Sabtu, 18 Mei 2019

Soal Soal PPG Tahun 2019 (Original Keluar Semua ) Jilid 3







1.      Kemampuan berikut ini yang merupakan perkembangan kognitif adalah…
a.       kemampuan berkomunikasi
b.       kemampuan berinteraksi
c.       kemampuan untuk mengintegrasikan diri
d.      Kemampuan untuk memecahkan masalah

2.      Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
a.       0 - 2 tahun                                                  c. 2 -7 tahun
b.      7 - 11/12 tahun                                           d. 11/12/ - 14/15 tahun

3.      Faktor utama yang memengaruhi perkembangan kognitif peserta didik  adalah . .
a.       Perasaan               b. gaya pengasuhan       c. psikologis              d. individu

4.      Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
a.       Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
b.      Dominasi pengamatan bersifat egosentris
c.       Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
d.      Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konrit (operasional formal)

5.      Peserta didik telah memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia  mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
a.       penalaran pascakonvensional                     c. penalaran konvensional
b.      penalaran prakonvensional                         d. penalaran interkonvensional

6.      Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
a.       Prekonvensional                                         b. Konvensional      
b.      Pascakonvensional                                     d. Interkonvensional
Keterangan:
Teori Kohlberg (perkembangan moral)
-          Penalaran Prakonvesional adalah tingkat yang paling rendah dalam teori perkembangan moral Kohlberg. Pada tingkat ini, anak tidak memperlihatkan internalisasi nilai-nilai moral, penalaran moral dikendalikan oleh imbalan (hadiah) dan hukuman ekternal.
Contoh dalam dunia pendidikan: Peserta didik mau belajar kalau mendapatkan hadiah uang.
-          Penalaran konvensional adalah tingkat kedua atau tingkat menengah dari teori perkembangan moral Kohlberg. Seorang menaati standar-standar (internal) tertentu, tetapi mereka tidak mentaati standar-standar (internal) orang lain, seperti orangtua atau masyarakat
-          Contoh: siswa di satu kesempatan mau belajar dengan tekun karena kesadaran sendiri tetapi tidak mau menaati perintah orang tua yang mengharuskan belajar dari pukul 19.00 sampai dengan pukul 21.00
-          Penalaran pascakonvensional adalah tingkat tertinggi dari teori perkembangan moral Kohlberg. Pada tingkat ini, moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Seorang mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Contoh : Anak dengan penuh kesadaran menaati tata tertib sekolah baik diawasi atau tidak, ada sanksi atau tidak.

7.      Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
a.       mengemukakan gagasan                            c. mengaktualisasikan diri
b.      penciptaan hubungan yang baik                 d. menformulasikan tindakan

8.      Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah
a.       Mengulang kembali bahan yang diajarkan
b.      Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
c.       Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
d.      Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

9.      Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar.  Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
a.       kesulitan akademis                                     c. gangguan simbolik
b.      gangguan nonsimbolik                               d. gangguan social

10.  Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
a.       Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
b.      Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
c.       Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
d.      Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

11.  Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
a.       Sosiometri            b. angket                       c. wawancara            d. brainstorming

12.  Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang  diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan adalah …
a.       Memindahkantempat duduk peserta didik  ke meja yang paling depan
b.      Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
c.       Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
d.      Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber

13.  Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ...
a.       Keluarga               b. sosial                         c. kondisi fisik          d. intelektual

14.  Ranah kompetensi untuk dimensi sikap pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut
a.       Menerima, menanggapi, menghargai, mengamalkan, dan menghayati.
b.      Menerima, menghayati, menghargai, menanggapi, dan mengamalkan.
c.       Menerima, menanggapi, menghargai, menghayati, mengamalkan.
d.      Menerima, menanggapi, menghayati, menghargai, mengamalkan
15.  Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui kegiatan berikut
a.       Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan jurnal.
b.      Observasi, penilaian diri, jurnal, dan portofolio.
c.       Observasi, penilaian sejawat, jurnal, dan portofolio.
d.      Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat, dan projek.

16.  Ranah kompetensi untuk dimensi pengetahuan pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut
a.       Mengingat, memahami, menerapkan, mensintesis, menganalisis, mengkreasi.
b.      Mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi.
c.       Mengingat, memahami, menerapkan, menalar, menganalisis, mengevaluasi.
d.      Mengingat, memahami, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, mengkreasi.

17.  Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui aktivitas berikut ..
a.       Penugasan, projek, dan portofolio             c. Penugasan, portofolio, dan tes tulis
b.      Tes tulis, tes lisan, dan penugasan             d. Tes tulis, penugasan, dan projek

18.  Ranah kompetensi untuk keterampilan pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut
a.       Mengamati, menanya, mencoba, melakukan, menyaji, dan mencipta.
b.      Mengamati, memahami, menanya, mencoba, menalar, menyimpulkan.
c.       Mengamati, menanya, memahami, menalar, menyaji, dan mencipta.
d.      Mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.

19.  Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan melalui aktivitas berikut
a.       Tes praktik, projek, produk, dan portofolio
b.      Tes lisan, tes tulis, praktik, dan portofolio
c.       Tes lisan, tes tulis, tes praktik, dan projek
d.      Portofolio, projek, penugasan, dan tes praktek

20.  Penilaian yang dilakukan penilaian untuk mengetahui tingkat kemampuan sosialnya peserta didik, aspek yang perlu diperhatikan adalah ...
a.       Mensyukuri anugerah Tuhan, taat menjalankan ibadahnya, dan menghargai anugerah Tuhan,
b.      Tanggung jawab, patuh kepada orang tua, dan menyukuri anugerah Tuhan
c.       Santun, cinta tanah air demokratis
d.      Mensyukuri anugerah Tuhan, cinta tanah air, jujur

21.  Projek adalah tugas-tugas belajar yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan dan pelaporan secara tertulis dan lisan dalam waktu tertentu. Penilaian projek termasuk kedalam teknik dan bentuk penilaian…
a.       Keterampilan        b. Pengetahuan             c. Sikap                d. sikap dan pengetahuan

22.  Peserta didik diberi pengetahuan mengenai pembuatan karya ilmiah dan penyusunan teks laporan hasil observasi. Aspek-aspek pengetahuan tersebut tergolong pengetahuan…
a.       Faktual                 b. prosedural                 c. konseptual            d. Metakognitif

23.  Penilaian terhadap pengetahuan tentang peristiwa, lokasi, sumber informasi tergolong pengetahuan
a.       faktual                  b. prosedural                 c. konseptual            d. Metakognitif



Kutipan novel berikut untuk soal nomor 24-25

1) Ibu Mus yang beberapa menit lalu sembab, gelisah, dan coreng- moreng kini menjelma menjadi sekuntum Crinum giganteum. (2) Sebab tiba-tiba ia mekar sumringah dan posturnya yang jangkung persis tangkai bunga itu. (3) Kerudungnya juga berwarna bunga crinum demikian pula bau bajunya. (4) Sekarang dengan ceria beliau mengatur tempat duduk kami. (5) Bu Mus mendekati setiap orang tua murid di bangku panjang tadi, berdialog sebentar dengan ramah dan mengabsen kami. (6) Semua telah masuk ke dalam kelas, telah mendapatkan teman sebangkunya masing-masing, kecuali aku dan anak laki-laki kecil kotor, berambut keriting merah yang tak kenal tadi. (7) Ia tak bisa tenang. Aku ini berbau hangus seperti karet bakar.

24.  Watak Bu Mus berdasarkan kutipan di atas adalah…
a.       Sensitif                 b. ramah                        c. penakut                 d. ambisius

25.  Pendeskripsian watak Bu Mus tergambar pada kalimat nomor…
a.       (1) dan (2)            b. (2) dan (3)                 c. (3) dan (4)             d. (4) dan (5)

Kutipan novel berikut untuk soal nomor 26 - 27

Ibu Sati senantiasa membersihkan diri. Setiap kotoran yang menempel di rumah ditepisnya jauh-jauh. la manjakan indera-inderanya dengan aroma wangi lilin temaram, sunyi alam. Panas tubuhnya senantiasa ia dinginkan seperti hujan yang membasuh wajah bumi. Dan semua itu dilakukannya dengan penuh bakti. Layaknya sebuah panggilan, bukan beban. Pertanyaanku terjawab. la tidak mungkin bosan.
Supernova'"Petir", Dee

26.  Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan novel tersebut adalah …
a.       orang perlama pelaku sampingan               c. orang pertama dan ketiga
b.      orang ketiga pelaku utama                         d. orang pertama pelaku utama

27.  Amanat yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ...
a.       Kita harus selalu menjaga kebersihan diri maupun lingkungan.
b.      Kila tidak boleh bosan untuk selalu memberi sesuatu.
c.       Menjaga kebersihan perlu ditanamkan sejak dini.
d.      Melakukan sesuatu yang baik tidak perlu mengharap imbalan

28.  Cermatilah kutipan novel berikut ini!
Buyung tiba-tiba sejuk dalam hatinya, mendengar ucapan Pak Balam ini. Tahukah Pak Balam tentang dosanya? Dia melihat kepada kawan-kawannya yang lain, ingin tahu apakah air muka mereka berubah juga mendengar kisah Pak balam, apakah mereka juga masing-masing menyimpan dosa-dosa besar yang mereka sembunyikan dari orang lain? Ataukah dia sendiri saja yang mempunyai dosa besar yang harus ditebusnya? Tetapi, tidakkah dia telah minta ampun kepada Tuhan?
Pendeskripsian watak Buyung dalam kutipan novel tersebut adalah ...
a.       pikiran-pikiran tokoh                                  b. penjelasan pengarang
b.      dialog antartokoh                                       d. gambaran fisik




29.  Cermati kutipan berikut!
"Ini tidak adil! Ini tidak adil!" teriak saya pada Jumat dini hari itu. Saya tersedu-sedu di pojok ditunggui istri yang ikut berlelehan air matanya tak mengerti. Saya rnemukul-mukul dinding sambil terus nyerocos.
''Mengapa justru Bibit yang dipilih! Kenapa bukaji saya bangkotannya. Kenapa bukan kamu, ibunya. Kenapa bukan Joko, atau Jarot, atau Anting, atau Bening." Istri serta-merta memeluk saya sambil menangis sejadi-jadinya. Sesungguhnya semesta ini digelar berdasarkan perikemanusiaan dan periketuhanan?
Bibit, satu-satunya harapan saya di dunia, harus saya buang. Jika dia sudah saya buang dan tidak lagi merupakan bagian dari saya, tidak ada lagi alasan bagi Malaikat Izrail memburunya ...
(Dinding Anak, Danarto)
Konflik dalam kutipan tersebut adalah …
a.       Kekesalan dan kekecewaan seseorang terhadap kejadian yang menimpanya.
b.      Pertengkaran seseorang dengan istrinya yang sudah tua.
c.       Perdebatan seseorang dengan anak-anaknya tentang kematian.
d.      Keinginan yang menggebu-gebu, tetapi tidak tercapai.

30.  Bacalah penggalan cerpen ini dengan saksama!
Di usia yang tersisa, Suarni dan Said ingin berkumpul kembali dengan anak-anak, ingin rnerasakan kehangatan di tengah-tengah mereka, seperti dulu, saat mereka masih di kampung. Keduanya tak henti-hentinya berharap, mudah-mudahan, ada di antara anak-anak yang mengajak tinggal di Jakarta, menghabiskan hari tua di sana. Aih, betapa menyenangkan bila Suarni masih dapat membuatkan makanan kesukaan Ijal, Ketek, Basa, atau Irham. Akan tetapi, setelah sekian lama menunggu dan berharap, ajakan itu tak kunjung tiba. Kalaupun sekali waktu Suarni dan Said datang berkunjung, itu hanya sekedar menjenguk cucu-cucu, sepekan dua pekan. Setelah itu, mereka kembali pulang ke kampung. Tidak untuk tinggal berlama-lama, sebagaimana keinginan mereka. Harapan Suarni dan Said kini beralih pada Alida. Anak perempuan semata wayang, yang juga memilih hidup di Jakarta sejak menikah dengan Yung.
Nilai budaya yang terdapat dalam penggalan cerpen tersebut adalah ...
a.       Keinginan orang tua berkumpul dengan anak-anak di usia tua.
b.      Kebijakan orang tua mengunjungi anak-cucu di kota lain.
c.       Memasakkan makanan kesukaan untuk suami dan anak-cucu setiap hari.
d.      Setelah tua tinggal bersama anak di kota besar.

31.  Bacalah kutipan cerpen berikut ini!
"Pak, jangan tinggalkan aku," suara Mama begitu pelan, namun menyayat. Air matanya kian membanjir. Begitu pula denganku. Tetapi aku tak berkata apa-apa. Bibir Bapak bergerak perlahan. Dia berjuang keras untuk mengeluarkan kalimat yang menyesaki tenggorokannya. Dan akhirnya, MAAF. Kata itulah yang mampu kueja dari gerakan bibirnya yang tak mengeluarkan suara. Lalu sekali lagi, MAAF. Aku tak mampu berkata-kata. Kulihat mata Bapak lambat laun meredup. Genggaman jarinya melemah, Hingga akhirnya benar-benar tak ada.
"Bapak......!!!"
Amanat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
a.       Carilah perlindungan di saat-saat terakhir.
b.      Saat-saat terakhir hidup, saat paling tepat untuk minta maaf.
c.       Bantulah jika ada orang yang akan meninggal dunia
d.      Segeralah minta maaf selagi masih bisa berbicara.

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 32 dan 33!
(1) la seorang yang tak suka kepada keramaian. (2) la senang duduk dalam kamarnya menyendiri, mengarang cerita, menulis syair, atau berpikir. (3) Yang belakangan inilah paling sering diperbuatnya. (4) Maklum, orang tak setiap hari bisa mengarang. (5) Apalagi orang seperti dia yang kerap kali duduk-duduk saja, terpisah dari dunia ramai. (6) Tapi pikirannya produktif dan makin banyak kertas yang ditulisinya. (7) Istrinya suka akan tabiatnya yang demikian itu.
(Tikus dan Manusia, Trisno Sumarjo)
32.  Kalimat pembuktian watak tokoh yang rajin terdapat pada nomor
a.       (1) dan (2)            b. (1) dan (3)                 c. (2) dan (3)             d. (4) dan (5)

33.  Sudut pandang yang digunakan pengarang adalah ....
a.       orang pertama pelaku utama                      c. orang pertama pelaku sampingan
b.      orang ketiga serbatahu                               d. orang ketiga pelaku sampingan

34.  Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ...
a.       penilaian acuan patokan                             c. penilaian acuan norma
b.      penilaian tuntas                                          d. penilaian berkelanjutan

35.  Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
a.       Penilaian berkelanjutan                              c. penilaian menyeluruh
b.      penilaian acuan patokan                             d. penilaian acuan norma      

36.  Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik. Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a.       Penilaian berkelanjutan                              c. Penilaian autentik
b.      Penilaian acuan patokan                             d. Penilaian acuan norma

37.  Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Peran guru dalam teori ini adalah sebagai fasilitator bagi para siswa sedangkan guru memberikan motivasi, kesadaran mengenai makna kehidupan siswa. Teori ini termasuk aliran ...
a.       Behaviorism         b. Humanistik               c. Sibernetik             d. Kontruktivisme

38.  Teori belajar yang berpendapat bahwa belajar bahasa pada hakikatnya hanyalah proses pengisian detil kaidah-kaidah atau struktur aturan-aturan bahasa ke dalam LAD yang sudah tersedia secara alamiah pada manusia adalah teori belajar …
a.       Nativisme             b. Kognitivisme            c. Humanistik           d.Sosial
39.  Aliran ini lebih menekankan bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi menarik. Artinya, mendapatkan perhatian dari peserta didik diperlukan alat bantu. Alat bantu ini sejalan dengan perkembangan teknologi. Teori ini tergolong aliran ...
a.       Humannistik         b. Behaviorisme            c. Sibernetik             d. Konstruktivime

40.  Belajar ialah pembentukan hubungan antara stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu memperbesar peluang timbulnya respons benar. Pengulangan dalam belajar akan melatih daya-daya yang ada pada manusia yang terdiri atas daya mengamat, menanggap, mengingat, mengkhayal, merasakan, hingga berpikir yang akan membuat daya-daya tersebut berkembang. Hal ini sesuai dengan prinsip belajar...
a.       Keterlibatan langsung dan pandangan hidup
b.      Perhatian dan motivas
c.       Keaktifan
d.      Pengulangan

41.  Siswa belajar sungguh-sungguh dan mendapatkan nilai yang baik dalam ulangan. Nilai yang baik itu mendorong anak untuk belajar lebih giat lagi. Nilai yang baik dapat merupakan operant conditioning atau penguatan positif. Sebaliknya, anak yang mendapatkan nilai yang jelek pada waktu ulangan akan merasa takut tidak naik kelas, karena takut tidak naik kelas ia terdorong untuk belajar lebih giat. Inilah yang disebut penguatan negatif. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran ...
a.       Tantangan                                                  c. Balikan atau penguatan
b.      Perhatian dan motivasi                               d. Keterlibatan langsung

42.  Pada teori belajar  ini siswa dianggap sebagai objek belajar. Siswa diperlakukan sebagai individu yang pasif. Respons atau prilaku tertentu dengan menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya prilaku akan semakin kuat bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman merupakan pengertian dari teori belajar … .
a.       Humanistik           b. Sibernetik                  c. Kontruktivisme     d. Behaviorisme

43.  Sebagai protes terhadap teori perilaku yang telah berkembang sebelumnya muncullah teori belajar kognitif. Peneliti yang mengembangkan teori kognitif ini adalah …
a.       Bandura, Wielkeiwicks, Ausubel               c. Ausubel, Bruner, Bandura
b.      Ausubel, Bruner, dan Gagne                     d. Wielkeiwicks, Ausubel, Bruner

44.  Teori ini meyakini bahwa kecerdasan merupakan potensi yang dimiliki seseorang yang dapat diaktifkan melalui proses belajar, interaksi dengan keluarga, guru, teman dan nilai-nilai budaya yang berkembang. Oleh karena itu, teori ini mengabungkan antara potensi-potensi otak kanan dan otak kiri sehingga potensi-potensi tersebut dapat berjalan optimal.  Teori belajar ini disebut
a.       Teori Belajar Revolusi Sosiokultural          c. Teori Kecerdasan Ganda
b.      Teori Belajar Sosial                                    d. Teori Pembelajaran Sosial

45.  Proses belajar dan pembelajaran pada era globalisasi ini akan dipengaruhi oleh kemajuan teknologi komunikasi. Proses belajar belajar bisa terjadi dimana-mana dan menuntut agar siswa mampu untuk mandiri. Pernyataan diatas merupakan pengertian dari teori ….
a.       Sibernetik             b. Konstruktivisme       c. Behaviorisme        d. Kognitivisme

46.  Teori belajar sosial menyatakan bahwa manusia belajar melalui pengamatannya terhadap perilaku orang lain. Pakar yang paling banyak melakukan riset teori belajar sosial adalah …
a.       Ausabel, Albert Bandura, Ausubel            c. Ausubel, Bruner, dan Gagne
b.      Albert Bandura  dan Bernard Weiner

47.  Peserta didik dapat belajar jika ia tidak hanya mengamati secara langsung tetapi ia harus menghayati, terlibat langsung dalam perbuatan, dan bertanggung jawab terhadap hasilnya. Hal ini sesuai dengan prinsip belajar….
a.       Pengulangan         b. Keterlibatan langsung        c. Penguatan        d. Keaktifan

48.  Seorang guru selalu memberikan apresiasi atau penghargaan berupa nilai yang baik dan  kata-kata positif terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Hal itu dilakukan karena berdasarkan pengalamannya nilai yang baik dan kata-kata positif dapat membuat siswa lebih giat belajar.
Guru tersebut telah menerapkan prinsip pembelajaran….
a.       Perhatian dan motivasi                               c. Perbedaan individual
b.      Tantangan                                                  d. Balikan atau penguatan

49.  Dalam mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional, seorang guru memberikan beberapa kali latihan soal kepada siswa. Guru berharap akan terjadi peningkatan penguasaan oleh siswa terhadap materi pembelajaran dengan latihan yang dilaksanakan tidak hanya sekali. Guru tersebut menerapkan prinsip pembelajaran…
a.       Penguatan atau balikan                              c. Perhatian dan motivasi
b.      Pengulangan                                               c. Tantangan
Keterangan:
Prinsip-Prinsip Pembelajaran
1.       Perhatian dan Motivasi. Motivasi adalah tenaga yang menggerakkan dan mengarahkan aktivitas seseorang.
2.       Keaktifan: Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendiri.
3.       Keterlibatan langsung/Berpengalaman: belajar yang paling baik adalah belajar melalui pengalaman langsung.
4.       Pengulangan: belajar ialah pembentukan hubungan antara stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu memperbesar peluang timbulnya respons benar.
5.       Tantangan: Tujuan dan hambatan dalam belajar memberikan motif kepada siswa untuk mengatasi hambatan dan meraih tujuan belajar
6.       Balikan atau Penguatan: Kata-kata yang positif dan nilai yang baik itu mendorong anak untuk belajar lebih giat lagi. Pujian dan nilai yang baik dapat merupakan operant conditioning atau penguatan positif.
7.       Perbedaan Individual: Siswa merupakan individual yang unik artinya tidak ada dua orang siswa yang sama persis, tiap siswa memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya.

50.  Pengembangan kurikulum harus memiliki keajegan konsep antaraantara kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, serta  teknik dan  instrumen penilaian. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pengembangan kurikulum...
a.       Ketercukupan       b. Konsistensi               c. Keilmiahan           d. Relevansi
Keterangan:
·         Landasan Pengembangan Kurikulum
a)       Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
b)       memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik
c)       Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
d)       Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
e)       Menyeluruh dan berkesinambungan.
f)        Belajar sepanjang hayat
g)       Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
·         Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum
a)       Ilmiah: kurikulum harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan
b)       Konsisten: Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, serta teknik dan instrumen penilaian.
c)       Relevan: memiliki kesesuaian di antara komponen-komponennya, seperti tujuan, bahan, strategi, dan evaluasi
d)       Ketercukupan: Cakupan indikator, materi pelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
e)       Menyeluruh: mencakup keseluruhan ranah kompetensi, baik pengetahuan, sikap, maupun praktik (psikomotor)
f)        Fleksibel: luwes dalam pelaksanaannya
g)       Aktual dan Kontekstual: Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memerhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
h)       Kontinuitas: pengembangan kurikulum harus memerhatikan kesinambungan, antara tingkat kelas, antara jenjang pendidikan, maupun kontribusi dengan jenis pekerjaan.

51.  Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
a.       Sahih                    b. Kebermanfaatan       c. Layak dipelajari    d. Menarik minat

52.  Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
a.       Kausal                  b. Spiral                         c. Kronologis            d. inquiri

53.  Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik  sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam
a.       Silabus                  b. RPP                           c. Silabus dan RPP   d. SKL

54.  Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
a.       Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
b.      Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
c.       Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
d.      Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

55.  Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut
a.       Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
b.      Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
c.       RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan  silabus dibuat oleh tim guru
d.      RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

55.  Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah ..
a.       Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
b.      Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
c.       RPP bersumber dari silabus
d.      Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

56.  Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....
a.       Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
b.      Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
c.       Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
d.      Silabus untuk mengarahkan ke­giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD

57.  Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ....
1.      Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2.      Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3.      Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip  digunakan adalah....
a.       Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
b.      Mendorong partisipasi aktif peserta didik
c.       Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
d.      Keterkaitan dan keterpaduan

58.  Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan  beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni
a.       Metode mengajar yang digunakan guru
b.      Karakteristik bahan ajar
c.       Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
d.      Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran

59.  Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:
1.      Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
2.      Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3.      Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis...
a.       Kognitivisme       b. Behaviorisme            c. Konstructivisme        d. Humanisme

 
60.  Menurut Piaget, periode perkembangan operasi konkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
a.       Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.
b.      Pemberian tugas yang tersetruktur.
c.       Penggunaan metode bervariasi
d.      Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.

61.  Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut
a.       ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
b.      ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c.       ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d.      d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis

61.  Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut
a.       ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
b.      ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
c.       ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d.      ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.

62.  Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
a.       Role Playing                                              c. Inquiry
b.      Problem Solving                                        d. Picture and Picture

63.  Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran  adalah
a.       Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
b.      Rumusan masalah yang harus didiskusikan
c.       Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
d.      Motivasi belajar siswa

64.  Kemampuan yang paling penting dimiliki  guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah
a.       Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
b.      Membuat media dan alat bantu  sederhana
c.       Menggunakan media dan alat bantu
d.      Merawat media dan alat bantu

65.  Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah
a.       Mengulang kembali bahan yang diajarkan
b.      Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
c.       Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
d.      Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan


66.  Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang  diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
a.       Memindahkantempat duduk peserta didik  ke meja yang paling depan
b.      Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
c.       Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
d.      Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber

67.  Apa yang paling tepat dilakukan  guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
a.       Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
b.      Memberikan kritik agar  peserta didik  berusaha menjawab walaupun salah
c.       Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik 
d.      Menjawab sendiri pertanyaan tersebut

68.  Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
a.       Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
b.      Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
c.       Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
d.       Komponen-komponen silabus  saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

69.  Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
a.       Sharing dengan teman                              c. Guru kreatif
b.      Pengalaman nyata                                     d. Menggunakan satu sumber

70.  Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal. Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria…
a.       tujuan                    b. sasaran didik             c. ketersediaan       d. konteks penggunaan

71.  Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran  dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut.                                                                                                                              Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
a.       Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
b.      Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
c.       Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
d.      Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

72.  Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam…
a.      media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas
b.      media yang dapat didengar saja dan media yang dapat dilihat
c.       media tradisional dan media berbasis TIT
d.      media dua dimensi dan media tiga dimensi 

73.  Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
a.       Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan, konteks penggunaan, dan mutu teknis.
b.      Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
c.       Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
d.      Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

74.  Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah
a.       media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK  
b.      sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran      
c.       media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
d.      memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

75.  Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:        
a.       Menampilkan objek yang terlalu besar    
b.      Membuat konkrIt konsep yang abstrak  
c.       Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.  
d.      Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

76.  Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut ..
a.       Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
b.      Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
c.       Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
d.      Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

77.  Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah
a.       Book                     b. forum                        c. blog                       d. e-portofolio

78.  Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai  pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…
a.       program mencari informasi                       c. program desktop publishing
b.      program untuk menjelajahi laman            d. program penciptaan  laman

79.  Seorang guru yang akan mencari  informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...
a.       www.gmail.com                                         c. www.google.com
b.      www.hotmail.com                                      d. www.cari-data.com

80.  Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
a.       www.yahoo.com                                       c. www.gmail.com
b.      www.hotmail.com                                    d. www.cari-data.com

81.  Seorang guru akan  membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel,  gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...          
a.       Microsoft Database                                    c. Microsoft PowerPoint
b.      Microsoft Desktop Publishing                   d. Microsoft Word

82.  Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....
a.       Microsoft Database                                    c. Microsoft Spread Sheet
b.      Microsoft powerpoint                                d. Microsoft Desktop Publishing

83.  Tools pembelajaran daring/ online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran. Fitur moodle ini adalah...
a.       Quiz                      b. Page                          c. Lesson                  d. Blog

84.  Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah
a.       Penulis konten (content writer)                 
b.      Penata grafis (design grafis)                      
c.       perancang pembelajaran (course design)
d.      pemrogram komputer (computer programmer).

85.  Pembelajaran yang mampu mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran adalah pembelajaran dengan pendekatan ….Saintifik 

86.  Pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun   (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran …project based learning

87.  Guru menyampaikan materi pelajaran tidak dalam bentuk final melainkan mendorong Peserta didik untuk mengidentifikasi apa yang ingin diketahuiya, mencari informasi sendiri, kemudian mengorganisasikan apa diperolehnya menjadi suatu bangun pengetahuan. Hal  ini merupakan prinsip belajar dalam model pembelajaran ....discovery Learning

88.  Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu tugas guru adalah meransang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Tugas guru adalah mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.  Kegiatan yang dilakukan guru tersebut mengisyaratkan implementasi  model pembelajaran ....problem based learning

89.  Semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi  model pembelajaran ....problem based learning

90.  Ketika memulai pembelajaran, guru menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut mengisyaratkan implementasi  model pembelajaran ....Project based learning

91.  Guru bersama siswa merencanaan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegitan  yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi..Model pengelolaan pembelajaran yang demikian itu mencerminkan prinsip model…Project based learning

92.  Guru menunjukkan suatu gambar peristiwa pada awal pembelajaran kepada siswa dan siswa terpancing untuk bertanya tentang gambar tersebut. Respon siswa terhadap gambar yang dihadirkan guru merupakan stimulasi yang membantu siswa mengeksplorasi bahan. Dilanjutkan dengan identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Prosedur tersebut merupakan prosedur aplikasi metode ....Discovery learning

93.  Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…

a.       Portofolio             b. saintifik                     c.  penemuan            d. autentik

94.  Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan  suatu permasalahan  guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk  mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya. Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….
a.       Portofolio             b. saintifik                     c. penemuan             d. autentik

95.  Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun  (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
a.       projek based learning                              c. discovery Learning
b.      Problem Based Learning                            d. Inquiry learning

96.  Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi  model pembelajaran ....
a.       Project based learning                                c. inquiry learning
b.      Discovery learning                                     d. problem based learning


97.  Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu  menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut. Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi  model pembelajaran ....
a.       Project based learning                                c. Problem based learning
b.      Discovery learning                                     d. Inquiry learning

98.  Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.  Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni  tersebut mengisyaratkan implementasi  model pembelajaran ..
a.       inquiry learning                                          c. problem based learning
b.      Project based learning                                d. Discovery learning

99.       Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan  yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi. Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....
a.       Problem solving learning                            c. Problem based learning
b.      Project based learning                                d. Discovery learning

100.   Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning:
1)      Penentuan Pertanyaan Mendasar,                                                                            
2)      Mendesain Perencanaan Proyek, 
3)      Menyusun Jadwal (Create a Schedule)
4)      Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
5)      Menguji Hasil (Assess the Outcome)
6)      Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
a.       1-2-3-4-5-6                                                c. 1-3-2-4-5-6
b.      1-3-2-5-6-4                                                d. 1-2-3-5-4-6


LINK LINK SOAL PPG TAHUN 2019


0 comments:

Posting Komentar