BELAJAR ONLINE SUKSES (Aamiin)
1.
Pembelajaran kontekstual dalam IPA
dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik.hal ini disebabkan karena
karaktersitik pembelajaran yang....
a.
Membiasakan peserta didik
belajar sesuai dengan
lingkungan
b.
Memotivasi belajar peserta
didik
c.
Merangsang peserta didik
lebih aktif belajar
d.
Memberi kesempatan peserta
didik berkreasi
2.
Dalam mengimplementasikan bela
negara sesuai ketentuan hukum di Indonesia,
maka perlu menganut paham negara
integralistik yang diinginkan dimana negara yang menjamin keselamatan hidup bangsa. Untuk
mencapai suasana itu maka
harus dihindari sikap ....
a.
Kebersamaan dan kekeluargaan di dalam kehidupan bermasyarakat
b.
Saling menghargai dan
mengutamakan kepentingan bangsa
dan negara
c.
Harmonisasi dalam kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan
d.
Dominasi mayoritas dan tirani minoritas
3.
Hukum merupakan salah satu macam norma yang ada di masyarakat. Sebgai norma, hukum memberikan petunjuk
yang mengatur dan menentukan tingkah
laku dari ....
a.
Antar golongan c. Orang pribadi
b.
Masyarakat d. Orang
yang satu terhadap orang
lainnya.
4.
Ibu Rosita mengajar
Bahasa Indonesia di
Kelas V dengan
materi “ Penanggulangan
Bencana”. Selama kegiatan berlangsung, Ibu Rosita mengadakan penilaian pada siswanya yang sedang melakukan simulasi cara menanggulangi bencana alam. Berdasarkan penjelasan diatas, Ibu Rosita
telah melakukan penilaian .......
a.
Unjuk kerja b.
Proses c. Peragaan d. Produk
5.
Dalam aturan tentang hak asasi di dunia internasional maka perlu memandang bahwa hakikat manusia adalah
sebagai makhluk individu,sosial, budaya, dan berketuhanan. Jadi dengan demikian bahwa manusia adalah makhluk ....
a.
Mono dualis b. Homo
socius c. Mono
pluralisd. Homo sapiens
6.
Dalam penerapan hukum di Indonesia membutuhkan sikap
dan tindakan demokratis dalam konteks
kewarganegaraan dapat diwujudkan dengan berbagai
perbuatan, diantaranya ....
a.
Menggunakan hak asasi
tanpa memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku
b.
Mengidentifikasi perbedaan-perbedaan di dalam keberagaman budaya
c.
Menghargai sesama warga masyarakat
dan mematuhi peraturan-peraturan negara
d.
Mengetahui tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara.
7.
Dalam pemeliharaan lingkungan alam perlu memperhatikan faktor biotik dan abiotik. Faktor biotik yang mempengaruhi faktor abiotik berikut ini adalah ....
a.
Kecambah cepat panjang
disebabkan tumbuh di tempat gelap
b.
Gerak tumbuhan dipengaruhi arah datangnya sinar
matahari.
c.
Warna hijau daun
berubah pucat jika sinar atahari
menghalanginya.
d. Udara bersih di taman-taman disebabkan masih banyak tumbuhan.
8.
Dalam menerapkan hak asasi manusia
membutuhkan norma dimasyarakat. Adapun tujuan diberlakukannya norma
didalam masyarakat adalah
....
a.
Menjamin keharmonisan antar
hubungan pribadi
b.
Menjamin kebahagiaan jasmani manusia
karena penunaian fungsi
norma tidak menimbulkan fungsi
batin, rasa menyesal, perasaan berdosa atau
kekecewaan.
c.
Menjamin harkat dan martabat pribadi
seseorang serta kemanusiaan.
d.
Memberikan motivasi kebaikan dalam setiap sikap
dan tindakan manusia
9.
Agar siswa tidak kesulitan dalam operasi hitung
pembagian, maka siswa
harus hafal ....
a.
Fakta dasar penjumlahan c. Fakta dasar
pembagian
b.
Fakta
dasar perkalian d. Fakta dasar pengurangan
10.
Faktor yang mempengaruhi kualitas
hasil belajar IPS siswa setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran di antaranya adalah
....
a.
Kemahiran guru
dalalm membuat rencana
tertulis tentang bahan
ajar yang akan diberikan
b.
Ketepatan guru dalam
merekayasa strategi pembelajaran
c.
Pemilihan buku sumber
tertentu yang telah
diakui
d.
Karakteristik bahan ajar
berupa informasi atau
problematik.
11.
Hasil observasi ditemukan penyebab
kekurangan lahan dan makanan di suatu
tempat yaitu ...
a.
Populasi konsumen berkurang, populasi produsen berkurang
b.
Populasi konsumen berkurang, populasi produsen bertambah
c.
Populasi
konsumen bertambah , populasi produsen
berkurang
d.
Populasi konsumen berkurang, populasi produsen bertambah
12.
Untuk melaksanakan penelitian terhadap
peserta didik dalam
keterampilan
proses IPA, nilainya bisa didapatkan dengan
cara ....
a.
Menugaskan peserta didik
melakukan praktik IPA
b.
Menjelaskan materi IPA
yang akan dipraktikan
c.
Menunjukan habitat laut dan habitat
darat
d.
Memperlihatkan gambar-gambar hewan
yang ada di Indonesia
13.
Salah satu gejala alam biotik yang
dapat dijadikan bahan penelitian adalah kerongkongan, yang berperan penting
dalam merencana makanan
yakni ....
a.
Mendorong makanan ke lambung c. Mencerna makanan
secara mekanik
b.
Mendorong makanan secara
alamiah d. Mencerna
makanan secara kimiawi
14.
Konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian tanpa sisa dengan
menggunakan bilangan ribuan
memakai …
a.
Neraca bilangan b. block
dienes c. kartu
bilangan d. batang cuisenaire
15.
Terdapat dua buah lampu
yaitu lampu B dan C. Dimana lampu
B menyala setiap
40 detik, dan lampu C menyala
setiap 1 menit. Berapa kali kah kedua lampu tersebut menyala bersama
dalam 15 menit?
a.
8x b. 7x c. 9x d. 6x
Keterangan:
KPK 40 dan 60 = 120 detik = 2 menit
Jadi 15 : 2 menit = 7 x
(sisa
1 tidak diikutkan karena yang diminta setiap 2 menit)
|
Sebuah botol
plastik berisi air hampir penuh
dan di dalam botol tersebut dimasukkan “ tabung reaksi” sehingga ada sedikit bagian tabung reaksi yang muncul di permukaan air. Selanjutnya botol itu ditutup rapat. Jika dinding-dinding botol bagian bawah ditekan secara
kuat, yang akan terjadi dengan tabung
reaksi adalah….
a.
Tabung reaksi itu akan melayang di tengah botol
karena tertekan ronga
udara di bagian atas dalam botol
plastik itu
b.
Tabung reaksi itu akan terdorong oleh air ke atas sehingga
bagian yang muncul di
permukaan air semakin
panjang
c.
Tabung reaksi itu tidak akan
berpindah tempat karena tekanan yang anda berikan itu diteruskan ke segala arah
dengan sama besar
d. Tabung reaksi itu akan tenggelam ke dasar botol
karena ada air yang mendesak udara di dalam tabung
reaksi dan mengisinya
117. Jika diilustrasikan gambar segitiga ABC sama kaki, AC = BC dan besar sudut BAC
= 650. Selanjutnya dari titik
A ditarik garis
sejajar BC sedemikian hingga sudut ACD
= 450,
maka besar sudut ADC adalah …
a. 850 b. 450 c. 650 d. 1100
Keterangan:
D 0
< BAC = < ABC = 65
Karena AD // BC maka sudut yang sehadap besarnya sama. Jadi
< ADB = < ABC = 650
A B
118.
Hiasan dinding berbentuk segidelapan beraturan dengan panjang
sisi 8 cm. jika dari titik
tengah segidelapan ditarik
garis tinggi sepanjang
2√3 cm, maka luas
hiasan dinding berbentuk segidelapan tersebut adalah
… cm2
a. 64√3 b. 32 c. 64 d. 32√3
Keterangan:
L = alas x tinggi x 8 2
= 8 x 2√3 x 8
2
= 64√3
119.
Peserta PLPG SD tahun 2017
sebanyak 90 orang
mengikuti UTN. Data
nilai dinyatakan dalam bentuk tabel
distribusi frekuensi dengan
kelas-kelas interval
|
Keterangan:
MO
Modus data nilai
UTN PLPG SD sebesar …
= b + p b1
b1+b2
= 70,5 + 10 14
14+10
= 70,5 + 140
24
a. 74,33 b. 76,33 c. 76,33 73,33
120.
Perhatikan contoh puisi lama
berikut! Ketika muda malas
sembahyang
…………………………………..
Sambungan gurindam yang tepat adalah …
a.
Keluarga idaman
pasti hilang c. Banyak rejeki
jadi terbuang
b.
Ketika tua jadi
terbuang d. Masa
tua bias terguncang
121.
Perhatikan data campuran
berikut ini!
1)
Larutan gula
2)
Larutan tepung
3)
Larutan tanah
4)
Larutan kapur sirih
5)
Larutan cuka
Berdasarkan
data di atas, yang termasuk campuran homogen ditunjukkan nomor
…
a. 1, 2, 4, 5 b. 1, 4, 5 c. 1, 2, 4 d. 1, 2, 5
122.
Fotosintesis pada tumbuhan hijau
dipengaruhi oleh faktor internal misalnya keadaan klorofil pada kloroplas
dan faktor eksternal misalnya kesediaan air, CO2, dan cahaya matahari. Pernyataan paling benar tentang laju fotosintesis pada tumbuhan hijau adalah …
a.
Semakin tinggi kadar
air dalam tanah
maka semakin tinggi
laju fotosintesis
b.
Semakin tinggi intensitas cahaya semakin tinggi
laju fotosintesis
c.
Semakin tinggi
kadar CO2 maka semakin tinggi laju
fotosintesis
d.
Semakin banyak kloroplas pada daun maka
semakin tinggi laju
fotosintesis
123.
Diketahui segiempat dengan koordinat A (3,6), B (6,3), C (6,6), D (4,7) dicerminkan terhadap garis y = 2, maka bayangan A’,B’,C’, dan D’ berturut-turut adalah
…
a. (1,6), (2,3), (2,6), (0,7) c.
(3,4), (6,-1), (6,4), (4,5)
b. (3,-2), (6,1),
(6,-2), (4,-3) d. (3,4), (6,1), (6,4), (4,5)
Keterangan:
Dicerminkan pada sumbu
y maka garis sejajar dengan
sumbu x, sehingga
menyebabkan nilai y berubah dan x tetap.
124.
Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah
discovery
learning. Salah satu langkah model tersebut siswa
diberikan kesempatan mengolah
data dan informasi yang telah diperoleh melalui
berbagai aktifitas. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem, maka hasil pengolahan data
yang akan disajikan oleh siswa adalah …
a.
Tabel hubungan kelompok
tumbuhan dan hewan
b.
Tabel kelompok makhluk
hidup sesuai dengan
perannya di dalam
ekosistem
c.
Skema rantai makanan
dan jaring makanan
dalam suatu ekosistem
d.
Gambar hubungan timbal
balik antar makhluk
hidup dalam ekosistem
125.
Pembelajaran operasi hitung bilangan
bulat menggunakan kartu hitam putih. Siswa melakukan
langkah-langkah sebagai berikut: ambil 3 kartu putih bertanda positif, kemudian akan
diambil 7 kartu
putih juga. Hal ini tidak
dapat dilakukan karena hanya
punya 3 kartu
putih. Kemudian ia mengambil 4 kartu putih
dan 4 kartu hitam
yang bertanda negatif, sehingga ia dapat
mengambil 7 kartu
putih.
Operasi hitung
yang ditampilkan pada peragaan di atas adalah… a. 3 – (-7) b. 3 – 7 c. 3 + (-7) d. 3 + 7
keterangan:
Diambi
126.
Gambar berikut
menunjukkan pembentukan bayangan
pada mata dengan catat mata tertentu.
Jenis catat mata dan lensa yang harus digunakan untuk membantu penglihatan mata
tersebut adalah …
a.
Presbiopi, cembung c. hipermetropi, cekung
b.
Miopi,
cembung (cekung) d.
hipermetropi, cembung
Keterangan:
-
Bayangan jatuh di depan retina maka cacat mata miopi (rabun
jauh) dan ditolong
menggunakan lensa cekung (-)
-
Hipermetropi (rabun
dekat) bayangan jatuh dibelakang retina
ditolong menggunakan lensa cembung (+)
-
Presbiop (mata tua) disebabkan daya akomodasi sudah melemah. Dapat dibantu dengan
lensa ganda
127.
Dua
buah benda (sebuah
buku dan selembar
kertas) mempunyai bentuk
dan ukuran yang sama. Selembar kertas itu diletakkan secara tepat di
atas buku sehingga menutupi bagian
seluruh permukaan buku
tersebut. Hal yang
terjadi
dengan kedua benda
itu jika keduanya dijatuhkan dari suatu
ketinggian secara bersamaan
adalah ….
a.
Buku dan kertas jatuh bersamaan, meskipun
kertas pada awalnya
melayang- layang
b.
Buku jatuh lebih cepat
dan kertas melayang-layang karena buku itu lebih berat dibandingkan kertas
c.
Buku dan kertas jatuh sama cepat
karena buku dan kertas itu mendapat hambatan udara yang sama
d.
Buku dan kertas jatuh
sama cepat karena
kertas tidak mendapat hambatan udara.
Keterangan:
Benda jatuh bebas tidak dipengaruhi oleh berat benda, yang
mempengaruhi hambatan udara. Karena kertas berada di atas buku maka yang
mendapat hambatan udara hanya bukunya saja.
Apabila berat benda
> hambatan/tekanan udara
maka benda yang
berat akan jatuh
lebih dulu dan apabila berat
benda< tekanan udara
maka benda akan melayang-layang/lambat jatuh
128.
Bayangan titik P dan Q oleh
refleksi terhadap y = x adalah P’ (3,5) dan Q’ (2,6), maka koordinat titik P dan Q adalah …
a. P (5,3)
dan Q (6,2) c. P (3,5) dan Q (2,6)
b. P (3,5)
dan Q (6,2) d. P (3,-5) dan Q (2,-6)
Keterangan:
Pencerminan
y=x maka y diubah menjadi x dan x diubah menjadi y
129.
Perhatikan data berikut ini! Nilai 41 – 50 sebanyak 8 Nilai
51 – 60 sebanyak 6 Nilai 61 – 70 sebanyak 12 Nilai 71 – 80 sebanyak 4
Keterangan:
Me = b + p (
1(n)- F
2 )
f
1(30)- 14
Median dari
data tersebut adalah
…
a. 69,8
= 60,5 + 10 ( 2 )
12
b. 61,33
c. 64,33
d. 68,8
= 60,5 + 10 (
10
15-
14 )
12
130.
Ali
memerlukan sepuluh buku
yang terdiri dari
buku matematika dan buku IPA. Harga setiap buku matematika Rp 5.000,- dan setiap buku IPA Rp 6.000,-. Bila Ali
membayar kesepuluh buku itu Rp 54.000,- maka
buku matematika yang
diperoleh Ali adalah
…
a.
3 buku matematika c. 5 buku matematika
b.
4 buku matematika d. 6 buku matematika
Keterangan:
Misal x= matematika dan y=IPA
x + y = 10 x6000 6000x + 6000y = 60000
5.000x + 6.000y = 54.000 x1 5000x
+ 6000y = 54000
1000x = 6000
x = 6
131.
Laporan praktik sudah diterima
dengan baik. Namun
untuk menjadikan laporan
ini sesuai dengan praktiknya maka perlu disinkronkan dengan praktiknya. Saran
yang perlu diberikan kepada
siswa terkait dengan
hal ini adalah
…
a.
Laporan memerlukan telaah
lagi mengingat masih
ada kesalahan
b.
Laporan telah terima
dengan baik dan lengkap, serta diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan
c.
Laporan sudah layak
dan lengkap sehingga
perlu disimpang dengan
baik
d.
Laporan masih terdapat
kesalahan maka sebaiknya tidak diaplikasikan dalam
kehidupan
132.
Kebun Pak Andi berbentuk persegi panjang dengan
ukuran panjang 15 m dan
lebar 10 m akan
dipagari. Bila biaya
memageri itu setiap
meternya Rp 1.850.000,-, maka hanya biaya memageri sebidang tanah seluruhnya adalah
…
a. Rp 92.500.000b. Rp 93.250.000 c. 93.500.000 d. 92.250.000
Keterangan:
K = 2 (p + l)
= 2 (15 + 10)
= 50 m
Biaya = K x biaya permeter
= 50 x 1.850.000
= 92.500.000
133.
Bapak Roni adalah guru
kelas V SD No 01 Cilangkap. Hari
itu ia mengajar bahasa Indonesia dengan fokus “Membaca”. Setelah melaksanakan kegiatan awal dengan baik, Pak Roni masuk ke inti pelajaran. Pak Roni mengingatkan agar siswa
memperhatikan contoh cara membaca
teks “ Bergotong royong” dengan suara jelas selama
2 menit. Siswa menyimak dengan
seksama, tidak ada satu pun yang
rebut. Setelah selesai
Pak Roni menyuruh
siswa satu persatu
ke depan kelas
untuk membaca. Jenis membaca yang diajarkan Pak Roni adalah ….
a.
Membaca pemahaman c. membaca
dalam hati
b.
Membaca
nyaring d. membaca
permulaan
134.
Sejarah merupakan salah satu
karakteristik dari pembelajaran IPS, merupakan
cabang ilmu pengetahuan untuk mengkaji secara sistematis keseluruhan perkembangan proses perubahan dinamika kehidupan masyarakat dengan segala
aspek kehidupannya yang terjadi di masa lampau.
Sejarah mempunyai sifat yang
khas dibanding ilmu yang lain, karena …
a.
Peristiwa sejarah menimbulkan ragam
hipotesis yang bermuara pada daya nalar dan analisis
b.
Peristiwa sejarah
menyangkut tiga dimensi
waktu yaitu masa
lampau, masa kini, dan masa yang akan datang
c.
Peristiwa sejarah memunculkan pengetahuan baru yang tidak dapat dijadikan rujukan
d.
Peristiwa yang tidak menghubungkan
dimensi kronologi dalam periode sejarah
135.
Perkembangan ilmun dan teknologi makin berkembang pesat.
Dalam sejarah kehidupan
manusia terdapat dorongan pertumbuhan ekonomi dan berbagai negara yang
mengakibatkan berbagai pemborosan sumber daya alam yang berakibat kemerosotan kualitas lingkungan. Perhatikan kalimat berikut ini!
1.
Mutasi gen manusia
terselubung
2.
Hujan asam
3.
Dampak rumah kaca
4.
Getaran ultra sonic
5.
Lubang lapisan ozon
Hal yang termasuk terjadinya kemerosotan kualitas
lingkungan dalam berbagai segi kehidupan manusia adalah nomor…
a. 1,3,4, dan 5 b. 1,2,4,
dan 5 c. 1,2,3,dan 5 d. 2,3,4, dan 5
136.
Untuk melaksanakan penilaian terhadap peserta didik
dalam keterampilan proses
IPA, nilainya
bisa didapatkan dengan cara …
a.
Memperlihatkan gambar-gambar hewan
yang ada di Indonesia
b.
Menjelaskan materi IPA
yang akan dipraktekan
c.
Menunjukkan habitat laut dan habitat
darat
d. Menugasi peserta
didik melakukan IPA
137.
Dalam sejarah kehidupan manusia
terdapat hubungan antara
manusia dengan lingkungan alam di sekitarnya yang lebih bersifat
fungsional. Hal itu berhenti,
manusia memelihara dan memanfaatkan kekayaan alam
dengan baik dan yang akan terjadi adalah
…
a.
Kemunduran, kesengsaraan, dan kemiskinan
b.
Kerusakan lingkungan dan
berencana alam
c.
Polusi tanah, udara,
dan lingkungan kumuh
d. Kesehatan, kesejahteraan, dan kenyamanan hidup
138. Cermati
pernyataan berikut ini!
1)
Menutupnya daun petai
cina di waktu
senja
2)
Menutupnya daun putri
malu bila disentuh
3)
Bertambah cepatnya tumbuhan kecambah ditempat gelap
4)
Membeloknya bunga matahari sesuai arah cahaya
matahari
Berikut ini merupakan contoh dari peristiwa
iritabilitas yang terjadi dalam kehidupan adalah …
a. 1 dan 3 b. 2 dan 4 c. 1 dan 3 d. 1 dan 2
Keterangan:
Iritabilitas = tanggap
terhadap rangsang Daun putri malu sentuhan
Bunga matahari arah datangnya cahaya
139.
Dalam pembelajaran PKn apabila guru
menginginkan adanya penerapan pendekatan saintifik untuk membawa peserta didiknya menjadi
tertarik dengan pembelajarannya maka dilakukan …
a.
Pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian ide tertentu yang berbeda secara
kontras dengan secara kelompok untuk membahas topic tertentu
b.
Pembelajaran yang menekankan pada
proses memecahkan masalah
yang menyangkut nilai moral
tertentu dengan solusi
yang berbeda-beda
c.
Pembelajaran yang menekankan pada proses menghayati nilai moral tertentu dengan memainkan peran tertentu
d. Pembelajaran yang menekankan pada pendekatan keilmuan berdasarkan data dan fakta
sebagai bentuk kajian
empiric
140.
Keterkaitan aspek keterampilan
dengan seluruh program pengajaran IPS tampak
dalam aktivitas pembelajaran, sebab ..
a.
Mempunyai daya inovasi
yang tinggi
b.
Memiliki kekuatan sebagai
program pembelajaran di SD
c.
Memberikan beberapa keterkaitan fakta
d.
Menampilkan aspek keterampilan secara nyata
141.
Dalam pembelajaran PKn dikenal
beberapa asas yang
patut diketahui oleh
guru yang akan membelajarkan kepada peserta
didiknya. Salah satunya adalah guru harus memandang peserta
didik sebagai manusia
secara manusiawi. Peserta didik dihargai segala kelebihan dan kekurangan yang
dimilikinya. Peserta didik diberi kesempatan untuk selalu mengembangkan potensinya meskipun dengan
segala
keterbatasan yang dimilikinya. Hal ini sesuai dengan asas …
a.
Humanistic
b.
Siswa sentries
c.
Utuh, bulat, terpadu,
dan berkesinambungan
d.
Multi dimensional
142.
Pembelajaran kontektual dalam IPA pada siswa kelas I SD, khususnya
pemodelan harus mengakomodasi karakteristik perkembangan peserta didik. Pemodelan
yang sesuai untuk
kegiatan mengidentifikasi bagian-bagian anggota tubuh adalah
…
a.
Mengamati gambar tubuh
manusia
b.
Memperagakan tubuh diri sendiri
c.
Memasangkan kartu kata dengan anggota
tubuh
d.
Tanya jawab nama
bagian-bagian anggota tubuh
143. Dua garis
berikut : 4x – y + 2 = 0 dan y = 4x + 1 adalah
…
a.
Sejajar c. Berpotongan di dua
titik
b.
Berpotongan dibeberapa titik d. Tegak lurus (m1.m2 =-1)
Keterangan:
Garis 1 4x – y + 2 = 0 y = 4x +2 ( gradien m=4) Garis 2 y = 4x + 1 (gradien
m = 4)
Karena m1 = m2, maka kedua garis tersebut sejajar
144.
Dalam mengimplementasikan bela
negara sesuai ketentuan hukum di Indonesia,
maka perlu menganut paham negara
integralistik yang diinginkan dimana negara yang menjamin keselamatan hidup bangsa. Untuk
mencapai suasana itu maka
harus dihindari sikap
…
a.
Saling menghargai dan
mengutamakan kepentingan bangsa
dan negara
b.
Dominasi mayoritas dan tirani minoritas
c.
Kebersamaan dan kekeluargaan di dalam kehidupan
d.
Harmonisasi dalam kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan
145.
Budi seorang anak berusia
7 tahun dan sedang belajar
bahasa Indonesia. Ketika guru mengajarkan membaca permulaan, Budi
mengikuti dan berusaha menguasai huruf-huruf yang dibacanya. Kegiatan
yang dilakukan oleh
Budi adalah …
a.
Mendengar b. Melihat c. Imitasi d. Menghafal
146.
Kegiatan produksi sebagai salah satu
elemen kegiatan ekonomi akan terus berjalan. Seiring
dengan perkembangan budaya dan teknologi, barang dan jasa yang dihasilkan tampak semakin beragam.
Perhatikan kalimat berikut
1)
Land/sumber daya alam
2)
Modal/capital
3)
Tenaga kerja/labour
4)
Diversification product
5)
Kewirausahaan
Factor-faktor produksi ditunjukkan pada
nomor ..
a. 2,3,4,5 b. 1,2,4,5 c. 1,2,3,5 d. 1,2,3,4
147. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)
Membuat jalur hijau
sepanjang jalan
2)
Membuang sampah ke sungai yang
mengalir
3)
Membuat terasering di lahan yang
miring
4)
Mendirikan pabrik dipemukiman penduduk
5)
Member pupuk agar tanah tetap
subur
Berdasarkan pernyataan tersebut terdapat beberapa
perilaku manusia yang mempengaruhi lingkungan, sesuai dengan nomor ..
a. 1 dan 3 b. 1 dan 5 c. 1 dan 2 d. 2 dan 4
148. Salah satu karakteristik social
studies adalah bersifat
dinamis, artinya …
a.
Selalu berubah sesuai
dengan tingkat kajian
pemanfaatannya
b.
Selalu berubah sesuai
dengan kondisi IPTEKS
c.
Selalu berubah sesuai
dengan kondisi nilai
interaksi
d. Selalu berubah
sesuai dengan tingkat
perkembangan masyarakat
149.
Suatu tanah sawah berbentuk persegi panjang memiliki perbandingan panjang dan lebar adalah 8 : 5. Jika panjangnya dikurangi 3 bagian dan lebarnya ditambah 6 bagian, maka persegi
panjang tersebut menjadi
persegi. Luas persegi
panjang tersebut adalah …
a. 360 b. 630 c. 300 d. 600
|
5
p – 3 = l + 6
8
(5 x
l) – 3 = l + 6
8
(5 x
l) – l = 6 +3
3 l = 9
5
l = 9 : 3
p = 8 x l
5
= 8 x 15
5
= 24 cm
Luas
persegi panjang = p x l
= 24 x 15
150.
Suatu tanah sawah berbentuk persegi panjang memiliki perbandingan panjang dan lebar adalah 5 : 2. Jika panjangnya dikurangi 3 bagian dan lebarnya ditambah 6 bagian, maka persegi
panjang tersebut menjadi
persegi. Luas persegi
panjang tersebut adalah …
b. 90 b. 120 c. 150 d. 175
|
2
p – 3 = l + 6
5
(2 x
l) – 3 = l + 6
5
(2 x
l) – l = 6 +3
3 l = 9
2
l = 9 : 3
p = 5 x l
2
= 5 x 6
2
= 15 cm
Luas
persegi panjang = p x
l
= 15 x 6
151.
Budi akan membuat ember tanpa tutup
berbentuk tabung terbuat dari seng dengan tinggi 24 dm. jika ember tersebut
dapat menampung air 3696 dm3, maka bahan seng yang
harus disediakan adalah
…. dm3
a. 862 b. 1210 c. 1020 d.682
Keterangan:
L alas = V = 3696 = 154
|
L
alas
154 = 22 x r2
7
r2 = 154 x 7
22
r = √49
= 7 cm
152.
Cermati sifat-sifat bangun
datar berikut:
1)
Jumlah ukuran keempat sudut dalam sama dengan 3600
2)
Sudut-sudut yang berhadapan sama besar
3)
Kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus
Bangun ruang yang memiliki ketiga sifat di
atas adalah …
a.
Persegi dan laying-layang c. belah ketupat dan
persegi
b.
Layang-layang dan trapezium d. jajar genjang
dan persegi panjang
153.
Karakteristik IPS terletak pada pengembangan materinya yang menggunakan pendekatan lingkungan keluarga-kampung, selanjutnya melebar dan meluas
yaitu sekolah, desa, kecamatan, kabupaten, propinsi, negara dan
seterusnya. Sintesis karakteristik IPS SD menggunakan pendekatan ..
a.
Expanding
environmental approach c. expanding community approach
b.
Expanding managerial approach d. expanding thematical approach
154.
Karakteristik IPS pengembangan
materinya menggunakan berbagai bentuk pendekatan yang bersifat expanding.
Salah satu bentuk pendekatan kemasyarakatan yang melebar
dan meluas adalah
…
a.
Expanding environmental approach c. expanding community approach
b.
Expanding managerial approach d. expanding thematical approach
155.
Karakteristik IPS menggunakan
pendekatan tema yang meluas dan mendalam, tema dimulai dari
yang terdekat hingga ke tema yang lebih luas. Sintetis karakteristik IPS SD mneggunakan pendekatan …
a.
Expanding environmental approach c. expanding community approach
b.
Expanding managerial approach d. expanding thematical approach
156.
Guru dalam pembelajaran PKn memberikan penekanan pada perubahan nilai-nilai melalui bermain peran dan keteladanan. Pendekatan yang tepat digunakan
adalah…
a.
Pendekatan penanaman nilai c. pendekatan learning by doing
b.
Pendekatan analisis d. pendekatan moral
157.
Dasar negara RI adalah
Pancasila yang merupakan Way of life, mengandung makna sebagai …
a.
Kesadaran hidup c. cara pandang
b.
Cara hidup dalam
bernegara d. prinsip hidup
158. Hemoglobin dalam
darah akan berikatan dengan oksigen menjadi
oksihemoglobin.
Rumus
kimi oksihemoglobin adalah …
a.
Hb2O b. HbO2 c. HbO d. H2HbO2
159.
Keluarga pak Arif menggunakan 4 buah lampu
25 watt, 2 TV 100 watt, dan 3 kipas angin 50watt,
serta 1 buah
tice cooker 400 watt. Setiap
harinya peralatan tersebut digunakan selama 10 jam. Jika harga listrik Rp 1.000,00/kWh, biaya listrik yang harus di bayar pak Arif setiap
bulannya (30 hari)
adalah …
a. Rp 25.500,00 c. Rp 225.000,00
b. Rp 2.2500.000,00 d. Rp 225.000.000,00
Keterangan:
Daya yang dipakai
= ((4x25) + (2x100) + (3x50) + (1x400)) x 10 jam Tiap
hari = (100+200+150+400)x10
= 850x10
= 8500 watt
= 8,5kWh
Biaya
yang harus dibayar = daya yang dipakai tiap hari x jumlah hari x harga
listrik/kWh
= 8,5 x 30 hari x 1000
= 255.000
160. Deretan bilangan berikut yang memuat
bilangan tidak senilai adalah …
a. 3 1 18
8 ; 372 % ; 48 ; 0,375
b. 7 7 55
9 ; 779 % ; 72 ; 0,7789
c. 4 ; 57 7 % ; 36 ; 0,5714
7 50 63
d. 5 1 35
6 ; 833 % ; 42 ; 0,8333
161.
Memberikan motivasi kepada siswa,
member akses pada latar belakang budaya, member akses pada pemerolehan bahasa, memperluas perhatian
siswa terhadap bahasa, mengembangkan kemampuan interpretaif siswa, dan mendidik siswa secara keseluruhan merupakan salah
satu bagian dari
…
a.
Makna sastra b. Tujuan sastra c. Manfaat
sastra d. Sifat sastra
162.
Menikmati dan memanfaatkan karya
sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti,
meningkatkan pengetahuan, dan kemampuan
berbahasa merupakan salah
satu bagian ....
a.
Makna sastra b. Tujuan
sastra c. Manfaat sastra d. Sifat sastra
163.
Diketahui segiempat dalam kordinat
A(2,1), B(5,1), C(5,7),
D(2,7) dicerminkan terhadap garis
y=-x. maka bayangan
A’,B’,C’,D’ berturut-turut adalah…
a. (-1,-2), (-1,-5), (-7,-5), (-7,-2) c. (1,-2),
(1,-5), (7,-5), (7,-2)
b. (1,2), (1,5), (7,5), (7,2) d.
(-2,1),(-5,1), (-5,7), (-2,7)
Keterangan :
Titik kordinat dibalik, x menjadi –y dan y menjadi –x. Tanda dibalik, misal negative menjadi positif, dan positif menjadi negatif
164.
Arif akan mengukur tiang
bendera yang berada
2 meter di depannya. Tinggi
badan Arif 120 cm dan memandang puncak tiang bendera
dengan sudut elevansi 450.
Tinggi
tiang bendera tersebut adalah …m
a. 1,8 b. 2 c. 2,2 d. 3,2
Keterangan:
120 cm= 1,2
2 m
Tgn 450 = y
x
1 = y
2
y =
1 x 2
= 2 m
Tinggi bendera = 2 m + 1,2 m
165.
Diketahui x dan y memenuhi persamaan 2x – y =4 dan x -2y = 8, maka
nilai x dan y
adalah …
a. (-4,0) b. (0,-4) c. (0,4) d. (4,0)
Keterangan:
Cara 1 : dari pilihan
jawaban langsung dimasukkan ke persamaan (cara
cepat) Cara 2 : menggunakan cara
eliminasi dan subtitusi
166.
Sejarah dapat memberikan kesenangan dan rasa estetis karena penulisan sejarah
mampu manarik pembaca berkreasi, ini berarti bahwa
kegunaan sejarah sebagai
…
a.
Edukatif b. Inspirasi c. Rekreatif d. Instruktif
Keterangan:
-
Edukatif : mengandung nilai pendidikan
-
Inspirasi : memberikan inspirasi/ilham
-
Instruktif : pengajaran tentang
keterampilan berfikir dan fisik
-
Politik : penulisan sejarah
tentang pemerintahan
167.
Dalam ekosistem sawah dijumpai
komponen biotik sebagai berikut: genjer, kangkung, ulat,
belalang, kupu-kupu, padi,
katak, keong, cacing,
tikus, ular, burung pipit, kadal, dan burung
elang. Komponen biotik
yang menunjukkan urutan
rantai makanan adalah ….
a.
Padi àbelalang à katak à ular
b.
Kangkung àulatà kadal
àtikus
c.
Genjer à ulatà
kadal à burung
d.
Cacing àpadi àburung
pipitàburung
168.
Ketika terjadi suatu konflik dalam negara Indonesia dan
masyarakat menyelesaikan dengan
melihat aspek aspek
sosial, ekonimi, sejakar,
psikologi, dan antropologi, maka penyelesaian tersebut termasuk
dilakukaan dengan pendekatan ....
a.
Interdispliner c.
Disipliner
b.
Mono disiplin d. Separated (terpisah-pisah)
169. Sifat bahasa salah satunya
adalah sistematik karena
....
a.
Unsur-Unsur Bahasa Dipilih
Secara Acak Tanpa
Dasar
b.
Bentuk Dasar Bahasa
Adalah Ujaran Dan Media Bahasa
Adalah Bunyi
c.
Bahasa Dapat Berfungsi Selama Manusia Memanfaatkannya
d. Bahasa Memiliki Pola Dan Kaidah
Yang Harus Ditaati
Agar Dapat Dipahami Oleh Pemakaiannya
170.
Berdasarkan pendekatan saintifik,
siswa melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan
volume tabung dengan
volume kerucut dengan
cara ... .
a.
Dipilih alat peraga tabung
dan kerucut yang
mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian menggunakan pasir untuk
mengisi kerucut dan dimasukkan tabung sebanyak sepertiga kali
b.
Dipilih alat
peraga tabung dan kerucut yang
mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian menggunakan pasir untuk
mengisi kerucut dan dimasukkan tabung sebanyak tiga kali
c.
Dipilih alat peraga tabung
dan kerucut yang
mempunyai alas dan tinggi
kerucut setengah dari
tinggi tabung, kemudian menggunakan pasir untuk mengisi kerucut
dan dimasukkan tabung
sebanyak tiga kali
d.
Dipilih alat peraga tabung
dan kerucut yang
mempunyai alas dan tinggi
kerucut setengah dari
tinggi tabung, kemudian menggunakan pasir untuk mengisi kerucut
dan dimasukkan tabung
sebanyak sepertiga kali
171.
Beragam usaha dunia dalam penegakan
hukum bisa dipandang dari banyaknya peraturan serta
lembaga HAM diantaranya ....
a.
Perjanjian tentang hak sipil
dan politik (Convenant on civil and political rights) Diputuskan PBB pada th. 1966, walau
demikian baru bisa
dikerjakan pada th.
1996
b.
Deklarasi umum hak asasi
manusia (DUHAM) yang disebul The Universal Declaration of Human Rights. Dengan
diputuskannya piagam hak asasi manusia sedunia, maka
secara moral mengikat semua negara-negara yang tergabung dalam
PBB untuk melakukannya
c.
Konvensi tentang segala bentuk
diskriminasi pada perempuan (Convention
on the elimination of all form of discrimination against women) Diskriminasi gender berarti perbedaan atas dasar warna
kulit
d. Perjanjian pemberantasan dan
penghukuman tindak pidana
apartheid (th. 1973) Apartheid yaitu diskriminasi atau pembedaan hak-hak
kemanusiaan atas dasar jenis kelamin
172.
Strategi-strategi yang
dapat digunakan oleh
anak dalam memperoleh bahasa sebagai berikut, yaitu ....
a.
Peniruan, Pengalaman, Bermain, Penyederhanaan Dan Berpikir
b.
Peniruan,
Pengalaman, Mengingat, Bermain, Dan Penyederhanaan
c.
Pengalaman, Mengingat, Bermain,
Penyederhanaan Dan Berpikir
d.
Peniruan, Pengalaman, Bermain,
Penyederhanaan Dan Berimajinasi
173.
Pelaksanaan pendidikan nilai selain
dapat melalui taksonomi Bloom dkk, dapat juga menggunakan jenjang afektif
berupa ....
a.
Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai
(organization), individualissai nilai (characterization).
b.
Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai
(transfering), karaterisasi nilai
(characterization).
c.
Penerimaan nilai
(receiving), penaggapan nilai
(responding), penghargaan nilai (valuing),
pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).
d. Penerimaan nilai (receiving), penerapan nilai (emphaty), penghargaan nilai
(valuing), pengorganisasi nilai (organization),
karaterisasi nilai (characterization).
174.
Cerita atau kasus dapat
dijadikan contoh dalam
pembelajaran PKn. Media
yang efektif dalam menyajikan cerita atau kasus
adalah ….
a.
Media audio c. Media visual
b.
Media gambar d. media audiovisual
175. Faktor penghalang terjadinya suatu perubahan adalah….
a.
Masyarakat yang terbuka
terhadap hal-hal yang
baru
b.
Masyarakat yang memiliki inovasi tinggi
c.
Adanya
kepentingan-kepentingan yang sudah
tertanam kuat
d.
Bertambah dan berkurangnya penduduk
176.
Bu
Nani akan mengadakan arisan di rumahnya.ia membeli sejumlah kue untuk
disajikan pada tamu,
yaitu 48 buah
kue sus, 84 kue dadar
gulung, 60 buah
kue putu dan 96 buah keu bolu kukus. Kue-kue tersebut akan disajikan di atas piring
sebanyak-banyaknya. Berapakah banyaknya piring yang dibutuhkan untuk menyajikan
kue-kue tersebut?
a. 12 b. 8 c. 10 d. 14
Keterangan:
FPB 48,84,60, dan 96 = 12
177.
Bu Tini akan mengajarkan materi operasi pengurangan bilangan bulat menggunakan alat peraga kartu-kartu bilangan positif dan negatif,dengan
perjanjian satu kartu
positif bernilai 1, satu kartu
negatif bernilai (-1),satu kartu positif dan satu kartu
negatif didekatkan bernilai
netral. Bu Tini menyuruh seorang siswa untuk mendemosntrasikan di depan kelas.
Ambil kartu negatif
sebanyak 5 buah kemudian tambahkan kartu netral sedemikian hingga bisa mengambil
tujuh buah kartu bertanda
positif, maka kartu
yang tersisa adalah
hasil operasi tersebut. Menurut Anda,
siswa tersebut sedang
memperagakan operasi.....
a. -5
– 7 = ...... b. -5 – (-7) = ..... c. -5 + 7 =.....
d. -5 + (-7) =.....
Kererangan:
diambil
178.
Hasil penilaian dan evaluasi terhadap proses belajar
mengajar dapat dimanfaatkan sebagai ....
a.
Bahan
penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya
b.
Penentuan ranking kelas
c.
Bahan mengisi rapor
siswa
d.
Penentuan ranking sekolah
179.
Orang yang berenang karena
pembiasan cahaya maka yang terjadi
adalah orang yang berenang
akan terlihat pendek
180. Bentuk Perubahan social budaya
-
Perubahan sosial budaya lambat
(evolusi): perubahan memerlukan serangkaian perubahan kecil dan dalam
waktu yang cukup
lama. Perubahan karena
usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan
-
Perubahan sosial budaya cepat
(revolusi): menyangkut sendi-sendi kehidupan masyarakat
-
Perubahan sosial budaya kecil:
perubahan terjadi pada unsur struktur
sosial namun tidak mempengaruhi masyarakat secara
langsung. Contoh pemakaian jean
-
Perubahan sosial budaya: berpengaruh pada masyarakat. Contohnya perubahan pada rezim
pemerintahan mempengaruhi kebijakan pemerintah
-
Perubahan sosial direncanakan:
reaksi dari perubahan yang telah terjadi sebelunya
-
Perubahan sosial yang
tidak direncanakan
181.
Apabila ada uang koin
dimasukan ke dalam
cangkir yang tidak
bening. Koin akan tetap telihat oleh mata
kita karena pembiasan cahaya
182.
Besi B dengan koefisien muai lebih besar
dari besi A jika dipanaskan menjadi besi B akan lebih
panjang dari besi
A
183.
Mencari luas permukaan kerucut jika diketaui volumenya dan jari-jari
K L M N
Pernyataan yang benar adalah K=Selatan dan M=Selatan
184.
Bahasa Indonesia sebagai
bahasa nasional:
-
Lambang kebangsaan
-
Lambang identitas nasional
-
Alat penghubung antar
warga, antar daerah,
dan antar budaya
-
Alat pemersatu berbagai
suku dan latar
belakang sosial budaya
185.
Bahasa Indonesia sebagai
bahasa negara:
-
Bahasa Resmi Kenegaraan,
-
Bahasa Pengantar Dalam
Pendidikan,
-
Alat Perhubungan Pada
Tingkat Nasional Dalam
Perencanaan dan Pelaksanaan ,
-
Alat Pengembangan Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan Dan
Teknologi
186.
Kedudukan Pancasila sebagai pemersatu untuk memecahkan perbedaan dan pertentangan politik diantara golongan dan kekuatan politik
disebut sebagai ideologi persatuan
-
Pancasila sebagai dasar negara: landasan atau sumber
tertib hukum di Indonesia
-
Pancasila sebagai ideologi negara:
pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa. Pancasila sebagai ideologi terbuka dan bersifat
fleksibel
-
Pancasila sebagai siste filsafat:
pemikitan tentang manusia berhubungan dengan tuhan,
dengan diri sendiri, dengan sesama, dengan
masyarakat bangsa
-
Pancasila sebagai sistem etika: etika yang mendasarkan penilaian
baik dan buruk terhadap nilai-nilai pancasila
187.
Factor internal dalam fotosintesis yang paling berpengaruh adalah banyaknya klorofil
Factor eksternal dalam fotosintesi yang
paling berpengaruh adalah cahaya matahari
188. Kegiatan menyimak dan berbicara termasuk aktifitas reseptif dan produktif
Keterampilan menyimak reseptif Keterampilan berbicara produktif
Keterampilan membaca reseptif
Keterampilan menulis produktif
189. Asas kewarganegaraan:
-
Asas ius sanguinis adalah pengakuan kewarganegaraan didasarkan pada darah keturunan(Indonesia, Cina,
Malaysia)
-
Asas ius soli adalah pengakuan kewarganegaraan didasarkan pada tanah
kelahiran(Amerika, Inggris, Jerman)
-
Bipatride
adalah kewarganegaraan ganda
(WNI melahirkan anak di Amerika)
-
Apatride adalah tidak mempunyai kewarganegaraan (Warga negara Amerika melahirkan anak
di Indonesia)
190.
Faktor penghalang terjadinya perubahan social budaya
-
kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
-
perkembangan iptek yang terlambat
-
sikap masyarakat tradisional
-
adanya
kepentingan yang tertanam
dengan kuat
-
rasa
takut terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan
191. Perbedaan IIS dan IPS
Unsur
|
IIS
|
IPS
|
Tingkatannya
|
Diberikan di PT
|
Diberikan Sekolah dan PT
|
Batasan dan
ukuran
|
Lebih luas
|
Lebih sempit
|
Tingkat
kesulitan
|
Menyelidiki
aneka ragam relationship yang serba komplek
dan hal-hal abstrak
|
Menyelidiki
konsep-konsep dan generalisasi yang disederhanakan
|
Tujuannya
|
Menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai fokus tujuannya
|
Penanaman BASK
(Behavior, Attitude, Skill, dan Knowledge)
|
Pendekatan
|
Disipliner
|
Interdisipliner
|
Kerangka
kerja
|
Pengembangan teori dan prinsip ilmiah
|
Arti praktisnya dalam mencari alternatif pemecahan masalah
sosial
|
192.
Penggunaan huruf miring
dipakai untuk:
a.
Penulisan judul
buku, nama majalah,
atau surat kabar yang dikutip
dalam tulisan, termasuk dalam
daftar pustaka
b.
Menegaskan huruf, bagian kata,
kata, dalam kalimat
c.
Ungkapan bahasa daerah
atau asing
193.
Yang terjadi pada rantai makanan bila konsumen 1 habis adalah produsen/tumbuhan hijau meningkat dan konsumen 2 akan berkurang
194. Pernafasan dada
saat inspirasi:
a.
Rongga dada/tulang rusuk
terangkat
b.
Volume dada membesar
c.
Tekanan udara di paru-paru lebih rendah
d.
Udara masuk
Pernafasan perut
saat inspirasi:
a.
Diafragma mendatar
b.
Rongga dada membesar
c.
Tekanan udara di paru-paru
turun
d.
Udara masuk
195. Pernafasan eksternal terjadi di alveolus. Darah diikat melalui
difusi
Pernafasan internal terjadi di jaringan tubuh.
Proses pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam darah berlangsung
dalam respirasi seluler
196.
Mencari amanat dalam cerita
“ Ratu mempunyai anak 2 yang tampan gagah
tetapi bertindak sewenang-wenang dan 1 anak
yang cacat dan bijaksana dan diasuh oleh pembantunya. Wilayah kerajaan terkena
musibah dan diduga
musibah itu kutukan akibat perbuatan 2 pangeran yang jahat”
Amanatnya: kesabaran akan membuahkan
hasil
197.
Perubahan kimia(tetap): menghasilkan
zat baru Contohnya
: nasi menjadi
bubur, buah busuk,
kayu dibakar
Perubahan fisika (sementara) : tidak menghasilkan zat baru dan
hanya mengalami perubahan wujud
Contohnya
: lilin dibakar, mentega dilelehkan, es mencair
198.
Awalan me- bila bertemu
dengan kata dasar
yang berawalan huruf
KTSP maka huruf tersebut akan meluruh.
Kata
dasar “contek” itu tidak ada, yang ada adalah “sontek” maka apabila
mendapat awalan
me- maka S meluruh dan menjadi menyontek
199. Bu Lina
mengajar di kelas
3, dia memiliki siswa yang
nakal, penyebabnya adalah
…
a.
Siswa tidak mau manaati peraturan c. Siswa tidak mau mantaati peraturan
b.
Tata tertib yang
kurang mengikat d…..
200.
Bu
Nani adkan mengadakan arisan di rumahnya.ia membeli sejumlah kue
untuk disajikan
pada tamu, yaitu
48 buah kue sus, 84 kue dadar
gulung, 60 buah
kue putu dan 96 buah keu bolu kukus. Kue-kue tersebut akan disajikan di atas piring
sebanyak-banyaknya. Berapakah banyaknya piring yang dibutuhkan untuk menyajikan
kue-kue tersebut?
a. 12 b. 8 c. 10 d. 14
Keterangan:
FPB 48,84,60, dan 96 = 12
201. Tes karbohidrat : kertas, pemanas,
panci, ….
Tes makanan jenis amilum(tepung) :
lugol/kalium yodida
Tes makanan mengandung gula (monosakarida dan
disakarida): benedick/fehling A dan B
Tes lemak
: kertas, pemanas, panci, etanol
Tel protein: ditetesi larutan biuret/millon/molisch
Tes vitamin c: metilen blue
202. Penyakit saluran pernafasan
-
Asfiksi: gangguan pengangkutan oksigen
ke jaringan. Penyebabnya alveolus terisi air saat
tenggelam, hemoglobin mengikat
karbonmonoksida
-
TBC : paru-paru yang berbintil kecil
karena infeksi mybacterium tuberculesis
-
Anthrakosis: disebabkan masuknya debu tambang
203.
UU Nomor 12 tahun 2006 memungkinkan
dwi kewarganegaraan secara terbatas yaitu usia anak sampai
18 tahun dan belum menikah
204.
Melengkapi puisi Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa Hanya memberi ….
Bagai sangsurya menyinari dunia
205. Perolehan bahasa:
-
Monolingual : perolehan satu bahasa
-
Bilingual : perolehan lebih dari satu
bahasa secara bersamaan
206.
- Kegiatan prabaca:
membuat prediksi
-
Kegiatan saat baca: menggunakan
strategi yaitu metakognitif, close prosedur, pertanyaan pemandu
-
Kegiatan pascabaca : memperluas kesempatan belajar, mengajukan pertanyaan, mengadakan pameran visual,
melaksanakan pemantasan teater,
menceritakan kembali, penerapan hasil belajar
207.
Kegiatan pramenulis: menemukan ide
gagasan, menentukan judul, memilih bentuk tulisan, membuat
kerangka karangan, mengumpulkan bahan-bahan
-
Kegiatan saat menulis:penjabaran ide
dalam bentuk kalimat, mengembangkan
kerangka karangan
-
Kegiatan pascamenulis: merevisi, mengedit, menyajikan atau mempublikasikan tulisan
208.
Kertas dan besi dijatuhkan dari ketinggian yang sama maka
besi akan jatuh
dahulu karena hambatan udara
terhadap kertas lebih
besar
209. Metode membaca:
-
Metode bunyi : konsep disuarakan. Diawali memperkenalkan huruf vokal, kemudian diperkenalkan dengan
suku kata dengan
merangkai huruf yang sudah
dikenal
-
Metode eja abjad: pengenalan huruf
a sampai z kemudian dikenalkan dengan suku kata dengan
cara merangkaikan beberapa
huruf yang sudah
dikenalnya
-
Metode kupas
rangkai suku kata: pengenalan suku kata, suku kata menjadi
kata, kata menjadi kalimat sederhana, pengintegrasian kegiatan
perangkaian dan pengupasan suku kata
-
Metode kata lembaga : menyajikan kata yang sudah
dikenal anak, diurai
menjadi suku kata, diurai
menjadi huruf, huruf
menjadi suku kata
dan kata, dirangkai
menjadi pola kalimat sederhana
-
Metode Global: memperkenalkan gambar dan kalimat, menguraikan kalimat menjadi kata, kta
menjadi suku kata,
suku kata menjadi
huruf
-
Metode SAS : memperkenalkan gambar
utuh dan kalimat
secara umum, gambar diuraikan satu persatu dan diberi kalimat
sesuai gambar. Kemudian satu persatu kalimat akan
diuraikan menjadi kata,
kata menjadi suku
kata, suku kata
menjadi huruf kemudian dirangkai dari huruf menjadi
suku kata, suku kata menjadi
kata, kata menjadi kalimat
210.
Guru dalam pembelajaran PKN memberikan penekanan pada perubahan nilai-nilai melalui bermain peran dan keteladanan. Pendekatan yang tepat digunakan
adalah…
a.
Pendekatan penanaman nilai c. Pendekatan analisis nilai
b.
Penanaman moral d. Pengungkapan nilai
211.
Untuk memfasilitasi siswa menemukan pengetahuan tentang makanan
sehat secara konkrit dan bermakna. Sesuai
tahap perkembangan siswa
a.
Mengamati power poin c. Gambar makanan sehat
b.
Kartu makanan d. Mengamati berbagai makanan sehat
212.
Pak danu membelajarkan tentang
wujud benda, tujuan
menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan 3 wujud zat.
Media yang tepat….
a.
Air hangat, c. Es batu,
gelas erlemenyer,
b.
. d. Es batu, gelas,
dan termometer
213.
Pembelajaran kooperatif mendukung esensi
yang terkait dg IPS SD. Simpulan ttg ket social adalah
a.
mengklasifikasi gagasan c. mengklasifikasikan dengan obyek
b.
Membuat kesimpulan
dengan logika d. Mengolah informasi
214.
Ali kelas 5 ketika
diadakan ulangan akhir
semestersecara diam-diam dia menyontek. Guru
mengalami kesulitan mengatasi hal ini. Tindakan
yang tepat dilakukan
guru, kecuali
a.
Membiasakan siswa berperilaku jujur
b.
Guru menjelaskan pada
siswa untuk bekerja
sendiri
c.
Menyontek merupakan perbuatan tidak baik dan harus dihindari
d.
Memberikan peluang siswa
menjelaskan mengapa dia menyontek
215.
Jika rumusan indicator “terampil mengkomunikasikan hasil kerja dalam bentuk laporan kegiatan,” maka aspek-aspek penilaian untuk menilai indicator tersebut adalah….
a.
Sistematika laporan, isi laporan , data obyektif
b.
Sistematis, komunikatif lancar,
intonasi, dan ekspresif
c.
Sistematika laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi
d.
Sistematika, isi laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi serta
onyektif
216.
Dila sudah pandai menuliskan namanya sebelum ia masuk SD. Kemungkinan
besar bu Indah,
guru TK-nya telah
mengenalkan menulis permulaan. Selain diajari
menuliskan namanya, Dila
juga dikenalkan menulis
kata yang dia tahu, misalnya bu-ku, ba-ju,
sa-tu, dan sebagainya. Metode yang digunakan Bu Indah dalam mengenalkan kata dinamakan metode….
a.
Bunyi b. Suku
kata c. Kata
lembaga d. SAS
217.
Setiap jenis karangan memiliki maksud tertentu. Wacana
narasi ditulis dengan maksud untuk memenuhi keingintahuan pembaca tentang apa yang terjadi.
Dengan kata lain karangan narasi adalah karangan
yang….
a.
Menjelaskan informasi factual
b.
Menyajikan serangkaian peristiwa
c.
Menjelaskan terjadinya sesuatu
d.
Menggambarkan sesuat hal yang
sehidup-hidupnya
218.
Untuk membelajarkan kompetensi dasar
“mendeskripsikan benda-benda di sekitar
dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampua
awal/prasarat yang harus
dimiliki siswa adalah
kemampuan….
a.
Membuat karangan diskriptif c. Membaca kalimat
sederhana
b.
Melengkapi kalimat
belum selesai d. Menyusun
kalimat sederhana
219.
Berdasarkan pendekatan saintifik,
siswa melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan volume tabung dengan
volume kerucut dengan
cara…..
a.
Memilih alat peraga tabung
dan kerucut yang
mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian kerucut
diisi pasir dan diisikan pada
tabung sebanyak tiga
kali.
b.
Memilih alat peraga tabung
dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir
dan diisikan pada tabung
sebanyak tiga kali
c.
Memilih alat peraga tabung
dan kerucut yang
mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian tabung
diisi pasir dan diisikan pada
kerucut sebanyak tiga
kali
d. Memilih alat peraga
tabungdan kerucut, kemudian tabung diisi pasir
dan diisikan pada kerucut
sebanyak tiga kali
220.
Untuk membelajarkan kompetensi dasar
“mendeskripsikan benda-benda di sekitar
dan fungsi anggota
tubuh dengan kalimat
sederhana, maka kemampuan awal/prasarat yang
harus dimiliki siswa
adalah kemampuan….
a.
Membuat karangan diskriptif c. Melengkapi kalimat
belum selesai
b.
Membaca kalimat sederhana d. Menyusun kalimat sederhana
221.
Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah
discovery learning. Salah
satu langkah model tersebut adalah identifikasi
masalah. Pada tahap tersebut, siswa diberikan kesempatan
mengidentifikasikan sebanyak-banyaknya masalah yang relevan dengan bahan
pelajaran. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan danjaring-jaring
makanan, maka kegiatan identifikasi masalah
yang paling benar
adalah…..
a.
Siswa berdiskusi untuk
menentukan rumusan masalah
b.
Siswa berdiskusi untuk
merumuskan hipotesis
c.
Siswa berdiskusi tentang jawaban masalah
d.
Siswa berdiskusi untuk
membuat pertanyaan
222.
Salah satu indicator pembelajaran IPA kelas V adalah menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi proses
fotosintesis. Untuk mencapai
indicator tersebut, Bu
Dina melaksanakan pembelajaran menggunakan
pendekatan saintifik. Kegiatan megkomunikasikan tentang perbedaan tumbuhan
yang diletakkan di tempat gelap dan terang dalam diskusi
kelas yang paling efektif
adalah….
a.
Siswa melaporkan proses
dan hasil pengamatan
b.
Siswa mengumpulkan laporan
percobaan
c.
Siswa menyajikan tabel
hasil pengamatan
d.
Siswa mengumpulkan laporan
pengamatan
223.
Setiap jenis karangan memiliki
maksud tertentu. Wacana
narasi ditulis dengan maksud untuk memenuhi keingintahuan pembaca tentang apa yang terjadi.
Dengan
kata lain karangan narasi adalah karangan yang……
a.
Menjelaskan informasi factual
b.
Menyajikan serangkaian peristiwa
c.
Menjelaskan terjadinya sesuatu
d.
Menggambarkan sesuatu hal
yang sehidup-hidupnya.
LINK LINK SOAL PPG TAHUN 2019
0 comments:
Posting Komentar