1. Kemampuan
berikut ini yang merupakan perkembangan kognitif adalah…
a.
kemampuan berkomunikasi
b.
kemampuan
berinteraksi
c.
kemampuan untuk mengintegrasikan diri
d.
Kemampuan untuk memecahkan masalah
2. Kemampuan
berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek
bersifat konkrit merupakan
ciri-ciri kemampuan anak berusia
a. 0 - 2 tahun c.
2 -7 tahun
b. 7
- 11/12 tahun d. 11/12/ -
14/15 tahun
3. Faktor utama
yang memengaruhi perkembangan kognitif peserta didik adalah . .
a. Perasaan b. gaya
pengasuhan c. psikologis d. individu
4. Menggunakan
potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran
IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir
anak yang dikenal sebagai tahapan …
a.
Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor)
b.
Dominasi pengamatan bersifat egosentris
c.
Anak memahami bilangan dan angka tetapi
masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
d.
Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak
terikat lagi dengan obyek yang bersifat konrit (operasional formal)
5. Peserta
didik telah memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak
didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral
alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan
suatu kode moral pribadi.
Hal ini
merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
a. penalaran
pascakonvensional c. penalaran
konvensional
b. penalaran
prakonvensional d. penalaran
interkonvensional
6. Individu
memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa
serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi
disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan
perkembangan moral
a. Prekonvensional b.
Konvensional
b. Pascakonvensional d. Interkonvensional
Keterangan:
Teori Kohlberg (perkembangan moral)
-
Penalaran Prakonvesional adalah tingkat yang paling rendah dalam teori perkembangan moral Kohlberg.
Pada tingkat ini, anak tidak memperlihatkan internalisasi nilai-nilai moral,
penalaran moral dikendalikan oleh imbalan (hadiah) dan hukuman ekternal.
Contoh dalam dunia pendidikan: Peserta
didik mau belajar kalau mendapatkan hadiah uang.
-
Penalaran konvensional adalah tingkat
kedua atau tingkat menengah dari teori perkembangan moral Kohlberg. Seorang
menaati standar-standar (internal) tertentu, tetapi mereka tidak mentaati
standar-standar (internal) orang lain, seperti orangtua atau masyarakat
-
Contoh: siswa di satu kesempatan mau belajar
dengan tekun karena kesadaran sendiri tetapi tidak mau menaati perintah orang
tua yang mengharuskan belajar dari pukul 19.00 sampai dengan pukul 21.00
-
Penalaran pascakonvensional adalah
tingkat tertinggi dari teori perkembangan moral Kohlberg. Pada tingkat ini,
moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain. Seorang mengenal tindakan moral alternatif,
menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan
berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Contoh : Anak dengan penuh kesadaran
menaati tata tertib sekolah baik diawasi atau tidak, ada sanksi atau tidak.
7. Memaksimalkan
kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar
dalam hal ….
a. mengemukakan
gagasan c. mengaktualisasikan
diri
b. penciptaan
hubungan yang baik d. menformulasikan
tindakan
8. Tindakan
yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami
pelajaran yang sedang diajarkan adalah…
a.
Mengulang kembali bahan yang diajarkan
b.
Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang
belum dipahami
c.
Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
d.
Membantu setiap siswa yang mengalami
kesulitan
9. Seorang
peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi
pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/
gangguan belajar dalam hal ....
a. kesulitan
akademis c. gangguan simbolik
b. gangguan
nonsimbolik d. gangguan
social
10. Perbedaan antara
konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling
adalah....
a.
Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah
pribadinya
b.
Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri
dengan lingkungannya
c.
Membantu siswa agar dapat mengatasi
kesulitan belajar
d.
Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
11. Cara yang
yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan
belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
a. Sosiometri b. angket c. wawancara d. brainstorming
12. Bila anda
sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi
pelajaran yang diberikan, tindakan apa
yang akan dilakukan adalah …
a.
Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
b.
Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh
peserta didik
c.
Memberikan bantuan belajar kepada peserta
didik yang bersangkutan
d.
Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
13. Peserta
didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan
teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada
belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang
memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran
kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ...
a. Keluarga b. sosial c. kondisi
fisik d. intelektual
14. Ranah
kompetensi untuk dimensi sikap pada proses
pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut…
a.
Menerima, menanggapi, menghargai, mengamalkan, dan
menghayati.
b.
Menerima, menghayati, menghargai, menanggapi, dan mengamalkan.
c.
Menerima, menanggapi, menghargai,
menghayati, mengamalkan.
d.
Menerima, menanggapi, menghayati, menghargai,
mengamalkan
15. Penilaian
kompetensi sikap dilakukan
melalui kegiatan berikut …
a.
Observasi, penilaian diri, penilaian
sejawat, dan jurnal.
b.
Observasi, penilaian diri, jurnal, dan portofolio.
c.
Observasi, penilaian sejawat, jurnal, dan portofolio.
d.
Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan
projek.
16. Ranah
kompetensi untuk dimensi pengetahuan pada proses
pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut …
a.
Mengingat, memahami, menerapkan, mensintesis,
menganalisis, mengkreasi.
b.
Mengingat, memahami, menerapkan,
menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi.
c.
Mengingat, memahami, menerapkan, menalar, menganalisis,
mengevaluasi.
d.
Mengingat, memahami, menganalisis, mensintesis,
mengevaluasi, mengkreasi.
17. Penilaian
kompetensi pengetahuan dilakukan melalui aktivitas berikut ..
a. Penugasan,
projek, dan portofolio c. Penugasan, portofolio, dan tes tulis
b. Tes
tulis, tes lisan, dan penugasan d.
Tes tulis,
penugasan, dan projek
18. Ranah
kompetensi untuk keterampilan pada proses
pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut …
a.
Mengamati, menanya, mencoba, melakukan, menyaji, dan
mencipta.
b.
Mengamati, memahami, menanya, mencoba, menalar,
menyimpulkan.
c.
Mengamati, menanya, memahami, menalar, menyaji, dan
mencipta.
d.
Mengamati, menanya, mencoba, menalar,
menyaji dan mencipta.
19. Penilaian
kompetensi keterampilan dilakukan melalui aktivitas berikut …
a.
Tes praktik, projek, produk, dan portofolio
b.
Tes lisan, tes tulis, praktik, dan portofolio
c.
Tes lisan, tes tulis, tes praktik, dan projek
d.
Portofolio, projek, penugasan, dan tes praktek
20. Penilaian
yang dilakukan penilaian untuk mengetahui tingkat
kemampuan sosialnya peserta didik, aspek yang perlu diperhatikan adalah
...
a.
Mensyukuri anugerah Tuhan, taat menjalankan ibadahnya,
dan menghargai anugerah Tuhan,
b.
Tanggung jawab, patuh kepada orang tua, dan menyukuri
anugerah Tuhan
c.
Santun, cinta tanah air demokratis
d.
Mensyukuri anugerah Tuhan, cinta tanah air, jujur
21. Projek
adalah
tugas-tugas belajar yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan dan
pelaporan secara tertulis dan lisan dalam waktu tertentu. Penilaian
projek termasuk kedalam teknik dan bentuk penilaian…
a. Keterampilan
b. Pengetahuan c. Sikap d. sikap dan pengetahuan
22. Peserta
didik diberi pengetahuan mengenai pembuatan karya
ilmiah dan penyusunan teks laporan hasil observasi. Aspek-aspek
pengetahuan tersebut tergolong pengetahuan…
a. Faktual b. prosedural
c. konseptual d. Metakognitif
23. Penilaian
terhadap pengetahuan tentang peristiwa, lokasi, sumber
informasi tergolong pengetahuan …
a. faktual
b. prosedural
c. konseptual
d. Metakognitif
Kutipan novel berikut untuk soal nomor 24-25
1) Ibu
Mus yang beberapa menit lalu sembab, gelisah, dan coreng- moreng kini menjelma
menjadi sekuntum Crinum giganteum. (2) Sebab tiba-tiba ia mekar sumringah dan
posturnya yang jangkung persis tangkai bunga itu. (3) Kerudungnya juga berwarna
bunga crinum demikian pula bau bajunya. (4) Sekarang dengan ceria beliau
mengatur tempat duduk kami. (5) Bu Mus mendekati setiap orang tua murid di
bangku panjang tadi, berdialog sebentar dengan ramah
dan mengabsen kami. (6) Semua telah masuk ke dalam kelas, telah mendapatkan
teman sebangkunya masing-masing, kecuali aku dan anak laki-laki kecil kotor,
berambut keriting merah yang tak kenal tadi. (7) Ia tak bisa tenang. Aku ini
berbau hangus seperti karet bakar.
24. Watak Bu Mus
berdasarkan kutipan di atas adalah…
a. Sensitif b. ramah c. penakut d. ambisius
25. Pendeskripsian
watak Bu Mus tergambar pada kalimat nomor…
a.
(1) dan (2) b. (2) dan (3) c. (3) dan (4) d. (4) dan (5)
Kutipan novel berikut untuk soal nomor 26 - 27
Ibu Sati
senantiasa membersihkan diri. Setiap kotoran yang menempel di rumah ditepisnya
jauh-jauh. la manjakan indera-inderanya dengan aroma wangi lilin temaram, sunyi
alam. Panas tubuhnya senantiasa ia dinginkan seperti hujan yang membasuh wajah
bumi. Dan semua itu dilakukannya dengan penuh bakti. Layaknya sebuah panggilan,
bukan beban. Pertanyaanku terjawab. la tidak mungkin bosan.
Supernova'"Petir",
Dee
26. Sudut
pandang yang digunakan dalam penggalan novel tersebut adalah …
a. orang
perlama pelaku sampingan c. orang
pertama dan ketiga
b. orang ketiga
pelaku utama d. orang
pertama pelaku utama
27. Amanat yang
terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ...
a.
Kita harus selalu menjaga kebersihan diri
maupun lingkungan.
b.
Kila tidak boleh bosan untuk selalu memberi sesuatu.
c.
Menjaga kebersihan perlu ditanamkan sejak dini.
d.
Melakukan sesuatu yang baik tidak perlu mengharap
imbalan
28. Cermatilah kutipan novel berikut ini!
Buyung
tiba-tiba sejuk dalam hatinya, mendengar ucapan Pak Balam ini. Tahukah Pak
Balam tentang dosanya? Dia melihat kepada kawan-kawannya yang lain, ingin tahu apakah
air muka mereka berubah juga mendengar kisah Pak balam, apakah mereka juga
masing-masing menyimpan dosa-dosa besar yang mereka sembunyikan dari orang
lain? Ataukah dia sendiri saja yang mempunyai dosa besar yang harus ditebusnya?
Tetapi, tidakkah dia telah minta ampun kepada Tuhan?
Pendeskripsian
watak Buyung dalam kutipan novel tersebut adalah ...
a. pikiran-pikiran
tokoh b. penjelasan pengarang
b. dialog
antartokoh d.
gambaran
fisik
29. Cermati kutipan berikut!
"Ini
tidak adil! Ini tidak adil!" teriak saya pada Jumat dini hari itu. Saya
tersedu-sedu di pojok ditunggui istri yang ikut berlelehan air matanya tak
mengerti. Saya rnemukul-mukul dinding sambil terus nyerocos.
''Mengapa
justru Bibit yang dipilih! Kenapa bukaji saya bangkotannya. Kenapa bukan kamu,
ibunya. Kenapa bukan Joko, atau Jarot, atau Anting, atau Bening." Istri
serta-merta memeluk saya sambil menangis sejadi-jadinya. Sesungguhnya semesta
ini digelar berdasarkan perikemanusiaan dan periketuhanan?
Bibit,
satu-satunya harapan saya di dunia, harus saya buang. Jika dia sudah saya buang
dan tidak lagi merupakan bagian dari saya, tidak ada lagi alasan bagi Malaikat
Izrail memburunya ...
(Dinding Anak, Danarto)
Konflik dalam
kutipan tersebut adalah …
a.
Kekesalan dan kekecewaan seseorang terhadap
kejadian yang menimpanya.
b.
Pertengkaran seseorang dengan istrinya yang sudah tua.
c.
Perdebatan seseorang dengan anak-anaknya tentang
kematian.
d.
Keinginan yang menggebu-gebu, tetapi tidak tercapai.
30. Bacalah penggalan cerpen ini dengan saksama!
Di usia yang
tersisa, Suarni dan Said ingin berkumpul kembali dengan anak-anak, ingin
rnerasakan kehangatan di tengah-tengah mereka, seperti dulu, saat mereka masih
di kampung. Keduanya tak henti-hentinya berharap, mudah-mudahan, ada di antara
anak-anak yang mengajak tinggal di Jakarta, menghabiskan hari tua di sana. Aih,
betapa menyenangkan bila Suarni masih dapat membuatkan makanan kesukaan Ijal,
Ketek, Basa, atau Irham. Akan tetapi, setelah sekian lama menunggu dan
berharap, ajakan itu tak kunjung tiba. Kalaupun sekali waktu Suarni dan Said
datang berkunjung, itu hanya sekedar menjenguk cucu-cucu, sepekan dua pekan.
Setelah itu, mereka kembali pulang ke kampung. Tidak untuk tinggal
berlama-lama, sebagaimana keinginan mereka. Harapan Suarni dan Said kini
beralih pada Alida. Anak perempuan semata wayang, yang juga memilih hidup di
Jakarta sejak menikah dengan Yung.
Nilai budaya
yang terdapat dalam penggalan cerpen tersebut adalah ...
a.
Keinginan orang tua berkumpul dengan
anak-anak di usia tua.
b.
Kebijakan orang tua mengunjungi anak-cucu di kota
lain.
c.
Memasakkan makanan kesukaan untuk suami dan anak-cucu
setiap hari.
d.
Setelah tua tinggal bersama anak di kota besar.
31. Bacalah
kutipan cerpen berikut ini!
"Pak,
jangan tinggalkan aku," suara Mama begitu pelan, namun menyayat. Air matanya
kian membanjir. Begitu pula denganku. Tetapi aku tak berkata apa-apa. Bibir
Bapak bergerak perlahan. Dia berjuang keras untuk mengeluarkan kalimat yang
menyesaki tenggorokannya. Dan akhirnya, MAAF. Kata itulah yang mampu kueja dari
gerakan bibirnya yang tak mengeluarkan suara. Lalu sekali lagi, MAAF. Aku tak
mampu berkata-kata. Kulihat mata Bapak lambat laun meredup. Genggaman jarinya
melemah, Hingga akhirnya benar-benar tak ada.
"Bapak......!!!"
Amanat dalam
kutipan cerpen tersebut adalah ...
a.
Carilah perlindungan di saat-saat terakhir.
b.
Saat-saat terakhir hidup, saat paling tepat untuk
minta maaf.
c.
Bantulah jika ada orang yang akan meninggal dunia
d.
Segeralah minta maaf selagi masih bisa
berbicara.
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama untuk
menjawab soal nomor 32 dan 33!
(1) la
seorang yang tak suka kepada keramaian. (2) la senang duduk dalam kamarnya
menyendiri, mengarang cerita, menulis syair, atau berpikir. (3) Yang belakangan
inilah paling sering diperbuatnya. (4) Maklum, orang tak setiap hari bisa
mengarang. (5) Apalagi orang seperti dia yang kerap kali duduk-duduk saja,
terpisah dari dunia ramai. (6) Tapi pikirannya produktif dan makin banyak
kertas yang ditulisinya. (7) Istrinya suka akan tabiatnya yang demikian itu.
(Tikus dan Manusia, Trisno Sumarjo)
32. Kalimat
pembuktian watak tokoh yang rajin terdapat pada nomor
a. (1)
dan (2) b. (1) dan (3) c. (2) dan (3) d. (4) dan (5)
33. Sudut
pandang yang digunakan pengarang adalah ....
a. orang
pertama pelaku utama c. orang
pertama pelaku sampingan
b. orang
ketiga serbatahu d. orang ketiga
pelaku sampingan
34. Pendekatan
tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan,
sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran
dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu
telah ditetapkan dinamakan ...
a. penilaian
acuan patokan c. penilaian
acuan norma
b. penilaian
tuntas d. penilaian
berkelanjutan
35. Pendekatan
tes ini menggunakan norma yang disusun secara
relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu
tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang
didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam
kelompok.
Pendekatan
tes yang dimaksud adalah….
a. Penilaian
berkelanjutan c. penilaian
menyeluruh
b. penilaian
acuan patokan d. penilaian
acuan norma
36. Kurikulum
2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan
penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan
minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang
ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik
Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta
didik. Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian
yang didasarkan pada pendekatan ....
a. Penilaian
berkelanjutan c. Penilaian
autentik
b. Penilaian
acuan patokan d. Penilaian acuan norma
37. Teori
belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Peran guru
dalam teori ini adalah sebagai fasilitator bagi para
siswa sedangkan guru memberikan motivasi, kesadaran mengenai makna kehidupan
siswa. Teori ini termasuk aliran ...
a. Behaviorism b.
Humanistik c. Sibernetik d. Kontruktivisme
38. Teori
belajar yang berpendapat bahwa belajar bahasa pada hakikatnya hanyalah proses pengisian detil kaidah-kaidah atau struktur aturan-aturan
bahasa ke dalam LAD yang sudah tersedia secara alamiah pada manusia
adalah teori belajar …
a. Nativisme b. Kognitivisme c. Humanistik d.Sosial
39. Aliran ini
lebih menekankan bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi menarik. Artinya,
mendapatkan perhatian dari peserta didik diperlukan alat bantu. Alat bantu ini sejalan dengan perkembangan teknologi.
Teori ini tergolong aliran ...
a. Humannistik b. Behaviorisme c.
Sibernetik d. Konstruktivime
40. Belajar
ialah pembentukan hubungan antara stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu
memperbesar peluang timbulnya respons benar. Pengulangan dalam belajar akan
melatih daya-daya yang ada pada manusia yang terdiri atas daya mengamat,
menanggap, mengingat, mengkhayal, merasakan, hingga berpikir yang akan membuat
daya-daya tersebut berkembang. Hal ini sesuai dengan prinsip belajar...
a.
Keterlibatan langsung dan pandangan hidup
b.
Perhatian dan motivas
c.
Keaktifan
d.
Pengulangan
41. Siswa
belajar sungguh-sungguh dan mendapatkan nilai
yang baik dalam ulangan. Nilai yang baik itu mendorong anak untuk belajar lebih
giat lagi. Nilai yang baik dapat merupakan operant conditioning atau penguatan
positif. Sebaliknya, anak yang mendapatkan nilai yang jelek pada waktu ulangan
akan merasa takut tidak naik kelas, karena takut tidak naik kelas ia terdorong
untuk belajar lebih giat. Inilah yang disebut penguatan negatif. Pernyataan
tersebut merupakan prinsip pembelajaran ...
a. Tantangan c. Balikan
atau penguatan
b. Perhatian dan motivasi d. Keterlibatan langsung
42. Pada teori
belajar ini siswa dianggap sebagai objek belajar. Siswa diperlakukan
sebagai individu yang pasif. Respons atau prilaku tertentu dengan menggunakan
metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya prilaku akan semakin kuat
bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman merupakan
pengertian dari teori belajar … .
a. Humanistik b. Sibernetik c. Kontruktivisme d. Behaviorisme
43. Sebagai
protes terhadap teori perilaku yang telah berkembang sebelumnya muncullah teori
belajar kognitif. Peneliti yang mengembangkan teori
kognitif ini adalah …
a. Bandura,
Wielkeiwicks, Ausubel c. Ausubel,
Bruner, Bandura
b. Ausubel,
Bruner, dan Gagne d. Wielkeiwicks,
Ausubel, Bruner
44. Teori ini
meyakini bahwa kecerdasan merupakan potensi yang dimiliki seseorang yang dapat
diaktifkan melalui proses belajar, interaksi dengan keluarga, guru, teman dan
nilai-nilai budaya yang berkembang. Oleh karena itu, teori ini mengabungkan
antara potensi-potensi otak kanan dan otak kiri sehingga potensi-potensi
tersebut dapat berjalan optimal. Teori belajar ini disebut …
a. Teori
Belajar Revolusi Sosiokultural c. Teori Kecerdasan Ganda
b. Teori
Belajar Sosial d.
Teori
Pembelajaran Sosial
45. Proses
belajar dan pembelajaran pada era globalisasi ini akan dipengaruhi oleh
kemajuan teknologi komunikasi. Proses belajar belajar
bisa terjadi dimana-mana dan menuntut agar siswa mampu untuk mandiri.
Pernyataan diatas merupakan pengertian dari teori ….
a. Sibernetik b. Konstruktivisme c. Behaviorisme d. Kognitivisme
46. Teori
belajar sosial menyatakan bahwa manusia belajar melalui pengamatannya terhadap
perilaku orang lain. Pakar yang paling banyak melakukan riset teori belajar sosial adalah …
a. Ausabel,
Albert Bandura, Ausubel c. Ausubel, Bruner, dan Gagne
b. Albert
Bandura dan Bernard Weiner
47. Peserta
didik dapat belajar jika ia tidak hanya mengamati secara langsung tetapi ia
harus menghayati, terlibat langsung dalam perbuatan,
dan bertanggung jawab terhadap hasilnya. Hal ini sesuai dengan prinsip
belajar….
a. Pengulangan b. Keterlibatan
langsung c. Penguatan d. Keaktifan
48. Seorang guru
selalu memberikan apresiasi atau penghargaan berupa
nilai yang baik dan kata-kata positif terhadap keberhasilan peserta didik
dalam pembelajaran. Hal itu dilakukan karena berdasarkan pengalamannya
nilai yang baik dan kata-kata positif dapat membuat siswa lebih giat belajar.
Guru
tersebut telah menerapkan prinsip pembelajaran….
a. Perhatian
dan motivasi c. Perbedaan
individual
b. Tantangan d. Balikan atau
penguatan
49. Dalam
mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional, seorang guru
memberikan beberapa kali latihan soal kepada siswa. Guru berharap akan
terjadi peningkatan penguasaan oleh siswa terhadap materi pembelajaran dengan latihan
yang dilaksanakan tidak hanya sekali. Guru tersebut menerapkan prinsip
pembelajaran…
a. Penguatan
atau balikan c. Perhatian
dan motivasi
b. Pengulangan c.
Tantangan
Keterangan:
Prinsip-Prinsip Pembelajaran
1.
Perhatian dan Motivasi. Motivasi adalah tenaga yang menggerakkan dan mengarahkan aktivitas
seseorang.
2.
Keaktifan: Belajar hanya mungkin terjadi
apabila anak aktif mengalami sendiri.
3.
Keterlibatan langsung/Berpengalaman:
belajar yang paling baik adalah belajar melalui pengalaman langsung.
4.
Pengulangan: belajar ialah pembentukan
hubungan antara stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap
pengalaman-pengalaman itu memperbesar peluang timbulnya respons benar.
5.
Tantangan: Tujuan dan hambatan dalam
belajar memberikan motif kepada siswa untuk mengatasi hambatan dan meraih
tujuan belajar
6.
Balikan atau Penguatan: Kata-kata yang
positif dan nilai yang baik itu mendorong anak untuk belajar lebih giat lagi.
Pujian dan nilai yang baik dapat merupakan operant conditioning atau penguatan
positif.
7.
Perbedaan Individual: Siswa merupakan
individual yang unik artinya tidak ada dua orang siswa yang sama persis, tiap
siswa memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya.
50. Pengembangan
kurikulum harus memiliki keajegan konsep
antaraantara kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, sumber belajar, serta teknik dan instrumen penilaian.
Pernyataan tersebut merupakan prinsip pengembangan kurikulum...
a. Ketercukupan b. Konsistensi c. Keilmiahan d. Relevansi
Keterangan:
·
Landasan Pengembangan Kurikulum
a)
Berpusat pada potensi, perkembangan,
kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
b)
memperhatikan keragaman karakteristik
peserta didik
c)
Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni.
d)
Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
e)
Menyeluruh dan berkesinambungan.
f)
Belajar sepanjang hayat
g)
Seimbang antara kepentingan nasional dan
kepentingan daerah.
·
Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum
a)
Ilmiah: kurikulum harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan
b)
Konsisten: Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar,
indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, serta
teknik dan instrumen penilaian.
c)
Relevan: memiliki kesesuaian di antara komponen-komponennya, seperti tujuan, bahan,
strategi, dan evaluasi
d)
Ketercukupan: Cakupan indikator, materi pelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar,
dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
e)
Menyeluruh: mencakup keseluruhan ranah kompetensi, baik pengetahuan, sikap, maupun
praktik (psikomotor)
f)
Fleksibel: luwes dalam pelaksanaannya
g)
Aktual dan Kontekstual: Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian memerhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir
dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
h)
Kontinuitas: pengembangan kurikulum harus memerhatikan kesinambungan, antara tingkat
kelas, antara jenjang pendidikan, maupun kontribusi dengan jenis pekerjaan.
51. Dalam
memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji
kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk
pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran
tersebut memenuhi kriteria…
a. Sahih b. Kebermanfaatan c. Layak dipelajari d. Menarik
minat
52. Bu Rossa
menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari
materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap
lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa
mengikuti pola....
a. Kausal b. Spiral c. Kronologis d. inquiri
53. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang
diharapkan dicapai oleh peserta didik
sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam …
a.
Silabus b. RPP c. Silabus dan RPP d. SKL
54.
Komponen rancangan pelaksanaan
pembelajaran terdiri dari....
a.
Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
b.
Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
c.
Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber
belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
d.
Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
55. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya
adalah sebagai berikut …
a.
Silabus berisi
kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai
kompetensi dasar
b.
Silabus bersumber dari standar isi dan
standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
c.
RPP dibuat oleh setiap guru,
sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
d.
RPP dan silabus keduanya disusun oleh
setiap satan pendidikan.
55.
Salah satu prinsip dalam penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah ..
a.
Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
b.
Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
c.
RPP bersumber dari silabus
d.
Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada
setiap satuan pendidikan
56.
Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam
satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....
a.
Silabus untuk
pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
b.
Silabus untuk pembuatan
tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
c.
Silabus untuk
pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
d.
Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar
peserta didik dalam upaya mencapai KD
57. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia
adalah sebagai berikut ....
1.
Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2.
Indikator :
menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3.
Tujuan Pembelajaran
: setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri
kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
a.
Memberikan umpan balik dan tindak
lanjut
b.
Mendorong partisipasi aktif
peserta didik
c.
Memperhatikan perbedaan individu
peserta didik
d.
Keterkaitan
dan keterpaduan
58. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya
memperhatikan beberapa faktor di bawah
ini, kecuali satu yakni …
a.
Metode mengajar yang digunakan guru
b.
Karakteristik bahan
ajar
c.
Waktu yang tersedia untuk kegiatan
pembelajaran
d.
Buku sumber yang digunakan dalam
pembelajaran
59. Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:
1.
Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan
diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
2.
Berperan sebagai
fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3.
Melakukan penilaian
yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan
pada aturan yang berlaku, seperti peta
konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang
berbasis...
a.
Kognitivisme b. Behaviorisme c. Konstructivisme d.
Humanisme
60. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi konkrit pada siswa usia peserta
didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus
lebih menekankan…
a.
Penggunaan media,
alat peraga termasuk sumber belajar.
b.
Pemberian tugas yang
tersetruktur.
c.
Penggunaan metode
bervariasi
d.
Menekankan berfikir
ktiris dan pemecahan masalah.
61. Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut …
a.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi
b.
ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c.
ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
d.
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi,
evaluasi, dan, síntesis
61.
Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif
dengan urutan berikut …
a.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi
b.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
síntesis
c.
ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
d.
ingatan,
pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
62.
Model pembelajaran yang mempunyai
keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang
dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa
untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
a. Role Playing c.
Inquiry
b. Problem Solving d. Picture and Picture
63.
Faktor yang penting dipertimbangkan guru
dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah …
a.
Waktu yang tersedia untuk melaksanakan
diskusi
b.
Rumusan masalah yang harus didiskusikan
c.
Jumlah peserta didik yang mengikti
pembelajaran
d.
Motivasi belajar
siswa
64.
Kemampuan yang paling penting
dimiliki guru tentang media dan alat
bantu pembelajaran adalah …
a.
Memilih bahan untuk membuat media/alat
bantu
b.
Membuat media dan
alat bantu sederhana
c.
Menggunakan media dan alat bantu
d.
Merawat media dan alat bantu
65. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan
memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah …
a. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
b. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
c. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
d. Membantu setiap siswa yang
mengalami kesulitan
66. Bila anda sebagai guru menemukan
peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang
diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
a. Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
b. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
c. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang
bersangkutan
d. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
67. Apa yang paling tepat dilakukan
guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas
pertanyaan yang diajukan ?
a. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
b. Memberikan kritik agar peserta
didik berusaha menjawab walaupun salah
c. Menyederhanakan
isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
d. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut
68. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip
pengembangan silabus artinya ....
a. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam
silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial,
emosional, dan spritual peserta didik.
b. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar,
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian.
c. Cakupan indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
d. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam
mencapai kompetensi.
69.
Ciri-ciri kelas yang menggunakan
pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
a. Sharing dengan teman c.
Guru kreatif
b. Pengalaman nyata d.
Menggunakan satu sumber
70. Memilih
media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah
untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal. Pernyataan
tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria…
a. tujuan b. sasaran didik c. ketersediaan d.
konteks
penggunaan
71.
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru
dapat menyusun strategi pembelajaran dan
menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan
dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih
media pembelajaran adalah…
a.
Pendidik harus mengetahui latar sosial
budaya siswa dan sekolah
b.
Pendidik harus memahami karakteristik dari
media pembelajaran tersebut.
c.
Pendidik harus menyesuaikan diri dengan
kemampuan sekolah.
d.
Pendidik menyesuaikan dengan materi
pembelajaran.
72.
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru
harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat
dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam…
a.
media yang memiliki daya liput yang luas dan
media yang memiliki daya liput terbatas
b.
media yang dapat didengar saja dan media yang dapat dilihat
c.
media tradisional dan media berbasis TIT
d.
media dua dimensi dan media tiga
dimensi
73.
Di ruang media tersedia berbagai macam media yang
sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya
dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia
memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang
harus diperhatikan adalah...
a.
Tujuan, sasaran didik, karakteristik media,
waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan, konteks
penggunaan, dan mutu teknis.
b.
Sasaran didik, karakteristik media, waktu
mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
c.
Tujuan, sasaran didik, karakteristik
media, visi sekolah dan konteks penggunaan
d.
Kultur sekolah, tujuan, waktu
pengoperasiaan dan karakteristik media
74.
Seorang guru harus mampu memanfaatkan media
pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah …
a.
media pembelajaran yang paling baik adalah
media yang berbasis TIK
b.
sebuah media dapat digunakan untuk semua
kegiatan pembelajaran
c.
media dapat digunakan sebagai pembawa pesan
dalam suatu kegiatan pembelajaran
d.
memilih media tidak perlu banyak
pertimbangan agar tidak merepotkan
75.
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran
yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki
tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya,
media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
a.
Menampilkan objek yang terlalu besar
b.
Membuat konkrIt konsep yang abstrak
c.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati
dengan mata telanjang.
d.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar
didapat di dalam lingkungan belajar.
76.
Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran.
Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih
efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek
yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media
pembelajaran sesuai kondisi tersebut ..
a.
Menampilkan objek yang terlalu besar,
misalnya pasar, candi.
b.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar
didapat di dalam lingkungan belajar.
c.
Membuat konkret konsep yang abstrak,
misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
d.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati
dengan mata telanjang.
77.
Seorang guru ingin membuka situs google untuk
menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan
secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah …
a. Book b. forum c.
blog d. e-portofolio
78.
Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs
google untuk mencari informasi mengenai
pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut
adalah…
a. program mencari informasi c. program desktop publishing
b.
program untuk menjelajahi laman d. program penciptaan laman
79.
Seorang guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul
dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari
(search engine). Salah satu
laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...
80. Saat kita
akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi
internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu
laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
81.
Seorang guru akan
membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi
sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan
guru tersebut adalah...
a. Microsoft Database c. Microsoft PowerPoint
b. Microsoft Desktop Publishing d.
Microsoft
Word
82.
Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang
menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini
difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....
a. Microsoft Database c. Microsoft Spread Sheet
b. Microsoft
powerpoint d.
Microsoft Desktop Publishing
83.
Tools pembelajaran daring/ online cukup banyak dan
memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes
sumatif dan tes akhir pembelajaran. Fitur moodle ini adalah...
a. Quiz
b. Page c. Lesson d. Blog
84.
Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau
elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk
unsur pembangun elektronik adalah …
a. Penulis konten (content writer)
b. Penata
grafis (design grafis)
c. perancang pembelajaran (course design)
d. pemrogram komputer (computer programmer).
85.
Pembelajaran yang mampu mendorong dan menginspirasi
peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam
mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi
atau materi pembelajaran adalah pembelajaran dengan pendekatan ….Saintifik
86.
Pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah
awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a
guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang
mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran
tersebut merupakan model pembelajaran …project
based learning
87.
Guru menyampaikan materi pelajaran tidak dalam bentuk
final melainkan mendorong Peserta didik untuk mengidentifikasi apa yang ingin
diketahuiya, mencari informasi sendiri, kemudian mengorganisasikan apa diperolehnya
menjadi suatu bangun pengetahuan. Hal ini merupakan prinsip belajar dalam
model pembelajaran ....discovery
Learning
88.
Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam
kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena
terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang
muncul. Setelah itu tugas guru adalah meransang peserta didik untuk berpikir
kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Tugas guru adalah mengarahkan peserta
didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang
berbeda dari mereka. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut mengisyaratkan
implementasi model pembelajaran ....problem based learning
89.
Semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide,
dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul
berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut
merupakan implementasi model pembelajaran ....problem
based learning
90.
Ketika memulai pembelajaran, guru menyodorkan sebuah
isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk
kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi
tersebut. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut mengisyaratkan
implementasi model pembelajaran ....Project based
learning
91.
Guru bersama siswa merencanaan sebuah kegiatan secara
kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan
bertanggung jawab atas kegitan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam
perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan
bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana
kegiatan kolaboratif tadi..Model pengelolaan pembelajaran yang demikian itu
mencerminkan prinsip model…Project based learning
92.
Guru menunjukkan suatu gambar peristiwa pada awal
pembelajaran kepada siswa dan siswa terpancing untuk bertanya tentang gambar
tersebut. Respon siswa terhadap gambar yang dihadirkan guru merupakan stimulasi
yang membantu siswa mengeksplorasi bahan. Dilanjutkan dengan identifikasi
masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan.
Prosedur tersebut merupakan prosedur aplikasi metode ....Discovery learning
93.
Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan
pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/
menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta
mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu
merupakan bagian dari model pembelajaran…
a. Portofolio b. saintifik c. penemuan d. autentik
94. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu
permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para
siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau
mengembangkan kreativitasnya. Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan
bagian dari model pembelajaran….
a. Portofolio b. saintifik c. penemuan d. autentik
95.
Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan
masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan
pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan
pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik
berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model
pembelajaran ....
a. projek
based learning c. discovery Learning
b. Problem
Based Learning d. Inquiry
learning
96.
Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi
semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap
skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif
pendapat. Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan
implementasi model pembelajaran ....
a. Project
based learning c. inquiry
learning
b. Discovery
learning d. problem based learning
97.
Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu
menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan
solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk
mencari alternatif solusi tersebut. Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu
tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
a. Project
based learning c. Problem
based learning
b. Discovery
learning d.
Inquiry
learning
98.
Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam
kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu
fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul.
Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan
masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk
bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari
mereka. Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan
implementasi model pembelajaran ..
a. inquiry
learning c. problem based learning
b. Project
based learning d. Discovery
learning
99.
Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah
kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa
“memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan
bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas
pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk
menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi. Model
pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip
model ....
a. Problem
solving learning c. Problem
based learning
b. Project
based learning d. Discovery learning
100.
Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran
dengan model pembelajaran project based learning:
1)
Penentuan Pertanyaan
Mendasar,
2)
Mendesain Perencanaan Proyek,
3)
Menyusun Jadwal (Create a Schedule)
4)
Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor
the Students and the Progress of the Project)
5)
Menguji Hasil (Assess the Outcome)
6)
Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang
benar adalah ....
a. 1-2-3-4-5-6 c. 1-3-2-4-5-6
b. 1-3-2-5-6-4 d.
1-2-3-5-4-6
LINK LINK SOAL PPG TAHUN 2019
0 comments:
Posting Komentar