Mengekspresikan diri secara bebas nilai.
c.        Membatasi diri dengan perbedaan yang dimiliki.
d.       Menghargai berbagai perbedaan yang dimiliki.

10.     Tujuan pendidikan IPS ditinjau dari sistem pendidikan dasar secara menyeluruh dapat dirumuskan antara lain
a.        Membekali peserta didik dengan kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan perkembangan sesuai kehidupan
b.        Mengembangkan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternative pemecahan masalah
c.        Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi secara santun
d.       Membekali peserta didik dengan sikap pengetahuan dan keterampilan dasar agar dapat mengembangkan dirinya

11.     Penerapan nilai demokrasi berlandaskan pada proses penanaman nilai-nilai luhur bangsa sehingga terbentuknya kepribadian yang positif pada diri warga Negara. Adapun nilai itu sendiri mempunyai pengertian adalah ..
a.        Prinsip-prinsip benar dan salah mengenai tingkah laku
b.        Tatanan aturan hokum yang menjadi sesuatu dan sudah memiliki kekuatan normative atau kekuatan lain dianut dan diterima serta dilaksanakan masyarakat
c.        Sesuatu yang berharga, yang dianggap bernilai, adil, baik, benar, dan indah serta menjadi pedoman atau pegangan diri
d.       Integritas pribadi manusia yakni harkat, dan martabat seseorang pribadi

12.     Dalam pengembangan pembelajaran PKn SD, sebaiknya guru dapat memahami karakteristik anak SD. Dibawah ini adalah salah satu dari karakteristik siswa SD , yaitu ....
a.        Pengetahuan yang diperoleh diberikan secara abstrak.
b.        Kemampuan berpikir secara kompleks.
c.        Kemampuan berpikir secara parsial.
d.       Cenderung bermain sambil belajar.

13.     Kelainan tulang yang disebabkan kebiasaan duduk yang kurang baik, diistilahkan dengan sebutan skoliosis yakni


a.        Tulang pinggang membelok ke depan
b.        Tulang belakang membelok ke belakang
c.        Tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan
d.       Tulang pinggang membengkok ke kanan atau ke kiri
Keterangan:
Lordosis : depan, kifosis : belakang

14.     Sebagai warga masyarakat guru perlu mengenal memahami sifat hukum. Hal berikut merupakan sifat dari hokum…
a.        Mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya hukum
b.        Memaksa artinya siapapun wajib mentaati hukum yang dibuat
c.        Mengatur hubungan antar berbagai kepentingan dalam masyarakat
d.       Menyadari hak dan kewajiban masyarakat

15.     Ibu Ani mengajarkan mengarang narasi. Langkah pertama yang dilakukan ibu Ani adalah menjelaskan langkah-langkah mengarang. Selanjutnya menjelaskan kerangka karangan dan langkah terakhir menyuruh siswa untuk mengarang narasi.
Kegiatan yang dilakukan ibu Ani adalah …
a.        Menulis terbimbing                                          c. Menulis bebas
b.        Menulis mandiri                                               d. Menulis narasi

16.     Tujuan utama pembelajaran IPS adalah..
a.        Carracter building                                            c. Good citizenship
b.        Carring capacity                                               d. Expanding community

17.     Ketika mengajar dikelas agar siswa tidak terjadi kesalahan konsep maka ibu syam mengajak semua anak melakukan peragaan sebagai berikut
1)      Menyediakan sebuah persegi panjang dari kertas origami
2)      Memotong persegi panjang tersebut menjadi delapan bagian yang sama besar
3)      Meminta siswa untuk menghitung banyaknya seperdelapan yang terbentuk Berdasarkan peragaan yang dilakukan semua siswa diatas ibu syam akan mengajarkan bentuk perasi hitung


a. 1 x 1 = 1


b. 1 :


1 = 8               c. 1 : 1 = 1


d. 8 x 1 = 1


8           8                       8                         8          8                              8

18.     Sebidang tanah berbentuk persegi panjang yang memiliki penjang 2 kali lebarnya dan keliling 300 m. tanah tersebut ditanami kacang hijau yang berjarak satu sama lain 10 cm. pada perbatasan tanah tersebut juga ditanami. Bila 1 kg kacang hijau tersebut berisi 500 butir maka kacang hijau yang dibutuhkan untuk menanami sebidang tanah tersebut adalah…ton
a. 0,75                       b. 1,20                            c. 1,00                              d.0,50
Keterangan:


p = 2l, K=300
K          = 2 x (p+l)
300       = 2 x (2l + l)
300       = 2 x 3l
3l          = 300:2
l           = 150 :3
= 50
p          = 2l
= 2 x 50
= 100


Ltanah        = px l
= 100 x 50
= 5000 m2 = 50.000.000 cm2
Ltempat kacang hijau = s2
= 102
= 100 cm2
Banyaknya kacang hijau yang dibutuhkan =                      Ltanah           
Ltempat kacang hijau
= 50.000.000
100
= 500.000 butir


19.     Berikut ini merupakan zat makanan yang berperan untuk merawat dan membangun tubuh, oleh sebab itu penting sekali untuk dikonsumsi setiap harinya. Zat makanan tersebut berupa ..
a.        Mineral                      b. Lemak                        c. Protein                       d. Karbohidrat
Keterangan:
Karbohidrat : sumber energi, lemak : cadangan makanan, vitamin : pengatur

20.     Menyimak merupakan keterampilan berbahasa untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah ketika mendengarkan informasi lisan secara langsung, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ..
a.        Mencatat informasi sesuai yang diinginkan
b.        Mengamati gesture nara sumber
c.        Mencatat isi bahan simakan dari awal sampai aakhir
d.       Mencatat setiap pernyataan

21.     Dalam pelaksanaan sila persatuan Indonesia maka upaya bela Negara sebaiknya dapat memahami bahwa kepualauan nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan dan keamanan yang mempunyai makna sebagai berikut…
a.        Ancaman terhadap suatu pulau merupakan ancaman dan tantangan bagi TNI
b.        Ancaman terhadap suatu pulau atau suatu daerah merupakan ancaman bagi pulau dan daerah yang berkonflik
c.        Ancaman terhadap suatu pulau atau suatu daerah merupakan ancaman dan tantangan TNI dan kopolisian
d.       Ancaman terhadap suatu pulau atau suatu daerah merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa dan Negara

22.     Sebuah drum minyak berbentuk tabung dengan ukuran tinggi sama dengan garis tengah lingkaran alas yaitu 28 cm maka volume drum tersebut jika diisi sampai penuh adalah … liter
a. 17,248                        b. 20,248                        c. 15,248                        d. 18,248
Keterangan:
Diket               = t = d = 28 cm
Dit                  = V = ..?
Jawab            = V  = π.r2.t
= 22 . 14.14.28
7
= 17248 cm3 = 17,248 dm3
23.     Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui, memahami, mengaplikasi, menyelidiki dan menginformasikan suatu hal secara jelas. Pada penilaian proyek, hal yang perlu dipertimbangkan adalah
a.        Relevansi bidang ilmu                                      c. Perintah kerja
b.        Pemberian skor hasil belajar                              d. Penilaian diri

24.     Komputer adalah hasil karya manusia yang mampu membawa perubahan besar dalam berbagai bidang pekerjaan manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Komputer sebagai hasil teknologi sangat membuka kemungkinan-kemungkinan besar untuk menjadi alat pendidikan. Khusunya dalam bidang pembelajaran, komputer dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu komputer dapat digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Berdasarkan letak kalimat utama paragaf diatas merupakan paragraf
a.        Deduktif                    b. Induktif                       c. Naratif                       d. Campuran


25.     Perhatikan pernyataan di bawah ini
1)      Manusia, tempat, lingkungan
2)      Waktu, berkelanjutan, dan perubahan
3)      System social dan budaya
4)      Kurikulum bermuatan local
Adapun ruang lingkup mata pelajaran IPS sesuai dengan nomor …
a. 1, 3, dan 4                    b. 2, 3, dan 4                   c. 1, 2,dan 4                    d. 1, 2, dan 3
26.     Pencapaian aspek keterampilan dalam proses pembelajaran IPS sangat ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut
a.        Tergantung pada sikap kritis siswa
b.        Terlibatnya siswa secara langsung dalam proses pembelajaran
c.        Terlibat langsung dalam kegiatan ekstrakurikuler
d.       Terlibat secara individual

27.     Sudut merupakan pertemuan dua buah sinar garis yang bertumpu pada titik pangkalnya.  Jika  tiga  buah  sinar  garis  bertemu  dalam  satu  titik,  maka  akan menghasilkan tiga buah sudut. Jika empat buah garis  bertemu dalam satu titik maka akan menghasilkan enam buah sudut. Jika lima belas sinar garis bertumpu pada satu titik maka akan menghasilkan ….buah sudut.
a. 85                              b. 75                              c. 105                            d. 95
Keterangan:
Banyanya sudut yang terbentuk                    = 1 n ( n 1)
2
= 1 15 ( 15 1)
2
= 7,5 x 14
= 105

28.     Sebuah kardus berbentuk balok mempunyai ukuran panjang 12 cm, lebar 9 cm, dan diagonal ruang 17 cm, jika tinggi kardus sudah dihitung maka luas permukaan kardus adalah … cm2
a. 662                         b. 776                            c. 828                             d. 552
Keterangan:


BD2     = AD2+AB2
= 92+122
E                                                                                           = 81+144
= 225
BD      = 15 cm


Luas permukaan                = 2 x ( (pxl) + (pxt)
+ (lxt))
= 2 x ((12x9)+(12x8)+(9x8))
= 2 x (108+96+72)
= 2 x 276
= 522 cm2


BF2     =
=
=


DF2-BD2 172-152
289-225


A                  12 cm                  B


= 64
BF      = 8 cm



29.     Sudut merupakan pertemuan dua buah sinar garis yang bertumpu pada titik pangkalnya.  Jika  tiga  buah  sinar  garis  bertemu  dalam  satu  titik  maka  akan menghasilkan tiga buah sudut. Jika empat buah sinar garis bertemu dalam satu titik maka akan menghasilkan enam buah sudut. Jika 50 buah sinar garis bertemu pada satu titik, maka akan menghasilkan buah sudut
a. 2450                           b. 1225                          c. 2550                           d. 1525
Keterangan:


Banyanya sudut yang terbentuk = 1 n ( n – 1)
2
= 1 50 ( 50 1)
2
= 25 x 49
= 1225
30.   Hasil dari operasi berikut (11 +22+33+44)-(14+23+32+41) adalah… a. 376                      b. 144                                       c. 266                             d.

31.     Hasil bagi bilangan bulat adalah 5, jika jumlah kedua bilangan bulat tersebut adalah 36, maka hasil kali kedua bilangan tersebut adalah…
a. 252                             b.180                             c. 160                             d. 280
Keterangan:
a : b = 5        a = 5b a + b          = 36

maan linier dengan du
 

ari system pertidaksa
 
5b + b          = 36
32.     Penyelesaian d                                                                                 a peubah 2x –y =4 dan x-
2y =8 adalah….
Keterangan:


2x y = 4         y = 2x 4 x - 2y              = 8
x 2(2x -4)                 = 8
x 4x + 8                    = 8
-3x                  = 8-8
x                   = 0


x = 0       2x y = 4
2.0 y = 4
y = - 4
jadi Hp : (0,-4)



33.     Sebuah bangun jajar genjang PQRS mempunyai sifat-sifat yang berhadapan sejajar dan sama panjang dapat dibentuk dari empat buah titik dengan koordinat P (-3,2),Q (0,4), R (4,4) maka koordinat titik S adalah..
a. (-2,-1)                         b. (-2,1)                          c. (-1,2)                          d. (1,2)

34.     Jarak dari kota A ke kota B adalah 275 km, agung naik mobil dari kota A ke kota B Berangkat pukul 08.05 dengan kecepatan rata-rata 72 km/jam. Pada waktu yang bersamaan bima dari kota B menuju kota A melalui jalan yang sama dengan kecepatan 53 km/jam. Mereka sudah janjian akan bertemu disuatu tempat, maka mereka akan bertemu pada pukul
a. 10.11                          b. 10.15                         c. 10.14                          d.10.17
Keterangan: t  = s
v
=  275
72+53
= 275
125
= 2,2 jam = 2 jam 12 menit
Mereka akan bertemu pada pukul 08.05 + 2 jam 12 menit = 10.17

35.     Selisih umur seorang ayah dan anak pertamanya 26 tahun, jika 5 tahun yang lalu jumlah umur keduanya 40 tahun, maka umur ayah 2 tahun yang akan datang
a. 40                               b. 38                              c. 35                              d. 42
Keterangan:
Missal x = ayah, y = anak


x y = 26         x = y + 26 (x + y) 10                   = 40
( y + (y +26))                  = 40 +10
2y + 26                      = 50
2y                            = 50 26
y                             = 24 : 2


10 dari umur ayah dikurangi 5 dan anak dikurangi 5 ( lima tahun yang lalu umur mereka)


y = 12       x = y +26
= 12 + 26
= 38
Jadi umur ayah 2 tahun yang akan datang adalah 38 + 2 = 40 tahun


= 12

36.     Ongkos parkir mobil (y) ditarik berdasarkan jam parkir (x) dengan menggunakan rumus y = 3000 + 1500 ( x 1), x > 1, maka ongkos parker untuk 3 jam adalah
a. 6000                           b. 4500                          c. 5000                           d. 3500
Keterangan:
3 jam       y         = 3000 + 1500 (x-1)
= 3000 + 1500 (3-1)
= 3000 + 1500.2
= 3000 + 3000
= 6000

37.     Pada saat kita memasak air sampai mendidih, menurut hukum fisika, jika air sudah mendidih, maka suhunya
a.        Tidak dapat ditingkatkan lagi                             c.     Akan    terus     meningkat        sesuai kebutuhan
b.        Menurun secara drastis                                    d. Mulai menurun sampai titik nol

38.     Setelah melakukan penelitian tentang gejala alam biotik perlu disusun…
a.        Kesimpulan dan saran untuk kegiatan berikutnya
b.        Laporan penilitian
c.        Sistimatika laporan penelitian
d.       Kesimpulan hasil penelitian

39.     Modal pembalajaran berbasis masalah dapat digunakan dalam pelajaran Pkn untuk mencapai pembelajaranyang efektif berpusat pada peserta didik. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sebagai fasilitator. Salah satu tujuan tugas fasilitator adalah…
a.        Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan ketrampilan dalam berpikir taingkat tinggi dalam memecahkan masalah
b.        Memfasilitasi peserta didik untuk aktif merumuskan dan memecahkan masalah secara mandiri baik pada kegiatan individu maupun kelompok sebagai proses membangun pengetahuan dan ketrampilan berfikir
c.        Memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang hal-hal yang harus dilakukan serta memotivasi untuk belajar aktif sehingga menjadi pembelajar yang mandiri
d.       Menyelaraskan        bahan      ajar     dengan      kemampuan        peserta      didik    untuk memecahkan masalah

40.     Jika  hutan-hutan  banyak  ditebangi  oleh  manusia  yang  tidak  bertanggung  jawab secara terus menerus dan tidak ada penanaman kembali maka akan mengakibatkan ..
a.        Patahan tanah dan meningkatnya kadar O2
b.        Retakan tanah dan menurunnya kadar CO2
c.        Kesuburan tanah berkurang dan menurunnya kadar O2
d.       Banjir dan suhu meningkat

41.     Dalam menggunakan media pembelajaran PKn, maka berikut ini yang tidak perlu diperhatikan adalah
a.        Satuan pendidikan SD dengan kelas rendah dan kelas tinggi
b.        Karakteristik siswa SD
c.        Pembelajaran lebih menekankan pada pengalaman dan pembiasaan
d.       Pengetahuan dan pengertian yang komplek dari siswa


42.     Guru menggunakan metode kontektual sebagai salah satu syarat agar IPS memiliki kekuatan bahwa materi kajiannya meaningfull berarti…
a.        Bersifat logis dan berguna                                c. Menampilkan kasus
b.        Menampilkan fakta                                           d. Memenuhi aspek kognitif
Meaningful : pembelajaran bermakna

43.     Tuti dan Maria dua kakak beradik, keduanya putri R. Wiraadmaja, mantan wedana di daerah Banten. Meskipun Tuti dan Maria bersaudara, sifat keduanya sangat berbeda. Tuti seorang pendiam dan selalu berhati-hati dalam menuturkan kata. Dia lebih banyak menggunakan akal dan pikiran dari pada perasaan. Sebaliknya Mario seorang gadis lincah dan periang tetapi juga mudah murung. Gadis ini lebih banyak menurutkan perasaannya. Watah tokok Tuti dalam kutipan tersebut adalah ..
a.        Pendiam, berhati-hati, berpikir logis                  c. Periang, pemalu, lincah
b.        Periang, berpikir logis, berhati-hati                   d. Pendiam, pemalu, dan berhati-hati

44.     Pada saat peserta didik melakukan ekperimen atau ekplorasi, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan informasi sebanyak- banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis. Data dapat diperoleh melalui membaca literature, mengamati objek, wawancara dengan nara sumber, melakukan uji coba sendiri dan sebagainya. Langkah terakhir, peserta didik menggeneralisasi atau menarik kesimpulan. Kegiatan diatas merupakan langkah pembelajaran ..
a.        PBL           b. PBM                     c. Cooperative learning d. Group Investigation

45.     Anda memeriksa hasil laporan praktik siswa dan menemukan cukup banyak kesalahan yang ada pada tulisan siswa. Kalimat santun yang layak disampaikan terkait dengan penyempurnaan laporan tersebut adalah
a.        Laporan tidak layak untuk disampaikan karena masih banyak yang peru diperbaiki
b.        Laporan memerukan telaah yang cukup panjang karena masih terdapat kesalahan
c.        Laporan yang dibuat sudah baik, namun untuk kesempurnaan laporan ini hal yang bersifat teknis perlu diperbaiki
d.       Laporan yang dibuat perlu diperbaiki karena masih terdapat kekurangan pada halamannya

46.     Setelah siswa mempelajari PKn akan memahami cara menghargai jasa para tokoh dalam proses perumusan dasar Negara pancasila, yaitu dengan
a.        Tidak mengakui idiologi Negara
b.        Menganggap pancasila sebagai idiologi yang tidak sesuai lagi dengan keadaan sekarang
c.        Menunjukkan sikap hedonisme
d.       Meneladani sikap dan prilaku para tokoh

47.     langkah terakhir membuat taman adalah menempatkan tanam tanaman yang kita sediakan sesuai dengan sketsa yang dibuatnya. tanam-tanaman hendaknya tidak dalam ukuran yang serupa dan warna senada. usahakan membuat komposisi yang nyaman dipandang baik bentuk maupun warnanya. terakhir letakkan jembatan rumah gubuk boneka atau kaca sebagai danau tiruan.
Pada paragraph tersebut kata-kata yang seharusnya diawali dengan huruf kapital adalah …
a.        Langkah, hendaknya, usahakan, terkahir


b.        Langkah, sesuai, usahakan, terakhir
c.        Langkah, tanam tanaman, usahakan, terakhir, danau
d.       Langkah, tanam-tanaman, usahakan, terakhir

48.     Penerapan prinsip belajar secara berkesinambungan pada pembelajaran IPA adalah..
a.        Diawali dengan menggali konsep, melakukan pengamatan, baru membuat kesimpulan
b.        Belajar diawali dengan contoh, baru ke materi yang sulit
c.        Belajar materi IPA baru dilanjutkan dengan diskusi kelompok
d.       Belajar materi IPA sepannjang hari sampai menguasai

49.     Agar siswa aktif dalam pembelajaran bilangan empat angka, kepada siswa diberikan soal sebagai berikut: isikan suatu angka tersebut 1,2,3,4,5,6,7,8,9 minimal satu kali untuk membentuk tiga bilangan empat angka yang jumlahnya 9536 maka siswa menemukan banyak jawban benar. Hal ini dapat mencerminkan pendekatan pembelajaran
a.        Open ended / divergen                                     c. Interaktif
b.        Saintifik                                                           d. Ecpository
Keterangan:
Satu soal memiliki beberapa jawaban yang benar

50.     Dalam kegiatan menganalisis gejala alam abiotik perlu upaya sadar dan terencana, yang memadukan lingkungan hidup termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjammin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan merupakan ..
a.        Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup
b.        Pembangunan berbasis lingkungan hidup untuk menyiapkan kehidupan bagi generasi masa kini dan masa depan
c.        Pembangunan daya dukung lingkungan untuk generasi masa kini dan masa depan
d.       Pengelolaan lingkungan berkelanjutan untuk generasi masa kini dan masa depan

51.     Teori belajar bermakna pada matematika (meaning teori) mendudung penggunaan benda-benda untuk dimanipulasi sehingga siswa dapat memahami dari konsep dan keterampilan baru, seperti contoh berikut
a.        Guru mengenalkan bilangan tiga menggunakan contoh tiga mangga, tiga balon, tiga pensil
b.        Guru mengenalkan bilangan tiga dengan mengajak siswa menyebutkan secara verbal
c.        Guru mengenalkan bilangan tiga dengan menuliskan simbul angka 3
d.       Guru mengenalkan bilangan tiga menggunakan gambar tiga mangga, gambar tiga balon, gambar tiga pensil

52.     Pebelajaran tentang berbagai konsep IPS sebaiknya
a.        Merupakan pemahaman makna denotative istilah konsep tersebut
b.        Langsung ditemakan guru dan segera dicatat oleh siswa sehingga mudah diingat
c.        Diberikan dalam suatu konteks tertentu bukan diterangkan tanpa dikaitkan dengan sesuatu
d.       Merupakan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan sesuatu konsep


53.     Salah satu tujuan IPS adalah mengembangkan keterampilan siswa yang dapat diwujudkan dengan kegiatan
a.        Mencari bukti bukti ilmiah, menafsirkan data, dan merumuskan kesimpulan
b.        Merumuskan masalah, menentukan tujuan dan menyusun kesimpulan
c.        Merumuskan latar belakang, mencari, dan menganalisis data.
d.       Mencari dan mengolah data, menafsirkan data, dan membuat hipotesis

54.     Barisan yang terbentuk adalah 1,3,5,7, .... maka besarnya suku ke-10 adalah ... a. 17           b. 19     c. 22                                       d. 25 Keterangan:
U10       = a + (n-1)b
= 1 + (10-1)2
= 1+18
= 19

55.     








Jika sudut 1 = 500 maka besarnya sudut α2 adalah ...
a. 1000                          b. 1100                          c.1200                           d. 1300
56.     Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki peserta didik sebelum mempelajari kompetensi dasar tentang mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di negara tetangga, adalah
a.        Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
b.        Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
c.        Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
d.       Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia

57.     Pak Tino akan menjelaskan konsep perkalian sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik kepada siswa kelas III SD dengan peragaan sebagai berikut…
1)      Pak Tino mengajak siswa mengamati lima ekor kucing yang ada di halaman sekolah
2)      Banyak kepala seekor kucing ada 1, sehingga banyak kepala lima ekor kucing adalah 5 x 1
3)      Banyak mata seekor kucing ada 2, sihingga banyak mata lima ekor kucing adalah 5 x 2
4)      Banyak kaki seekor kucing ada 4, sehingga banyak kaki lima ekor kucing adalah 5 x 4

Peragaan yang dilakukan oleh Pak Tino dalam pembelajaran matematika termasuk model pembelajaran
a.        Problem based learning                                    c. Contectual teaching and learning
b.        Cooperative learning                                       d. Inquiry and discovery learning


58.     Kesadaran hukum bagi warga negara sangat diperlukan dalam upaya pemerintah demi keberhasilan pembangunan nasional. Hal ini bertujuan untuk
a.        Membangkitkan kesadaran warga negara
b.        Memahami kedudukannya sebagai warga negara
c.        Mengetahui pentingnya hukum bagi seluruh warga negara
d.       Memahami tentang hak dan kewajibannya sebagai warga negara

59.     Perhatikan pernyataan berikut ini !
1)      Membuat jalur hijau sepanjang jalan
2)      Membuang sampah ke sungai yang mengalir
3)      Membuat terasering di lahan miring
4)      Mendirikan pabrik di pemukiman penduduk
5)      Member pupuk agar tanah tetap subur

Berdasarkan pernyataan tersebut terdapat beberapa perilaku manusia yang mempengaruhi lingkungan, sesuai dengan nomor
a. 1 dan 3                      b. 1 dan 5                      c. 1 dan 3                       d. 2 dan 4

60.     Dalam menggunakan media pembelajaran PKn SD, maka berikut ini yang tidak perlu diperhatikan yaitu
a.        Satuan pendidikan SD dengan kelas rendah (I-III) dan kelas tinggi (IV-VI)
b.        Karaktristik siswa SD
c.        Pembelajaran lebih menekankan pada pengalaman dan pembiasaan
d.       Pengetahuan dan pengertian yang komplek dari siswa

61.     Kewarganegaraan seseorang dapat diusahakan dengan proses naturalisasi (pewarganegaraan). Adapun ketentuan mengenai naturalisasi di Indonesia adalah
a.        Memiliki usia di bawah 17 tahun
b.        Tidak mempunyai kewarganegaraan lain
c.        Memiliki identitas diri sebagai seorang warga negara lain
d.       Memiliki paspor Indonesia

62.     REMBULAN Rembulan
Kau berjalan di atas Bumi Pertiwi Dengan sinar keagungan
Walau sesaat kita bertemu Di malam hari
…….
Lirik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah …
a.        Dia bermanfaat sekali                                       c. rembulan menyinari bumi
b.        Engkau tersenyum padaku                               d. cahayanya bersinar terang

63.     Dalam menyusun komponen-komponen rancangan pembelajaran IPS, salah satunya adalah menentukan tujuan. Adapun tujuan pembelajaran globalisasi dalam IPS adalah
a.        Agar siswa mengkritisi globalisasi merupakan bagian dari IPS
b.        Membantu       siswa    mengembangkan        kemampuan       berfikir     kritis    terhadap masalah-masalah dunia


c.        Agar siswa bijaksana dalam menangani masalah-masalah dunia
d.       Agar siswa memahami masalah-masalah yang akan dihadapi secara mendunia

64.     Berikut ni yang termasuk gejala alam abiotik yang dipengaruhi oleh gejala nalam biotic seperti batuan yang ditubuhi lumut adalah
a.        Fotosintesis              b. Metamorfosis             c. Pelapukan                   d. Pernafasan

65.     Pendekatan kontektual erat kaitannya dengan pencapaian aspek keterampilan intelektual, karena…
a.        Boleh mengemukakan pendapatnya secara klasikal
b.        Boleh memilih bahan diskusi sesuai kondisi saat ini
c.        Diikutsertakan dalam mengamati jalannya pembelajaran
d.       Boleh berdebat sesuai karakteristik pengajarnya

66.     Kata-kata santun yang dapat digunakan untuk menasihati siswa yang tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran di kelas adalah
a.        Bapak/ibu guru tidak senang jika anak-anak membolos!
b.        Bapak/ibu guru tidak marah jika anak-anak membolos!
c.        Bapak/ibu guru akan memberikan sanksi apabila anak-anak membolos!
d.       Bapak/ibu guru mengharapkan peristiwa ini tidak terulang kembali!

67.     Hasil dari 52 + 42 32 + 22 12 adalah
a. 45                          b. 35                              c. 55                               d. 65

68.     Kesuksesan komunikasi tergantung kepada desain pesan/komunikasi, dan cara penyampaiannya. Untuk itu guru perlu mengetahui unsur-unsur komunikasi
a.        Komunikator, pesan, komunikan, dan media
b.        Komunikan, pesan, dan media
c.        Komunikator, lingkungan, pesan, dan media
d.       Komunikan, pesan, dan lingkungan

69.     Di bawah ini yang tidak termasuk dalam pengembangan materi IPS, dimana menganut prinsip”keseimbangan” adalah ..
a.        Sumber belajar                                                c. struktur social
d. aspek keterampilan social
70.     Menurut piaget, anak usia kelas I SD berada pada tahap operasi konkret, dalam belajar matematika siswa sudah dapat
a.        Mengelompokkan          benda-benda konkret berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran
b.        Mengelompokkan bilangan bulat dan bilangan pecahan
c.        Mengelompokkan bilangan real dan imajiner
d.       Mengelompokkan bilangan habis dibagi dan bilangan tidak habis di bagi

71.     Club sepak bola peserta Liga Indonesia tidak boleh asal menempatkan seseorang dalam kursi pelatih. Jika pada musim-musim sebelumnya masih ada clup dengan pelatih yang mengantongi lisensi kepelatihan di bawah standar, kini tidak diperbolehkan lagi. Liga Indonesia (PT LI) memberi batasan bahwa pelatih klub Indonesia Super League (ISL) harus berlisensi A nasional atau AFC. Kritikan isi bacaan tersebut yang paling santun adalah ..
a.        ….langkah PT Liga Indonesia tersebut tidak boleh ditawar-tawar lagi agar para penonton dapat semakin tertib dan terkendali
b.        …PT Liga Indonesia semestinya sudah dilakukan sejak dahulu bukan sekarang


agar pelaksanaan kompetisi berjalan aman
c.        Untuk meningkatkan kualitas pelatih dan pelaksanaan Indonesia Super Liga, pelatih berlisensi AFC sudah seharusnya PT Liga Indonenasia
d.       …klub akan dibatasi lisensinya jika para pemainnya juga tidak diberi batasan dan aturan ketat

72.     Pernyataan berikut yang bernilai benar adalah … a. 2 + 3 = 5 dan 3 > 5
b. 2 + 3 = 5 dan 3 < 5
c.        2 > 3 dan Lumpur Lapindo ada di Jawa Timur
d.       Bulan Januari terdiri dari 30 hari dan satu tahun terdiri dari 52 minggu

73.     Di saat siswa berhadapan dengan pembelajaran tentang masalah globalisasi, maka sebagai seorang pendidik sikap yang sebaiknya diterapkan kepada siswa dalam pembelajaran PKn di SD adalah
a.        Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan sikap dari dampak negatif dan positif globalisasi
b.        Mengidentifikasi tentang dampak negative dan positif dari globalisasi
c.        Mencatatkan dampak negatife dan positif dari globalisasi
d.       Mendiskusikan tentang dampak negatif dan positif dari globalisasi

74.     Pencapaian aspek keterampilan dalam proses pembelajaran IPS sangat ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut
a.        Terlibat secara individual
b.        Tergantung pada sikap kritis siswa
c.        Terlibat langsung dengan kegiatan ekstrakurikuler
d.       Terlibatnya siswa secara langsung dalam proses pembelajaran

75.     Dalam merancang suatu penelitian gejala alam abiotik tentang ekosistem air, agar pengamatan berjalan baik, maka Anda dapat menggunakan
a.        Alat dan bahan, prosedur kerja yang tepat, metode pengamatan yang terencana dan sistematis
b.        Materi praktik dan strategi penelitian yang tepat
c.        Kisi-kisi pembelajaran dan metode penelitian yang tepat
d.       Strategi pembelajaran, metode ilmiah, dan pendekatan pembelajaran

76.     Untuk merancang suatu penelitian dengan hasil yang benar dan dapat dipercaya tentang gejala alam biotic dan abiotik dapat menggunakan alat dan bahan, prosedur kerja yang tepat, metode pengamatan yang terencana dan sistematis, maka perlu dituangkan dalam
a.        Strategi ilmiah dan pemangatan ilmiah
b.        Metode ilmiah dan keterampilan kerja ilmiah
c.        Prosedur ilmiah dan pendekatan ilmiah yang tepat
d.       Alat dan bahan yang digunakan harus tepat

77.     Penerapan nilai demokrasi berlandaskan pada proses penanaman nilai-nilai luhur bangsa, sehingga terbentuknya kepribadian yang positif pada diri warga negara.
Adapun nilai itu sendiri mempunyai pengertian adalah …
a.        Tatanan aturan hokum yang menjadi sesuatu dan sudah memiliki kekuatan normatif atau kekuatan lain dianut dan diterima serta dilaksanakan masyarakat
b.        Prinsip-prinsip benar dan salah mengenai tingkah laku
c.        Sesuatu yang berharga, yang dianggap bernilai, adil, baik, benar, dan indah serta


menjadi pedoman atau pegangan diri
d.       Integritas pribadi manusia, yakni harkat dan martabat seseorang pribadi

78.     Ketika menentukan focus kajian pembelajaran IPS diperlukan seseorang guru IPS SD yang memiliki kompetensi kepribadian yang mantap dan baik, hal ini karena
a.        Merupakan contoh dan teladan bagi anggota masyarakat
b.        Mempunyai keterampilan dalam berbagai bidang kehidupan
c.        Mempunyai keterbatasan keterampilan dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
d.       Memberikan proses pembelajaran yang harmonis dan dinamis

79.     Penduduk melakukan upacara tari jatilan yang dilakukan di Gunung Kidul DIY dengan harapan agar hujan turun. Bentuk upacara semacam ini menunjukkan
a.        Sesuai dengan adat istiadat setempat
b.        Penghormatan terhadap nenek moyang
c.        Ketakutan dan praktik penyembahan kekuatan yang mengontrol alam
d.       Agar selamat dari mara bahaya

80.     Bayangan titik P dan Q oleh refleksi terhadap garis y = -x adalah titik P’(3,5) dan Q’ (4,6), maka koordinat titik P dan Q adalah
a. P (-5,-3) dan Q (-6,-4)                                         c. P (5,-3) dan Q (-4,-6)
b. P (-3,-5) dan Q (4,6)                                         d. P (3,-5) dan Q (-6,-4)
Keterangan:
Caranya x menjadi y, dan y menjadi x. tanda juga dibalik, apabila positif menjadi negatif dan apabila negatif menjadi positif

81.     Kebudayaan daerah perlu dilestarikan terus, khususnya yang menunjang kebudayaan nasional. Untuk itu diperlukan sifat selektif dalam menghadapi berbagai macam bentuk kebudayaan daerah yang ada. Sifat selektif yang perlu dimiliki adalah
a.        Melestarikan kebudayaan daerah yang dapat menarik banyak wisatawan local maupun asing
b.        Melestarikan kebudayaan daerah yang masih sangat sederhana, khususnya yang ada di masyarakat terasing dan terpencil
c.        Melestarikan         kebudayaan        daerah       yang     sudah     hampir       punah       dan masayarakatnya yang sudah sedikit jumlahnya
d.       Melestarikan kebudayaan daerah yang mendukung terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa

82.     Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui, mamahami, mengaplikasi, menyelidiki, dan menginformasikan suatu hal secara jelas. Pada penilaian proyek, hal yang perlu dipertimbangkan adalah
a.        Pemberian skor hasil belajar                              c. perintah kerja
b.        ….bidang ilmu                                                 d. penilaian diri

83.     Pendekatan multi metode dalam pembelajaran IPS sangat diperlukan, hal ini disebabkan
a.        Memuat gagasan-gagasan inovatif dan kreatif dalam pembelajaran
b.        Siswa mempunyai kemampuan berfikir yang sama
c.        Mempunyai makna dan fakta serta kekuatan bagi siswa dalam pembelajaran IPS SD
d.       Karena mempunyai nilai yang actual dalam pembelajaran


84.     Pembelajaran IPS yang hanya mengutamakan proses di dalam kelas, tidak sesuai dengan ruang lingkup IPS yaitu kehidupan manusia di masyarakat. Untuk menyelaraskan proses pembelajaran dengan hakikat ruang lingkup IPS, upaya strategi yang wajib dilakukan antara lain
a.        Menerapkan keragaman pendekatan dan metode pembelajaran
b.        Meningkatkan pemberian tugas belajar kepada peserta didik
c.        Menentukan kuantitas dan kualitas pokok bahas
d.       Mengupayakan perbaikan mutu pembelajaran secara berkala

85.     Dalam penerapan hukum di Indonesia membutuhkan sikap dan tindakan demokrasi dalam konteks kewarganegaraan dapat diwujudkan dengan berbagai perbuatan, di antaranya
a.        Menghargai sesama warga masyarakat dan mematuhi peraturan-peraturan negara
b.        Mengidentifikasi perbedaan-perbedaan di dalam keragaman budaya
c.        Mengetahui tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara
d.       Menggunakan hak asasi tanpa memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku

86.     Diketahui garis lurus dengan persamaan 2y + x 3 = 0. Persamaan garis berikut yang sejajar dengan garis tersebut adalah
a. y = ½x 7                   b. y= -1/2x +7                  c. 2y x 3 = 0              d. 2y + 2x 3 = 0
keterangan:
2y + x 3         = 0     y = -1/2x 3/2
Jawaban b benar karena m = -1/2, syarat sejajar m1 = m2

87.     Suatu desa tinggal pemeluk agama yang berbeda-beda. ada yang beragama islam, katolik, prostestan, hindu, budha, dan Khong hucu serta pemeluk kepercayaan dan agama lainnya. Setiap pemeluk agama mempunyai rumahibadahnya yang berdiri di desa tersebut. Keadaan desa tersebut menunjukkan bahwa jaminan hukum dalam kebebasan memeluk agama ditunjukkan kepada
a.        Masyarakat Indonesia                                      c. warga negara Indonesia
b.        Warga negara Indonesia dan orang asing                                              d.            penduduk Indonesia

88.     Pada kehidupan masyarakat modern sering di bedakan antara masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan dalam bentuk…
a.        Rural Communinity dan Urban Community
b.        Casual Crowds
c.        Social Group
d.       Informal Group

89.     Berdasarkan evaluasi hasil observasi, maka salah satu usaha yang dapat dilakukan manusia untuk mengurangi resiko rusaknya lingkungan adalah
a.        Lahan pertanian dijadikan hunian
b.        Menanam jenis tanaman secara bergantian
c.        Pemanfaatan lahan menjadi kawasan industri
d.       Menjaga lingkungan melalui satu pohon untuk satu orang

90.     Pembelajaran IPA di sekolah dasar tidak cukup hanya diajarkan dengan menggunakan metode ceramah, karena
a.        Alokasi waktu yang tersedia tidak mencukupi
b.        Materi pembelajaran IPA di sekolah dasar terlalu banyak
c.        Harus tersedia alat peraga IPA


d.       Dalam pembelajaran IPA peserta didik perlu dilatih keterampilan proses

91.     Bu Nency guru SD, akan mengajarkan tentang menjaga lingkungan sehat di lingkungan rumah. Kemampuan awal yang harus digali dari siswa adalah
a.        Pengalaman siswa menjaga kebersihan di rumah
b.        Manghafal alat-alat kebersihan
c.        Memadankan gambar dan alat kebersihan di kelas
d.       Melaksanakan tugas piket

92.     Kegiatan akhir pada proses pembelajaran PKn adalah melakukan evaluasi. Adapun yang bukan merupakan prinsip khusus yang ada pada pembelajaran PKn di SD adalah
a.        Pengukuran dengan indikator aspek kognitif
b.        Lebih menekankan pada kepentingan siswa
c.        Hasil evaluasi digunakan sebagai penunjuk gejala sikap dan perilaku siswa
d.       Semakin banyak indikator semakin mendekati keadaan sebenarnya

93.     Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini, dengan maksud agar
a.        Adaptif dengan arus globalisasi saat ini
b.        Tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa luar
c.        Nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa kita
d.       Terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di Indonesia

94.     Dalam rangka mengimplementasikan makna Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari terdapat berbagai profesi dalam dunia perdagangan. Adapun fungsi pedagang perantara adalah mengumpulkan dan menyebarkan atau membeli barang dalam jumlah barang yang relatif besar untuk dijual kembali kepada pengusaha lain.
Usaha tersebut adalah …
a.        Pedagang eceran b. Retailer                            c. Agen                         d. Grosir

95.     Perhatikan data dibawah ini :
1.        Roti berwarna hijau.
2.        Matahari bersinar.
3.        Air mengalir.
4.        Fungi tumbuh dibatu.
Adapun yang merupakan gejala alam biotik adalah ....
a.        1 dan 4                     b. 1 dan 2                      c. 2 dan 3             d. 3 dan 4

96.    Kajian mempelajari IPS meliputi fakta, konsep, generalisasi. Adapun pengertian fakta adalah kejadian, obyek atau gejala-gejala yang sudah atau dapat dibenarkan oleh indera. Perhatikan kalimat berikut!
1.        Ibukota Provinsi Banten adalah Serang
2.        Semboyan Republik Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika.
3.        Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah beras.
4.        Universitas Gajah Mada berada di Yogyakarta.
Dari kalimat tersebut yang termasuk fakta dalam konsep IPS adalah nomor .... a. 1, 2 dan 4          b. 1, 2 dan 3                           c. 2, 3 dan 4                   d. 1, 3 dan 4

97.    Menurut aturan yang ada yang dapat menjadi Warga Negara Indonesia antara lain adalah anak yang lahir di wilayah negara RI yang pada waktu lahir tidak jelas status


kewarganegaraan ayah dan ibunya. Anak yang baru lahir yang ditemukan di wilyah negara RI selama ayah dan ibunya tidak diketahui. Dengan melihat aturan yang terdapat dalam UU Kewarganegaraan, maka NKRI menganut asas ....
a.          Ius Soli                   b. Bipatrid                       c. Apatride d. Ius Sanguinis

98.    Penggunaan tanda titik dua (:) yang tepat terdapat dalama kalimat ....
a.        Bibi membeli berbagai macam buah: salak, manggis, dan jambu.
b.        Aisyah membawa: sayur, nasi, dan lauk untuk ayahnya disawah.
c.        Ibu membeli: apel, mangga dan jeruk.
d.       Diffa sedang menyanyi: lagu pop.

99.         Banyak permasalahan hukum yang belum optimal dalam penanganannya, seperti narkoba, teroris, kejahatan, terhadap wanita dan anak serta kejahatan lainnya. Melihat masalah penegakan hukum di Indonesia dengan berbagai kasus yang ada menunjukan bahwa yang menjadi pokok persoalan cukup mendasar adalah untuk
...
a.        Penegakan hukum di Indonesia berjalan secara optimal, maka peraturan hukum harus dilengkapi dengan sanksi
b.        Penegakan hukum di Indonesia berjalan secara optimal, maka peraturan hukum harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk penegakan hukum yang cukup memadai.
c.        Penegakan hukum di Indonesia berjalan secara optimal, maka peraturan hukum harus dilengkapi dengan aparat hukum yang bersih dan berwibawa.
d.       Penegakan hukum di Indonesia berjalan secara optimal, maka peraturan hukum harus dilengkapi dengan jumlah aparat hukum yang memadai.

100.      Anda melakukan percobaan tentang gejala alam biotik ataupun abiotik, maka percobaan dalam metode ilmiah dikenal dengan....
a.        Prediksi                b. Eksperimen                c. Observasi          d. Hipotesis

0 comments:

Posting Komentar