61.
Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1)
Mengorganisasi siswa
dalam belaja
2)
Orientasi siswa pada
masalah
3)
Membimbing penyelidikan
siswa secara mandiri atau kelompok
4)
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran
Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
a. 1-2-3-4 b. 2-3-1-4 c.3-2-1-4 d.2-3-1-4
62.
Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
berikut ini.
1)
Orientasi siswa pada
masalah
2)
Mengorganisasi siswa dalam
belajar
3)
Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau
kelompok
4)
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
5)
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Fase-fase
pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....
a. discovery
Learning c.
Project
Based Learning
b. problem
solving learning d. problem based learning
63. Saat diskusi
pembelajaran berlangsung , siswa sangat ribut. Hal tersebut sudah
beberapa kali diingatkan guru tetapi siswa tidak mengindahkannya. Kata-kata
santun yang dapat digunakan untuk menasehati siswa tersebut adalah ….
a. Tolong
hindari keributan karena dapat mengganggu hasil belajar dan proses
pembelajaran. Selain itu kelas yang lain akan merasa tidak nyaman dalam belajar
b. Ibu bangga
dan senang kalian berdiskusi sangat aktif karena semua berbicara
c. Ibu
senang kalian aktif dalam berdiskusi, tetapi sebaiknya dalam berdiskusi
suara jangan terlalu nyaring karena dapat mengganggu antarkelompok dan kelas
sebelah
d. Tolong
jangan ribut karena mengganggu pelajaran dan kelas sebelah
Keterangan:
Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain:
1.
Menciptakan suasana yang menguntungkan.
2.
Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap
dan dimengerti.
3.
Pesan yang disampaikan dapat menggugah
perhatian atau minat di pihak komunikan.
4.
Pesan dapat menggugah kepentingan
dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
5.
Pesan dapat menumbuhkan sesuatu
penghargaan atau reward di pihak komunikan.
Lima komponen atau unsur penting dalam komunikasi
1.
Pengirim pesan (sender),
2.
Pesan yang dikirimkan (message),
3.
Bagaimana pesan tersebut dikirimkan
(delivery channel atau media),
4.
Penerima pesan (receiver),
5.
Umpan balik (feedback).
64.
Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah
menguasai suatu kompetensi, merupakan…
a. tujuan
penilaian b. prinsip penilaian
c. fungsi
penilaian d. hasil
penilaian
65.
Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok
peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program
pengayaan merupakan….
a. prinsip
penilaian b. tujuan
penilaian c. fungsi penilaian d. bentuk penilaian.
66.
Fungsi penilaian yang tepat adalah …
a.
alat meningkatkan prestasi peserta
didik
b.
alat untuk menemukan gaya belajar peserta
didik
c.
membantu peserta didik memahami materi pembelajaran
d.
sebagai kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan
tentang kemajuan perkembangan peserta didik.
67.
Assesment hasil belajar peserta didik harus
memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali …
a. objektif
b. adil
c. kooperatif d. terpadu.
68.
Penilaian yang didasarkan pada
data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan
prinsip penilaian yang …
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
69.
Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan,
baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan
prinsip penilaian yang…
a. adil
b. akuntabel c.
valid
d. sistematis
70.
Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap
dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal
tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
71.
Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
a. ditujukan
untuk mengukur pencapaian kompetensi
b. menggunakan
acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
c. ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
d.
dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya
banyak yang jelek
72.
Serangkaian kegiatan untuk menetapkan angka terhadap
suatu gejala menurut aturan tertentu adalah …
a. Pengukuran b. penilaian
c. Tes
d. evaluasi
73.
Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat
menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah…
a.
Pengukuran b. tes c.
penilaian d. evaluasi
74.
Seperangkat pertanyaan yang memiliki jawaban benar
atau salah adalah...
a. Tes b.
penilaian c. evaluasi d. pengukuran
75.
Suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk
menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu adalah….
a. Pengukuran b. penilaian c.
evaluasi d. tes
76.
Pernyataan yang benar terkait dengan pengertian
penilaian, pengukuran, tes, dan evaluasi adalah …
a.
Bagian dari evaluasi adalah pengukuran dan
penilaian.
b.
Pengukuran dapat dilakukan melalui tes dan evaluasi.
c.
Penilaian diperoleh melalui pengukuran dan evaluasi.
d.
Tes dapat mengukur penilaian dan evaluasi.
77.
Penentuan Kriteria ketuntasan minimal
setiap Standar Kompetensi (SK) mencapai
ketuntasan belajar minimal yang telah
ditetapkan berdasarkan….
a.
Seluruh KD yang terdapat dalam SK tersebut
b.
Seluruh indikator yang terdapat dalam KD
tersebut
c.
Beberapa indikator yang terdapat dalam KD
tersebut
d.
Nilai KKM yang telah ditetapkan dalam KD
tersebut
78.
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan
menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap
unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor…
a.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan
guru
b.
Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
c.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan
intake siswa
d.
Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar,
dan intake siswa
79.
Untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
suatu KD atau Indikator KD harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain,
yaitu....
a.
Ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh
satuan pendidikan
b.
Ditetapkan pada awal tahun oleh satuan pendidikan.
c.
Ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh guru mapel.
d.
Ditetapkan pada awal semester oleh satuan pendidikan.
80.
Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali...
a.
sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran
b.
merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran
c.
dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam
melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
d.
sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang
dapat dilakukan melalui
metode kualitatif atau
kuantitatif
81.
Penetapan KKM mata
pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya
dukung, dan intake peserta didik. Suatu indikator dikatakan memiliki tingkat
kompleksitas tinggi, apabila dalam pencapaiannya didukung oleh suatu kondisi
sebagai berikut....
a. Peserta didik memiliki kemampuan penalaran yang cukup
rendah dan terampil menerapkan konsep
b. Guru
menguasai pengetahuan dan kemampuan yang memadai sesuai bidang yang diajarkan
c. Guru mampu memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang konvensional
d. Waktu yang relatif lama untuk memahami materi karena memiliki tingkat kesulitan dan
kerumitan yang rendah.
82.
Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
a.
Pencapaian standar kompetensi
b.
Pencapaian
kompetensi dasar.
c.
Pencapaian tujuan pembelajaran
d.
Pencapaian standar kelulusan
83.
Untuk menentukan tindak lanjut
pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah …
a.
Menilai tingkat pencapaian hasil belajar
siswa
b.
Menambah bahan
pelajaran baru
c.
Mengetahui jumlah
siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
d.
Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
84.
Instrumen yang diguanakan untuk menilai
perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah …
a. Pedoman observasi c. Kuesioner
b. Pedoman wawancara d.
Tes hasil belajar
85.
Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan
hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan adalah ...
a.
Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
b.
Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada
seluruh peserta didik
c.
Memberikan bantuan
belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
d.
Menugaskan seluruh peserta didik membaca
buku sumber
86.
Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah
yang pertama kali harus dipelajari …
a. Buku sumber yang digunakan c. Kurikulum dan silabus
b. Indikator pencapaian kompetensi d. Kemampuan awal siswa
87.
Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya …
a.
penilaian berdasarkan data yang
mencerminkan kemampuan yang harus diukur
b.
penilaian merupakan bagian yang tak
terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
c.
penilian berdasarkan kriteria yang jelas
tentang kompetensi yang harus dicapai
d.
penilaian harus
berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
88.
Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi
persayaratan berikut, kecuali …
a.
Konstruksi butir soal memenuhi
persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
b.
Substansi yang diukur mempresentasiukan
kompetensi yang dinilai
c.
Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai
dengan taraf perkembangan peserta didik
d.
Digunakan untuk
ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
89.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada
prinsipnya merupakan …
a. Nilai batas ambang kompetensi
b. Nilai
minimal yang dicapai peserta didik
c. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
d. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
90.
Untuk mengetahui prestasi belajar yang
dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan
dengan menghitung nilai …
a.
Mean b. Modus c.
Median d.
Simpangan baku
91.
Standar penilaian pendidikan merupakan
acuan bagi guru dalam melaksanakan …
a.
Penilaian hasil
belajar peserta didik
b.
Penilaian proses pembelajaran yang
dilakukan guru
c.
Penilaian silabus dan RPP
d.
Penilaian standar kompetensi lulusan
92.
Penilaian adalah penafsiran hasil
pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta
didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang
agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara
penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
a. Objektivitas b. Transparan c. Bermakna d. Menyeluruh
93.
Ketika
Anda tahu bahwa guru telah
berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?
a.
Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
b.
Menyampaikan laporan ke atasannya
c.
Menyusun rencana
tindak lanjut
d.
Menyusun laporan hasil pemantauan
94.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta
didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru
sebagai berikut …
a.
Memberikan tambahan materi berupa sumber
ajar dari pengarang yang berbed
b.
memberikan test tambahan dengan tingkat
kesukaran lebih tinggi
c.
memberikan tambahan sumber bacaan yang
lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang
sesuai
d.
diberikan materi
bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
95.
Dasar rancangan program remidi bagi
peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
a.
proses pengajaran remedial pada dasarnya
adalah proses belajar mengajar biasa
b.
tujuan pengajaran remedial adalah sama
dengan test diagnostik
c.
sasaran terpenting
pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d.
strategi yang dipilihhanya berbentuk test
ulang
96.
Salah satu prinsip merancang program
remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
a.
Membuat rancangan pembelajaran khusus
untuk siswa peserta remedial
b.
Menggunakan rancangan pembelajaran yang
telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar
siswa
c.
Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
d.
merancang test ulang saja tanpa ada
pengulangan penjelasan materi
97.
Upaya guru menggunakan hasil analisis
untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut...
a.
Menentukan kriteria keberhasilan belajar
b.
Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil
capaian belajarnya
c.
Mencari letak
kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d.
Merencanakan pengajaran remidi
98.
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan
dengan cara ….
a.
Memberikan penilaian menyeluruht erhadap
tugas-tugas siswa
b.
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban
hasil test harian dan sumatif tiap siswa
c.
Mengumpulkan hasil
kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan
siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d.
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban
hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok
bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
99.
Penilaian hasil belajar siswa didasarkan
pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil
post test disebut ....
a. Konstruktivisme c.
Authentic assesment
b. Efektif d.
kondusif
100.
Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan
peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya
belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan
individual peserta didik.
Pernyataan di atas termasuk salah
satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
a. Fleksibilitas b. Interaktif c. Adaptif d. Kesinambungan
101.
Pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta
didik untuk secara intensif berhubungan dan berkomunikasi dengan pendidik dan
sumber belajar yang tersedia. Hal ini didasarkan atas pertimbangan bahwa
kegiatan belajar peserta didik yang bersifat perbaikan perlu selalu mendapatkan
monitoring dan pengawasan agar diketahui kemajuan belajarnya.
Pernyataan di atas termasuk salah satu prinsip
yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
a.
Fleksibilitas b. Interaktif c.
Adaptif d. Kesinambungan
102.
Bentuk perlakuan pembelajaran remedial dilakukan
berdasarkan keterserapan KD pada ketuntasan klasikal. Bila ketuntasan
klasikalnya kurang dari 50% artinya yang mengikuti pembelajaran remedial lebih
dari 50% maka remedial dilakukan dengan….
a.
memberikan pembelajaran ulang dengan metode
dan media yang berbeda.
b.
bimbingan secara khusus
c.
tutor sebaya
d.
penugasan secara berkelompok
103.
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran diperoleh
hasil sebagai berikut. Dari 32 siswa yang mengikuti ulangan harian dinyatakan
belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti
program remedial. Bentuk perlakuan pembelajaran
remedial berdasarkan data di atas adalah….
a.
memberikan pembelajaran ulang dengan metode dan media
yang berbeda.
b.
bimbingan secara khusus
c.
tutor sebaya
d.
penugasan secara berkelompok
104.
Langkah-langkah yang perlu dikerjakan dalam pemberian
pembelajaran remedial antara lain mendiagnosis kesulitan belajar. Faktor yang
mempengaruhi kesulitan belajar ringan antara lain…
a.
Faktor keluarga karena perceraian orang tua
b.
Faktor pergaulan karena dikucilkan teman-teman
c.
Faktor pribadi kurang perhatian saat
pelajaran
d.
Faktor individu karena mengalami ketunaan pada diri
siswa
105.
Ada beberapa teknik untuk mendiagnosis kesulitan
belajar dalam rangka melaksanakan pembelajaran remedial. untuk mengetahui
kesulitan peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu. Misalnya dalam
mempelajari operasi bilangan, apakah peserta didik mengalami kesulitan pada
kompetens penambahan,
pengurangan, pembagian, atau perkalian digunakan teknik….
a. Tes prayarat c. Tes diagnostik
b. Wawancara d.
Pengamatan
106.
Setelah diketahui kesulitan belajar yang dihadapi
peserta didik, langkah berikutnya adalah memberikan perlakuan berupa
pembelajaran remedial. Salah satu bentuk pelaksanaan pembelajaran adalah peserta
didik diberi latihan intensif (drill) untuk
membantu menguasai kompetensi yang ditetapkan dan agar tidak mengalami
kesulitan dalam mengerjakan tes akhir. Kegiatan tersebut merupakan bentuk
pelaksanaan pembelajaran remedial dengan….
a.
pembelajaran ulang dengan metode dan media yang
berbeda.
b.
Pemberian bimbingan secara khusus
c.
Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus
d.
Pemanfaatan tutor sebaya
107.
Dalam pembelajaran remedial seorang guru memanfaatkan siswa dalam satu kelas yang memiliki
kecepatan belajar lebih untuk membantu siswa
yang mengalami kesulitan belajar. Kegiatan tersebut merupakan bentuk
pelaksanaan pembelajaran remedial dengan….
a.
pembelajaran ulang dengan metode dan media yang
berbeda.
b.
Pemberian bimbingan secara khusus
c.
Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus
d.
Pemanfaatan tutor sebaya
108.
Pembelajaran pengayaan memberikan pelayanan kepada
peserta didik yang memiliki kecerdasan lebih dengan tantangan belajar yang
lebih tinggi untuk membantu mereka mencapai kapasitas optimal dalam belajarnya.
Pembelajaran pengayaan yang berupa program yang bersifat umum yang dirancang
untuk disajikan kepada peserta didik. Sajian dimaksud berupa peristiwa sejarah,
buku, tokoh masyarakat, dsb, yang secara regular tidak tercakup dalam kurikulum
adalah….
a.
Kegiatan eksploratori c.
Keterampilan
proses
b.
Pemecahan masalah d. Kegiatan investigative
109.
Bentuk-bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat
dilakukan dengan cara peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan pembelajaran bersama pada jam-jam pelajaran
sekolah biasa, sambil menunggu teman-temannya yang mengikuti pembelajaran remedial
karena belum mencapai ketuntasan. Bentuk pelakasanaan pembelajaran
pengayaan tersebut adalah…
a. Belajar
kelompok
b. Belajar
mandiri
c. Pembelajaran
berbasis tema
d.
Pemadatankurikulum
110.
Agar dapat menyusun hipotesis tindakan
dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu
adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
a.
merumuskan masalah
b.
mengidentifikasi masalah
c.
Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis
tindakan
d.
menyusun proposal penelitian
111.
Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak
sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala
tersebut menghambat atau mempermudah tindakan
dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
a. Refleksi b.
observasi c. perencanaan d. pelaksanaan
112.
Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan
tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus
yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian
tindakan yang dimaksud adalah ….
a.
observasi --> refleksi -->
perencanaan --> pelaksanaan tindakan
b.
refleksi --> perencanaan -->
pelaksanaan tindakan --> observasi
c.
perencanaan --> observasi -->
pelaksanaan tindakan --> refleksi
d.
perencanaan --> pelaksanaan tindakan
--> observasi --> refleksi
113.
Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang
mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
a.
Apakah pengaruh permainan peran dapat
meningkatkan keaktifan siswa kelas III SD Negeri 2 Boyolali?
b.
Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa
dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas XI IPA 2?
c.
Mengapa siswa SD Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
d.
Bagaimana cara menggunakan alat peraga
yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
114.
Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti
berasal dari ....
a.
kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang
diajak
b.
keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
c.
keinginan untuk membantu guru
d.
kepedulian peneliti akan kinerja guru
115.
Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian
tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….
a.
Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
b.
Kegiatan yang direkayasa
c.
Perencanaan
d.
Upaya empiris dan sistematis
116.
Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara
bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
a. Pengumpulan
data c.
Menganalisis
masalah
b. Mencapai
tujuan d.
Menentukan
ruang lingkup
117. Peran guru
dalam PTK adalah sebagai…
a. Guru b. Penelit c. Guru dan Peneliti d.
Objek
Penelitian
118.
Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan
tindakan, kecuali….
a. Pelaksanaan
tindakan c. Observasi
dan intepretasi
b. Diskusi
balikan d. Analisis data
119. Tujuan PTK adalah…
a. Perbaikan
KBM c. Menyusun teori baru
b. Memperbaiki teori d.
Menyusun generalisasi
120.
Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan
dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
a.
Analisis b. Refleksi c. Observasi d. Diskusi
121.
Latar belakang, tujuan penelitian, dan
manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….
a.
Kesimpulan b. Prosedur penelitian c. Pendahuluan d. Metodologi penelitian
122.
Persiapan awal dalam PTK adalah…
a. Menyiapkan cara wawancara
b. Membuat analisis kelayakan hipotesis
c. Membuat rencana
(perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
d. Menyiapkan fasilitas dan saran
123. Proposal penelitian dalam PTK adalah….
a. Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
b. Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
c. Uraian projek penelitian pendidikan
d. Perencanaan
sistematik untuk melaksanakan PTK
124.
Berikut ini langkah-langkah dalam tahap
perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
a.
Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis
tindakan
b.
Analisis kelaikan hipotesis tindakan
c.
Persiapan tindakan
d.
Observasi dan inperetasi.
125. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi,
lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustasi ini berkaitan
dengan perkembangan ....
a.
kemampuan
kognitif c. kemampuan interaksional
b.
kemampuan integrasi
diri d. kemampuan.komunikatif
126.
Teori ini memandang
belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar
(stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering
hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin
kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud
adalah…
a.
Behaviorisme b. Humanistik c.Sibernetik d.Kontruktivisme
127. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana
ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar
tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
a.
Sibernetik b. Humannistik c. Behaviorisme d.Konstruktivisme
128.
Menurut teori ini,
peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang
pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
a.
Humanistik b. Konstruktivisme c. kognitivisme d.
Nativisme
129.
Pada masa kini siswa
dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di
manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak
jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar
….
a.
Sibernetik b. Konstruktivisme c. Behaviorisme d. Kognitivisme
130. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait
dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang
adalah teori belajar…
b.
Behaviorisme b. Konstruktivisme c. Kognitivisme d. sibernetik
131. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot
ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas
sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan
tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk
15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...
a.
Mengadakan
pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
b.
Digabung dengan siswa
yang belum tuntas ikut remedial
c.
Melanjutkan materi pada
KD selanjutnya
d.
Memberi tugas mengerjakan
lembar kerja siswa
132.
Kegiatan yang harus
dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak
hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan
dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
a.
untuk mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
b.
untuk
mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam
menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
c.
untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
d.
untuk mencapai
kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi
positif dengan peserta pendidik.
133.
Kegiatan yang harus
dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan
refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
a.
Untuk
menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
b.
Untuk melakukan
evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
c.
untuk mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
d.
Untuk mengembangkan
model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
134.
Kegiatan refleksi
merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah
guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran.
Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya
adalah ....
a.
Hasil penilaian
pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
b.
Ada kesadaran pendidik
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
c.
Penilaian dilaksanakan
di akhir pembelajaran
d.
Penilaian
dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
135.
Refleksi terhadap
pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu
pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa
prinsip, di antaranya adalah ….
a.
Penilaian dilaksanakan
di akhir pembelajaran
b.
Ada kesadaran pendidik
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
c.
Penilaian
oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
d.
Hasil penilaian
pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
136.
Untuk mengetahui
keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik
mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan
peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang
dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang
dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan
diantaranya adalah ...
a.
Mengapa peserta didik
tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
b.
Bagaimanakah proses
pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
c.
Apakah kompetensi awal
peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
d.
mengapa
peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang
kita lakukan
PPG LINK 1👈
PPG LINK 1👈
0 comments:
Posting Komentar