Home » » SABAR

SABAR


SABAR

Islam menganjurkan untuk bersabar terhadap 3 hal :

1. Sabar terhadap ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala sampai ia melaksanakannya.

2. Sabar terhadap maksiat sampai ia tidak mengerjakannya.

3. Sabar terhadap takdir-takdir Allah yang menyakitkan.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman yg artinya :
" Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu,  dengan sedikit ketakutan,  kelaparan,  kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yg sabar, yaitu orang-orang yg apabila ditimpa musibah,  mereka mengucapkan :" Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun.' Mereka itulah orang-orang yang mendapat shalawat (pujian) dan rahmat dari Tuhan mereka,  dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS.Al Baqarah :155-157).

Dari Abu Sa'id Al Khudri Radhiyaallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللهُ وًمَا أُعْطِيَ أَحَدُ عَطَاءً خَيْرًا وَأَوْ سَعَ مِنَ الصَّبْرِ
"Dan barangsiapa berusaha untuk sabar,  maka Allah akan memberinya kesabaran. Dan tidaklah seseorang diberi kebaikan yg lebih luas dari pada kesabaran. (Muttafaq alaih,  Al Bukhari No.1469, lafadz  ini miliknya,  dan Muslim No.1053).

Dari Abu Hurairah Radhyaallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallalahu 'alaihi wasallam bersabda :
لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ
" Orang kuat bukanlah orang yang kuat berkelahi. Melainkan,  orang kuat adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah, " (Muttafaq alaih,  Al Bukhari No.6114, lafazh ini miliknya,  dan Muslim No.2609)

Dari Anas bin Malik Radhiyaallahu 'anhu berkata : Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
إنَّ اللهَ قَالَ إِذَا ابْتَلَيْتُ عَبْدِي بِحَبِيبَتَيْهِ فَصَبَرَ عَوَّ ضْتُهُ مِنْهُمَا الْجَنَّةَ
" Sesungguhnya Allah berfirman :' Jika Aku menguji hambaKu dengan (mengambil) kedua kekasihnya (kedua matanya) lalu ia bersabar,  maka Aku akan memberinya pengganti dari keduanya berupa Surga."
(HR. Al Bukhari No.5653)

Dinukil dari kitab Ensiklopedi Islam Kaffah,  karya Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At-Tuwaijiri, hal.339.

Sssttt,  jangan lihat kanan kiri depan belakang atas bawah,  hayya bina !!!

Hai orang-orang beriman,  jadikan sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhya Allah bersama orang-orang yang sabar (QS. Al Baqarah : 153)

Ya Ikhwafillah !!!
Sesuatu yang diimpikan tidak selalu menjadi kenyataan,
Tetapi apa yang tidak diduga berlaku dengan tiba-tiba,
Biarlah kita menangis hari ini karena kesakitan semalam,
Tetapi jangan kita ketawa kepanjangan karena kegembiraan yang belum pasti untuk selama-lamanya.

Subhanallah,  Allahu Akbar..

Hidup tenang diperoleh jika senantiasa bersama Allah, dan Allah hanya akan menyertai orang yang senantiasa membersihkan hatinya....

Sabar lah Ya Ikhwafillah..

Apapun yang diperoleh terimalah dengan senang, syukurilah bahwa itu nikmat dari Allah,, qonaah...

bersihkan jiwa,  lapangkan dada, Jannah tujuan kita,  bukan harta dunia,  ataupun kemegahan dunia....tetaplah istiqomah dijalan agama Allah,  walaupun begitu banyak batu sandungan dan kerikil tajam yang akan ditemui,  In Sya Allah membawa berkah,  aamiin

Sabar ketika menyampaikan, tidak semua orang segera mengerti dan menjalankan apa yang kita inginkan, sesuai yg disukai Allah dan RasulNya...

Sabar ketika masih banyak pegawai ataupun karyawan Perbankan Syariah yang masih belum sepenuh hati berada di Perbankan Syariah, karena kita tahu mereka hadir diantara 4 kreteria ini :
1. Takut Azab Allah
2. Dapat SK
3. Cari Jabatan (senior)
4. Cari Kerjaan (anak S1 yg baru lulus sarjananya)

Sabar ketika Masyarakat belum percaya kepada Bank Syariah, terus dan istiqomah untuk tetap meyampaikan bahwa Bank Konvensional itu Ribawi,  dan beritahu juga ke Masyarakat bahwa seluruh produk Perbankan Konvensional itu bisa dilakukan di Bank Syariah sepanjang dihalalkan dalam Islam,  bahkan produk Perbankan Syariah tidak bisa dilakukan di bank ribawi yakni sewa dan gadai..

Sabar dalam menerima kritikan ataupun celaan dari Masyarakat, berpikir positif akan membawa dampak yg besar, berbaik sangkalah bahwa yg mengkritik dan mencela tersebut adalah orang-orang yg sayang dan mencintai kita karena mereka takut kita terjatuh dalam dosa dan maksiat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Harapannya para pejuang Syariah yang saat ini sudah berada di tengah tengah masyarakat,  hayya bina !!!

Sabar...terus lah belajar,  memahami apa itu Syariah, amalkan dalam kehidupan sehari hari, tidak hanya  di kantor saja namun dalam kehidupan bermasyarakat yakni dari bangun tidur sampai tidur kembali kita amalkan yg telah dicontohkan oleh Rasulullah, yg membawa Risalah agama yang benar,  agama yg diridhoi Allah, dengan berpegang kepada Al Qur'an wa Sunnah yang dipahami oleh para Sahabat, In Sya Allah membawa berkah,  aamiin.

Sabar,  karena kita tahu dunia ini sebentar,  akhirat itu abadi,  kejarlah kehidupan akhirat yg abadi, In Sya Allah dunia akan datang dengan hina dina,  karena kita akan dibantu oleh Allah ketika kita bertaqwa kepadaNya yakni mudah melaksanakan perintahnya dan ringan meninggalkan larangannya.

Sabar...
Sabarlah kalau saat ini apa yg diinginkan atau yg telah dipanjatkan dalam doa belum tercapai seperti :

- Bank Syariah belum 100% sesuai Syariah namun tetap harus kita dukung dan kita harus beralih kepadanya karena takut azab Allah,  semoga makin hari makin baik sesuai Syariat yg kita inginkan bersama.

- Pegawainya masih banyak meninggalkan Isteri,  semoga dimudahkan Allah mereka segera bersatu dalam aturan Syariah dari manfaatnya menikah sesuai Syariat Islam, kla belum bisa bersatu suami isteri,  Syariat Islam memberikan solusi,  dan tidak ada di agama lain selain agama yg benar yakni Islam.

- Sabar ketika belum mendapat jodoh atau pasangan yg didambahkan, yakinlah disana ada kebaikan yg kita tidak tahu,  Allah maha tahu, tetaplah istiqomah dijalan Allah,  tinggalkan rayuan setan dengan bahasa pacaran karena ini maksiat kpd Allah, ikuti Syariat Islam,  kita akan beruntung..
maka yg masih pacaran putuskan segera kla sayang sama orangtuanya.,

 Sabar menerima informasi ini,  semoga Allah mengganti yg lebih baik agamanya,  karena kla agamanya benar mereka tidak pacaran.

- Sabarlah bagi yg belum mendapat amanah dari Allah berupa anak bagi yg sudah menikah atau yg lainnya,   tetaplah berusaha dan berdoa kepada Allah, putuskan semua jalur rezeki yg haram dimana salah satunya rezeki dari riba yakni masih punya rekening di Bank Konvensional, takutlah azab Allah, namun bila belum sanggup minimal membencinya ketika kita masih dipaksa harus punya rekening di bank konvensional, doakan pimpinan yg memaksa tetap punya rekening bank konvensional tsb dapat hidayah  taufiq dari Allah sehingga bisa berubah kebijakannya dan kita semua diselamatkan dari ancaman perang oleh Allah dan Rasulnya, aamiin..

- Sabarlah tanpa batas disemua keadaan,  dan selalu berbaiksangka terus kepada Allah,  In Sya Allah apa yg kita dapatkan itulah yang terbaik menurut Allah, kita tidak tahu dibalik apa yang kita peroleh namun Allah maha tahu yg telah kita dapatkan,  qonaah dan selalu bersyukur,  Semoga Allah menambah nikmat yg telah diberikannya selama ini.

Sabarlah..
atas perlakuan suami..
atas perlakuan isteri...
atas perlakuan orangtua...
atas perlakuan anak...
atas perlakuan guru...
atas perlakuan murid..
atas perlakuan atasan..
atas perlakuan teman..
atas perlakuan bawahan..
atas perlakuan kantor...
atas perlakuan mitra...
atas perlakuan nasabah..
atas perlakuan tetangga..

ambilah kebaikannya, tinggalkan keburukannya..

Ingatlah kebaikannya,
lupakan keburukannya..

Jadikan mereka ladang kebaikan kita bersama, apapun keadaan dan kondisinya tinggal bagaimana kita menyikapinya, Allahu Akbar...3x

Akhirnya,  hayya bina...

Berubah atau Hijrah dari kondisi bermaksiat kepada ketaatan kepada Allah dimanapun kita berada karena sisa umur tidak ada yg tahu,  semoga kita dipanggil Allah dalam husnul khotimah, aamiin.

Semoga kita terus dalam penjagaan Allah azza wa jalla,  dan terus menebar kebaikan dan tetap bersabar dalam kesulitan namun tetap berbaiksangka kepada Allah, setiap detik akan ditanya oleh Allah, ...

Semoga yg sedikit ini dapat memberikan faedah kepada kita untuk kembali ke jalan Allah dan In Sya Allah penulis akan terus dan doa kan tetap istiqomah, mengingatkan,  mengajak dan mendakwahkan untuk segera menyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan yakni :

0 comments:

Posting Komentar

Ads Top

Facebook

https://www.facebook.com/eko.riyadi.92123
Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Text

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Stats

Blog Archive

Cari Blog Ini

Blog Archive

Flickr

Facebook

https://web.facebook.com/ekostereo

Advertising

SDN MALAKA JAYA 08

SELAMAT DATANG DI SEKOLAH RAMAH ANAK

Pages

Popular Posts