Home » » JAWABAN MATEMATIKA UJIAN SEKOLAH 2016

JAWABAN MATEMATIKA UJIAN SEKOLAH 2016

KISI-KISI  PENULISAN  SOAL UJIAN  SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NAMA SEKOLAH               : SMK SATYA BHAKTI I                                                                ALOKASI WAKTU         : 120MENIT
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA TEHKNIK                                                           JUMLAH SOAL : 40 BUTIR
KURIKULUM                       : KTSP                                                                                                            PENULIS                        : SUKARTI, M.Pd

NO
KOMPETENSI DASAR
BAHAN
KELAS/SMT
MATERI
INDIKATOR SOAL
BENTUK TES
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
7
1
Menerapkan konsep bilangan berpangkat.
X/1
Operasi pada bilangan berpangkat.
Siswa dapat menyederhanakan operasi pada bilangan berpangkat.
Pilihan ganda
1

2
Menerapkan  konsep bilangan berpangkat.
X/1
Operasi pada bilangan berpangkat.
Siswa dapat menghitung operasi pada bilangan berpangkat.
Pilihan Ganda
2
3
Menerapkan konsep logaritma
X/1
Operasi pada bentuk logaritma
Siswa dapat menyederhanakan bentuk logaritma.
Pilihan Ganda
3
4
Menyelesaikan sistem persamaan.
X/1
Sistem persamaan dengan dua variabel.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
Pilihan Ganda
4
5
Jenis-jenis matriks
X/1
Kesamaan Matriks
Siswa dapat menghitung nilai elemen-elemen pada kesamaan matriks.
Pilihan Ganda
5
6
Menyelesaikan operasi matriks.
X/1
Penjumlahan dan pengurangan matriks.
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan tiga matriks.
Pilihan Ganda
6
7
Menyelesaikan operasi matriks.
X/1
Perkalian matriks.
Siswa dapat menentukan hasil perkalian dua matriks.
Pilihan Ganda
7
8
Menentukan determinan dan invers.
X/1
Invers matriks
Siswa dapat menentukan invers matriks ordo 2x2.
Pilihan Ganda
8
9
Menentukan determinan dan invers.
X/1
Determinan matriks
Siswa dapat menentukan determinan matriks 3x3.
Pilihan Ganda
9
10
Menentukan model matematika dari soal ceritera(kalimat verbal)
X/2
Model matematika.
Diberikan soal cerita permasalahan program linier,siswa dapat membuat model matematika dari permasalahan tersebut.
Pilihan Ganda
10
11
Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier.
X/2
Grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier.
Siswa dapat menentukan sistem pertidaksamaan linier jika diketahui daerah himpunan penyelesaian.
Pilihan Ganda
11
12
Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan inier.
X/2
Nilai optimum.
Siswa dapat menentukan nilai optimum dari bentuk objektif f(x,y), jika diketahui sistem pertidaksamaan liniernya.
Pilihan Ganda
12
13
Menerapkan Transformasi bangun datar.
X1/4
Translasi.
Siswa dapat menentukan bayangan garis oleh suatu translasi.
Pilihan Ganda
13
14
Mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya.
X1/4
Unsur-unsur bangun ruang.
Siswa dapat mengindentifikasi diagonal bidang/diagonal ruang/bidang diagonal pada kubus.
Pilihan Ganda
14
15
Menentukan hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang.
X1/4
Jarak dua titik.
Siswa dapat menentukan jarak dua titik pada kubus /balok.
Pilihan Ganda
15
16
Menentukan hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang.
X1/4
Jarak titik ke garis.
Siswa dapat menentukan jarak titik ke garis pada kubus.
Pilihan Ganda
16
17
Menentukan hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang.
X1/4
Sudut antara garis dan bidang.
Siswa dapat menentukan besar sudut yang dibentuk oleh garis dan bidang pada kubus.
Pilihan Ganda
17
18
Menerapkan perbandingan fungsi,persamaan trigonometri.
X1/3
Perbandingan Trigonometri.
Siswa dapat menentukan panjang salah satu sisi/sudut pada segitiga siku-siku,jika unsur yang lain diketahui.
Pilihan Ganda
18
19
Menerapkan aturan sinus dan kosinus.
X1/3
Aturan sinus.
Siswa dapat menggunakan aturan sinus untuk menentukan panjang sisi segitiga sembarang.
Pilihan Ganda
19
20
Menentukan luas segitiga.
X1/3
Luas segitiga
Siswa dapat menentukan luas segitiga,jika unsur yang lain diketahui.
Pilihan Ganda
20

                                                                                               



21
Menerapkan konsep fungsi l
Inear
Menerapkan  konsep fungsi kuadart

Menerapkan  konsep fungsi kuadrat
XI/3
Fungsi linear
Siswa dapat menetukan persamaan garis yang melalui satu titik dan tegak lurus garis yang lain
Pilihan Ganda
21
22


23
XI/3


XI/3
Fungsi Kuadrat


Fungsi kuadrat
Siswa dapat menentukan gambar grafik fungsi kuadrat, jika di ketahui persamaannya

Diberikan grafik fungsi kuadrat ,siswa dapat menentukan persamaannya
Pilihan Ganda

Pilihan Ganda
22


23
24
Menerapkan konsep barisan dan deret Aretmatika.
XI/3
.Barisan Aretmatika
Siswa dapat menetukan banyak suku  dan barisan aretmatika yang diketahui
Pilihan Ganda
24
25
Menerapkan konsep barisan dan deret aretmatika.
X1/3
Deret Aretmatika
Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  deret aretmatika
Pilihan Ganda
25
26
Menerapkan konsep barisan dan deret geometri
X1/3
Barisan Geometri
Siswa dapat menetukan suku ke-n , jika di ketahui dua suku yang tidak berurutan
Pilihan Ganda
26
27
Menerapkan konsep barisan dan deret geometrri.
X1/3
Deret Geometri tak hingga
Siswa dapat menetukan jumlah tak hinggga/suku pertama/rasio dari suatu deret geometri tak hingga,
Pilihan Ganda
27
28
Menerapkan  konsep Lingkaran
X1I/5
Lingkaran
Siswa dapat menetukan  persamaan lingkaran,jika di ketahui pusat dan  jari-jarinya.
Pilihan Ganda
28
29
Mendiskripsikan kaidah pencacahan,permutasi dan kombinasi
X1I/5
Permutasi
Siswa dapat  menyelesaikan  masalah berbentuk soal cerita yang berkaitan dengan permutasi
Pilihan Ganda
29
30
Mwnghitung peluang suatu kejadian
X1I/5
Peluang Suatu kejadian
Siswa dapat menetukan peluang suatu kejadian pada percobaan  pengambilan dua /tiga bola sekaligus
Pilihan Ganda
30
31
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan digram
X1I/5
Diagram
Siswa dapat menginterprestasikan  data dalam bentuk digram batang  atau lingkaran
Pilihan Ganda
31
32
Menentukan  ukuran  pemusatan data
X1I/5
Mean
Siswa dapat menyelesaikan  masalah yang berkaitan dengan  rata-rata gabungan
Pilihan Ganda
32







33
Menetukan ukuran penyebaran data
XII/5
Simpangan Baku dan Simpangan rata-rata
Siswa dapat menghitung simpangan baku/suku pertama/rasiodari suatu deret geometri  tak hingga
Pilihan Ganda
33
34
Menetukan ukuran penyebaran data
XII/5
Nilai Kuartil Data Kelompok
Siswa dapat menghitung nilai kuartil dari data kelompok
Pilihan Ganda
34
35
Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
XII/6
Limit fungsi Aljabar
Siswa dapat menentukan nilai limit fungsi aljabar untuk x mendekati nilai tertentu
Pilihan Ganda
35
36
Menggunakan konsep dan aturan aturan dalam  perhitungan turunan fubgsi
X1I/6
Turunan Fungsi Aljabar
Siswa dapat menentukan turunan  pertama fungsi aljabar
Pilihan Ganda
36
37
Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
X1I/6
Fungsi Naik Dan Fungsi Turun
Siswa dapat menentukan interval fungsi naik/fungsi turun dari fungsi polinom berderajat tiga
Pilihan Ganda
37
38
Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana
X1I/6
Integral TakTertentu
Siswa dapat menentukan integral tak tentu  fungsi aljabar
Pilihan Ganda
38
39
Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana
X1I/6
Integral Tertentu
Siswa dapat menentukan integral tentun dari suatu fungsi aljabar
Pilihan Ganda
39
40
Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volume benda putar
     X1I/6
Luas Daerah Antara dua Kurva
Siswa dapat menghitung luas daerah yang di batasi oleh garis/kurva dsan sumbu x
Pilihan Ganda
40







KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan  riil.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Succes soal Uan Teknik.
Penerbit Swadaya Murni
AFEKTIF

MUDAH
V
KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:

Menerapkan konsep bilangan berpangkat.
PSIKOMOTORIK

SUKAR

NO:


1
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:

Bentuk sederhana dari (a5.b6.c7)8 adalah........
                                     (a1.b2.c3)4
  1. a12.b.16.c18
  2. a13.b.14.c15
  3. a15.b.16.c17
  4. a36.b.40.c44
  5. a44.b.40.c36
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menyederhanakan operasi pada bilangan berpangkat.
KUNCI JAWABAN:

D


a36.b.40.c44












KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan  riil.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Erlangga
AFEKTIF

MUDAH
V
KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:

Menerapkan konsep bilangan berpangkat.
PSIKOMOTORIK

SUKAR

NO:


2
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Jika a = 2 dan b = 5 nilai dari   3a-2.b2   adalah...............
                                                   a3.b3
  1. 7/160
  2. 6/160
  3. 5/160
  4. 4/160
  5. 3/160
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menghitung operasi pada bilangan berpangkat.
KUNCI JAWABAN:
E
3/160


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan  riil.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Matematika SMK Teknik.
Penerbit Swadaya Murni
AFEKTIF

MUDAH
V
KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan konsep logaritma.
PSIKOMOTORIK

SUKAR

NO:
3
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Nilai dari      2Log 3     +  2Log 8 – 2 Log 6 adalah....
  1. 1         B.2          C.3          D.4          E.5
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menyederhanakan bentuk logaritma.
KUNCI JAWABAN:
D

4

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Yudistira
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG
V
KOMPETENSI  DASAR:
Menyelesaikan sistem persamaan.
PSIKOMOTORIK

SUKAR

NO:

4
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Harga 2 komponen A dan 3 komponen B adalah Rp.22.000,- sedangkan harga 1 komponen A dan 2 komponen B adalah Rp.13.000,-. Harga 1 komponen A dan 1 komponen B adalah......
A.Rp.8.500,-                     C.Rp.9.500,-                    E.Rp.11.500,-
B.Rp.9.000,-                     D.Rp.10.000,-
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
KUNCI JAWABAN:


B
Rp.9.000,-




KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
MTK UAN.
Penerbit Swadaya Murni
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG
V
KOMPETENSI  DASAR:
Jenis-jenis matriks
PSIKOMOTORIK

SUKAR

NO:


5
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Nilai x dan y yang merupakan penyelesaian dari persamaan matriks  adalah….
A.     2 dan 4
B.     2 dan -12
C.     -2 dan -4
D.    -2 dan 4
E.     2 dan -4

INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menghitung nilai elemen elemen pada kesamaan  matriks.
KUNCI JAWABAN:
A
2 dan 4


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Erlangga
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG
V
KOMPETENSI  DASAR:

Menyelesaikan operasi matriks
PSIKOMOTORIK

SUKAR

NO:
6
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Diketahui matriks , , dan . Maka hasil dari     2P +  R- 3Q adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan tiap matriks.
KUNCI JAWABAN:
B

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Erlangga
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
. Menyelesaikan operasi matriks
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
7
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Jika diketahui matriks A =    B =  ,
 maka nilai matriks AB = ….
A.  
B.   
C.  
D.  
E.
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan hasil perkalian dua matriks.
KUNCI JAWABAN:
D

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2010/2011
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menentukan determinan dan  invers
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
8
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:

Invers dari matriks A = adalah …
A.  
B.   
C.  
D.  
E.   
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan  invers  matriks 2x2


KUNCI JAWABAN:
C


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Intan Pariwara
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menentukan determinan dan  invers.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
9
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Determinan dari matriks   adalah ........
  1. 4           B. 3           C. 2            D.1         E.0
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan determinan matriks 3x3
KUNCI JAWABAN:
E
0

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Menyelesaikan masalah program linier
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
SPM MTK
Erlangga
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG
V
KOMPETENSI  DASAR
Menentukan model matematika dari soal seritera (kalimat verbal)
PSIKOMOTORIK

SUKAR

NO:


10
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Suatu perusahaan tambang batubara memerlukan 2 jenis truk untuk pengangkutan batubara industri.Jenis truk I dapat memuat batubara seberat 5 ton dan jenis II dapat memuat batubara seberat 2 ton. Banyak truk yang dimiliki perusahaan 18 truk dan batubara yang akan diangkut sebanyak 120 ton. Jika banyak truk jenis I = X dan jenis II = Y, model matematika dari permaslhan diatas adalah.....
  1. X+Y ≥ 18, 2X+5Y ≤ 120, X ≥0, Y ≥ 0
  2. X+Y ≤ 18, 2X+5Y ≤ 120, X ≥0, Y ≥ 0
  3. X+Y ≥ 18, 5X+2Y ≤ 120, X ≥0, Y ≥ 0
  4. X+Y ≤ 18, 5X+2Y ≤ 120, X ≥0, Y ≥ 0
  5. X+Y ≥ 18, 5X+2Y ≥  120, X ≥0, Y ≥ 0
INDIKATOR  SOAL:
Diberikan soal cerita permasalahan program linier, siswa dapat membuat model matematika dari permasalahan tersebut.
KUNCI JAWABAN:

D

X+Y ≤ 18, 5X+2Y ≤ 120, X ≥0, Y ≥ 0

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Menyelesaikan masalah  program  linier
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Erlangga.
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
11
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:

Daerah yang merupakan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan  seperti pada gambar adalah … .
A.  I
B.  II
C.  III
D.  IV
E.  V
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan sistem pertidaksamaan linier jika diketahui daerah himpunan penyelesaian.
KUNCI JAWABAN:
D
IV

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Menyelesaikan masalah program linier
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
SPM ERLANGGA
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
12
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Nilai maksimum fungsi objektif z = 3x + 4y yang memenuhi sistem pertidaksamaan: x + 2y ≤ 8 ; 2x + y  ≤ 10 ;  x ≥ 0 ; y ≥ 0 adalah........
  1. 20     B.26      C.32      D. 40       E.50
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan nilai optimum dari bentuk objektif f(x,y)jika diketahui sistem pertidaksamaaan liniernya.
KUNCI JAWABAN:

A

20

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
Menentukan kedudukan jarak dan besar sudut yang melibatkan titik,garis dan bidang dalam ruang dimensi dua.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Yudistira
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG
V
KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan transformasi geometri.
PSIKOMOTORIK

SUKAR

NO:
13
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Bayangan titik A(2,-4) oleh translasi (-2,-5) adalah.......
  1. (0,-9)
  2. (2,-9)
  3. (-2,9)
  4. (-2,-9)
  5. (0,9)
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan persamaan bayangan garis oleh suatu translasi.
KUNCI JAWABAN:
A
(0,-9)

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menentukan kedudukan jarak,dan besar sudut yang melibatkan titik,garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
SPM Erlangga
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG
V
KOMPETENSI  DASAR:
Mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya.
PSIKOMOTORIK

SUKAR

NO:
14
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Banyaknya Diagonal ruang pada kubus ABCD.EFGH adalah......
  1. 8     B.7       C.6      D.5      E.4
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat mengindentifikasi diagonal bidang/diagonal ruang/bidang diagonal pada kubus.
KUNCI JAWABAN:
e
4

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menentukan kedudukan jarak,dan besar sudut yang melibatkan titik,garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
SPM Erlangga
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menentukan hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
15
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Pada kubus ABCD.EFGH dengan panjang sisi 12 cm. Titik P adalah perpotongan diagonal bidang ABCD. Jarak titik P ke titik G adalah.....
A.2√6        B.3√6        C.4√6       D.5√6       E.6√6
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan jarak dua titik pada kubus /balok.
KUNCI JAWABAN:
E
6√6

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menentukan kedudukan jarak,dan besar sudut yang melibatkan titik,garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
MTK UAN
Swadaya Murni
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menentukan hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
16
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Pada kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 6 cm. Jarak titik B ke diagonal ruang AG  adalah......
A.2√6        B.3√6        C.4√6       D.5√6       E.6√6
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan jarak titik ke garis pada kubus.
KUNCI JAWABAN:
B

3√6       

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menentukan kedudukan jarak,dan besar sudut yang melibatkan titik,garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Yudistira
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menentukan hubungan antara unsur-unsur dalam bangun ruang.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
17
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Pada kubus ABCD.EFGH panjang rusuknya 8cm. Tan sudut antara garis AD dan garis AH adalah.....
  1. 30°          B.45°          C. 60°        D. 70°        E.90°
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan besar sudut yang dibentuk oleh garis dan bidang pada kubus.
KUNCI JAWABAN:
B

45°

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan perbandingan fungsi,persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan perbandingan fungsi,persamaan trigonometri.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
18
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Diketahui segitiga KLM siku-siku di L.Jika <M = 60°, LM = 8cm maka panjang sisi KL adalah......cm
  1. 8√3             B.8             C.4√3            D.4             E.2√3
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan panjang salah satu sisi/sudut pada segitiga siku-siku,jika unsur yang lain diketahui.
KUNCI JAWABAN:
A

8√3            


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan perbandingan fungsi,persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT  MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan aturan sinus dan kosinus.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
19
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Diketahui segitiga ABC dimana AB = 5, BC=6 dan AC = 3 maka nilai cos <B adalah.......
  1. 13         B. 15          C. 9            D. 1            E.2
15             13              52                2      
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menggunakan aturan sinus untuk menentukan panjang sisi segitiga sembarang.
KUNCI JAWABAN:
A
13/15

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X12/ 2
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan perbandingan fungsi,persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
Tryout  MGMP 2014/2015
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menentukan luas segitiga.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
20
RUMUSAN  BUTIR  SOAL
Luas segitiga ABC jika panjang a = 5cm dan b = 8cm serta besar  <C = 30°  adalah......cm2
  1. 50       B.40      C.30      D.20          E.10
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan luas segitiga,jika unsur yang lain diketahui.
KUNCI JAWABAN:
D

20


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs, HELMI ,S
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : X1/ 3
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat. 
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

Memecahkan  masalah yang berkaitan dengan fungsi,persamaan fungsi linear dan fungsi kuadarat
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
21
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
. Persamaan garis melalui titik (1,3) dan tegak lurus dengan garis y = -3x + 6 adalah ….
 A. x – 3y – 8 = 0
B. x – 3y + 8 = 0
C. x + 3y – 10 = 0
D. x + 3y + 8 = 0
E. x + 8y – 25 = 0

NDIKATOR SOAL
Siswa dapat menetukan persamaan garis yang melalui satu titik dan  tegak lurus garis yang lain
KUNCI JAWABAN:
B

     . x – 3y + 8 = 0       




KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XI/ 3
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan konsep fungsi kuadrat.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
22
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Titik potong fungsi kuadrat  dengan sumbu x adalah … .
A. ( 0,-3 ) dan ( 5,0 )
B. ( 0,-3 ) dan ( 0,5 )
C. ( 3,0 ) dan ( -5,0 )
D. ( -3,0 ) dan ( 0,5 )
E. ( 0,3 ) dan ( 0,-5 )

INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan gambar grafik fungsi kuadrat, jika diketahui persamaannya.
KUNCI JAWABAN:
D

  . ( -3,0 ) dan ( 0,5 )          

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XI/ 3
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan konsep fungsi dasar.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
No;
23
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Persamaan grafik fungsi kuadrat di bawah adalah … .
A.               y
B.                 2
C.                  
D.                   0 ½      2       x
E.
INDIKATOR  SOAL:
Diberikan grafik fungsi kuadrat, siswa dapat menentukan persamaannya.
KUNCI JAWABAN:
E

               
KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK SATYA BHAKTI 1                                                               PENYUSUN              : SUKARTI,M.Pd
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XI/ 3
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
24
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Diketahui suatu barisan aritmetika diketahui U7 = 70 dan U15 = 30. maka suku ke-25 (U25) barisan tersebut adalah ….
A. 25        B. 15       C. 10        D. -15       E. -20
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika.
KUNCI JAWABAN:
E

-20            

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XI/ 3
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
25
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Diketahui suku ke-9 dan suku ke-12 dari barisan aritmetika adalah 26 dan 32, maka nilai suku ke-20 adalah  ….
A.       44
B.        48
C.       58
D.       76
E.        92

INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika.
KUNCI JAWABAN:
B

48            



KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XI/3
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan konsep barisan dan deret geometri.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
26
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Jika suku ke-3 = 16 dan suku ke-6 =128 dari deret geometri ,  maka nilai suku ke-8 adalah  ....
A.     243
B.    256
C.   512
D.   625
E.    729
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan suku ke-n, jika diketahui dua suku yang tidak berurutan.
KUNCI JAWABAN:
C

512            

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XI/ 3
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan konsep barisan dan deret geometri.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
27
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Jumlah tak hingga deret geometri yang mempunyai suku pertama 15 dan rasio  adalah….
A.     20
B.     25
C.     30
D.    35
E.     40
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan jumlah tak hingga/ suku pertama/ rasio, dari suatu deret geometri tak hingga.
KUNCI JAWABAN:
B

25           

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/5
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan konsep lingkaran.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
28
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Persamaan lingkaran yang berpusat (3,5) dan mempunyai jari-jari adalah…..
A. X2 + Y2 – 6x – 10 Y + 9 =0
B. X2 + Y2 + 6x – 10 Y + 9 =0
C. X2 + Y2 – 6x + 10 Y + 9 =0
D. X2 + Y2 – 6x – 10 Y - 9 =0
E. X2 - Y2 – 6x – 10 Y + 9 =0
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan persamaan lingkaran, jika diketahui pusat dan jari-jarinya.
KUNCI JAWABAN:
A

  X2 + Y2 – 6x – 10 Y + 9 =0          


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 5
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Memecahkan masalah dengan konsep teori peluang.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Mendeskripsikan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
29
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Dari 15 orang pemain bola basket akan diambil satu team unggulan untuk mengikuti suatu Kejuaran. Banyaknya susunan yang dapat dibentuk adalah ….
A.   3.000  cara
B.    3.003  cara
C.   3.030  cara
D.   3.300  cara
E.    3.330  cara
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan berbentuk soal cerita yang berkaitan dengan permutasi.
KUNCI JAWABAN:
B

3.003           




KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/5
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Memecahkan masalah dengan konsep teori peluang.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menghitung peluang suatu kejadian.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
30
RUMUSAN  BUTIR  SOAL
      Sebuah kotak berisi 5 bola merah,2 bola putih dan 3 bola kuning. Jika diambil sebuah bola secara acak ,maka peluang terambilnya bola merah atau putih adalah ….
A.    
B.     
C.    
D.    
E.     

INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan peluang suatu kejadian, pada percobaan pengambilan dua / tiga bola sekaligus.
KUNCI JAWABAN:
E

             


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 5
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR ;
Menyajikan data daam bentuk tabel diagram
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V


NO:
31

A : sepak bola
B : Basket
C : Bulu Tangkis
D : Tennis
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:



                                    20%
                      A           D



                      35%             C

                        B


Jika banyaknya siswa yang ikut sepak bola 30 siswa, maka banyaknya siswa yang ikut bulu tangkis adalah….
A. 24 siswa
B.  25 siswa
C. 26 siswa
D. 27 siswa
E.  28 siswa
                               
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menginterprestasikan data dalam bentuk diagram batang atau lingkaran
KUNCI JAWABAN:
A
  
     24 siswa   


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 5
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menentukan ukuran pemusatan data.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
32
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Nilai rata-rata hitung dari table frekuensi di bawah ini adalah ….
Nilai
f
50  -  59
5
60  -  69
7
70  -  79
20
80  -  89
10
90  -  99
8
Jumlah
50
A.   73,2
B.    74,2
C.   75,3
D.   76,3
E.    77,3

INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rata-rata gabungan.
KUNCI JAWABAN:
D

76,3            


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 5
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menentukan ukuran penyebaran data.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
33
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
. Simpangan baku dari data 7,8,4,6,5,3,2, adalah…
A. 5                 B.4                     C.2                      D. 1                       E.27
INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menghitung simpangan baku/simpangan rata-rata dari data tunggal yang diketahui.
KUNCI JAWABAN:
E

  27          





















KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 5
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menentukan ukuran penyebaran data.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
34
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
 Kuartil atas pada table frekuensi di bawah ini adalah  .…
Tinggi
f
145  -  149
3
150  -  154
5
155  -  159
23
160  -  164
17
165  -  169
2
Jumlah
50

A.   150,9
B.    160,9
C.   161,4
D.   162,9
E.    164,4
INDIKATOR  SOAL: Siswa dapat
menghitung nilai kuartil dari kelompok
.
KUNCI JAWABAN:
C

    161,4        

KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 6
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menggunakan konsep limit fungsidan  turunan fungsi dalam pemecahan masalah
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
35
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:

. Nilai 
A.   -1
B.    1
C.   -2
D.   2
E.    -3


INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan nilai limit fungsi Aljabar untuk x mendekati nilai tertentu
KUNCI JAWABAN:
                D

  2          










KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 6
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menggunakan konsep limit fungsidan  turunan fungsi dalam pemecahan masalah
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menggunakan konsep dan aturan  turunan dalam perhitungan turunan fungsi
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
36
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Turunan pertama dari  
A.  
B.   
C.  
D.  
E.   


INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan turunan  pertama fungsi aljabar
KUNCI JAWABAN:
C

             


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 6
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menggunakan konsep limit fungsidan  turunan fungsi dalam pemecahan masalah
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menggunakan turunan untuk menetukan  karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
37
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:
Grafik fungsi f(x) = x(6-x)2 akan naik dalam interval……….
A. x<0 atau x>6
B. 0<x<6
C. x>6
D. 2<x<6
E. x<-2 atau x>6


INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan interval fungsi naik/fungsi turun dari fungsi polinom berderajat tiga.
KUNCI JAWABAN:
E

   x<-2 atau x>6         


KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH

SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 6
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:

Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI DASAR;


Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
38

RUMUSAN  BUTIR  SOAL:

.
A.   
B.   
C.   
D.   
E.   


INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan integral tak tentu fungsi aljabar
KUNCI JAWABAN:
C



KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 6
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:
Menerapkan perbandingan fungsi,persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

KOMPETENSI  DASAR:
Menerapkan perbandingan fungsi,persamaan trigonometri.
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
39
RUMUSAN  BUTIR  SOAL:

           A. 6
           B.
           C.
           D. 9
           E. 20

INDIKATOR  SOAL:
Siswa dapat menentukan panjang salah satu sisi/sudut pada segitiga siku-siku,jika unsur yang lain diketahui.
KUNCI JAWABAN:
C

            



KARTU  SOAL  UJIAN  SEKOLAH
SEKOLAH                             : SMK RISTEK KIKIN                                                                     PENYUSUN              : Drs. Helmi.s
PROG/KOMP.KEAHLIAN  :TEKHNIK
MATA PELAJARAN                        : MATEMATIKA
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA
KELAS/SEMESTER             : XII/ 6
TAHUN PELAJARAN         : 2015/2016
STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN:

Menggunakan konsep integral
 Dalam pemecahan malah
BUKU SUMBER
PROSES KOGNITIF:
TINGKAT KESUKARAN:
TRYOUT MGMP 2013/2014
AFEKTIF

MUDAH

KOGNITIF
V
SEDANG

INDIKATOR SOAL

Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volume benda putar
PSIKOMOTORIK

SUKAR
V
NO:
40
. Luas daerah yang dibatasi oleh garis y = 2x + 1 dan kurva y = x2 – 2    adalah ….
A.  satuan luas
B.  satuan luas
C.  satuan luas
D.  satuan luas
E.  satuan luas

INDIKATOR SOAL
Siswa dapat menghitung luas daerah yang di batasi oleh garis/kurva dsan sumbu x
KUNCI JAWABAN:
B

      satuan luas      




SOAL  UAS  MATEMATIKA
TP.2015/2016

  1. Bentuk sederhana dari (a5.b6.c7)8 adalah........
                                                 (a1.b2.c3)4
A.a12.b.16.c18
B.a13.b.14.c15
C.a15.b.16.c17
D.a36.b.40.c44
E.a44.b.40.c36
 2.  Jika a = 2 dan b = 5 nilai dari   3a-2.b2   adalah...............
                                                              a3.b3
A.7/160
B.6/160
C.5/160
D.4/160
E.3/160

3. Nilai dari      2Log 3     +  2Log 8 – 2 Log 6 adalah....
A.1                  B.2                  C.3                  D.4                  E.5

4. Harga 2 komponen A dan 3 komponen B adalah Rp.22.000,- sedangkan harga 1 komponen A dan 2 komponen B adalah Rp.13.000,-. Harga 1  komponen A dan 1 komponen B adalah......
A..Rp.8.500,-
B.Rp.9.000,-
C.Rp.9.500,-
D.Rp.10.000,-
E.Rp.11.500,-
5. Nilai x dan y yang merupakan penyelesaian dari persamaan matriks  adalah….
A.2 dan 4                                   D. -2 dan 4
B.2 dan -12                                 E. 2 dan 12
C.-2 dan -4

6. Diketahui matriks , , dan . Maka hasil dari     2P +  R- 3Q adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
  1.  Jika diketahui matriks A =    B =  ,maka nilai matriks AB = ….
A.          
B.           
C.          
D.          
E.    

8. Invers dari matriks A = adalah …
A.  
B.   
C.  
D.  
E.     
  1. Determinan dari matriks   adalah ........

A. 4           B. 3           C. 2            D.1         E.0

10. Suatu perusahaan tambang batubara memerlukan 2 jenis truk untuk pengangkutan batubara industri.Jenis truk I dapat memuat batubara seberat 5 ton dan jenis II dapat memuat batubara seberat 2 ton. Banyak truk yang dimiliki perusahaan 18 truk dan batubara yang akan diangkut sebanyak 120 ton. Jika banyak truk jenis I = X dan jenis II = Y, model matematika dari permaslhan diatas adalah.....
A.X+Y ≥ 18, 2X+5Y ≤ 120, X ≥0, Y ≥ 0
B.X+Y ≤ 18, 2X+5Y ≤ 120, X ≥0, Y ≥ 0
C.X+Y ≥ 18, 5X+2Y ≤ 120, X ≥0, Y ≥ 0
D.X+Y ≤ 18, 5X+2Y ≤ 120, X ≥0, Y ≥ 0
E. X+Y ≥ 18, 5X+2Y ≥  120, X ≥0, Y ≥ 0





11. Daerah yang merupakan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan  seperti pada gambar adalah … .
   A.I
    B.II
   C.III
   D.IV
   E.V
12. Nilai maksimum fungsi objektif z = 3x + 4y yang memenuhi sistem pertidaksamaan: x + 2y ≤ 8 ; 2x + y  ≤ 10 ;  x ≥ 0 ; y ≥ 0 adalah........
A. 20     B.26      C.32      D. 40       E.50

13. Bayangan titik A(2,-4) oleh translasi (-2,-5) adalah.......
A.(0,-9)        B.(2,-9)       C.(-2,9)       D.(-2,-9)         E.(0,9)

14. Banyaknya Diagonal ruang pada kubus ABCD.EFGH adalah......
A.8     B.7       C.6      D.5      E.4

15. Pada kubus ABCD.EFGH dengan panjang sisi 12 cm. Titik P adalah perpotongan diagonal bidang ABCD. Jarak titik P ke titik G adalah.....
A.2√6        B.3√6        C.4√6       D.5√6       E.6√6

16. Pada kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 6 cm. Jarak titik B ke diagonal ruang AG  adalah......
A.2√6        B.3√6        C.4√6       D.5√6       E.6√6

17. Pada kubus ABCD.EFGH panjang rusuknya 8cm. Tan sudut antara garis AD dan garis AH adalah.....
A.30°          B.45°          C. 60°        D. 70°        E.90°

18. Diketahui segitiga KLM siku-siku di L.Jika <M = 60°, LM = 8cm maka panjang sisi KL adalah......cm
A.8√3             B.8             C.4√3            D.4             E.2√3

19. Diketahui segitiga ABC dimana AB = 5, BC=6 dan AC = 3 maka nilai cos <B adalah.......
A.                13         B. 15          C. 9            D. 1            E.2
            15             13              52                2 

20. Luas segitiga ABC jika panjang a = 5cm dan b = 8cm serta besar  <C = 30°  adalah......cm2
A.50       B.40      C.30      D.20          E.10
21. Persamaan garis melalui titik (1,3) dan tegak lurus dengan garis y = -3x + 6 adalah ….
 A. x – 3y – 8 = 0
B. x – 3y + 8 = 0
C. x + 3y – 10 = 0
D. x + 3y + 8 = 0
E. x + 8y – 25 = 0
22. Titik potong fungsi kuadrat  dengan sumbu x adalah … .
A. ( 0,-3 ) dan ( 5,0 )
B. ( 0,-3 ) dan ( 0,5 )
C. ( 3,0 ) dan ( -5,0 )
D. ( -3,0 ) dan ( 5,0 )
E. ( 0,3 ) dan ( 0,-5 )
23. Persamaan grafik fungsi kuadrat di bawah adalah … .
A.
B.
C.
D.
E.
24. Diketahui suatu barisan aritmetika diketahui U7 = 70 dan U15 = 30. maka suku ke-25 (U25) barisan tersebut adalah ….
A. 25        B. 15       C. 10        D. -15       E. -20

25. Diketahui suku ke-9 dan suku ke-12 dari barisan aritmetika adalah 26 dan 32, maka nilai suku ke-20 adalah  ….
F.        44
G.   48
H.       58
I.         76
J.    92
26. Jika suku ke-3 = 16dan suku ke-6 =128 dari deret geometri ,  maka nilai suku ke-8 adalah  ....
F.     243
G.   256
H.   512
I.     625
J.    729
27. Jumlah tak hingga deret geometri yang mempunyai suku pertama 15 dan rasio  adalah….
F.     20
G.    25
H.    30
I.      35
J.      40


28. Persamaan lingkaran yang berpusat (3,5) dan mempunyai jari-jari adalah…..
A. X2 + Y2 – 6x – 10 Y + 9 =0
B. X2 + Y2 + 6x – 10 Y + 9 =0
C. X2 + Y2 – 6x + 10 Y + 9 =0
D. X2 + Y2 – 6x – 10 Y - 9 =0
E. X2 - Y2 – 6x – 10 Y + 9 =0

29. Dari 15 orang pemain bola basket akan diambil satu team unggulan untuk mengikuti suatu Kejuaran. Banyaknya susunan yang dapat dibentuk adalah ….
F.    3.000  cara
G.   3.003  cara
H.   3.030  cara
I.     3.300  cara
J.    3.330  cara
 30. Sebuah kotak berisi 5 bola merah,2 bola putih dan 3 bola kuning. Jika diambil sebuah bola secara acak ,maka peluang terambilnya bola merah atau putih adalah ….
F.     
G.    
H.    
I.      
J.     
31. Diagaram berikut menggambarkan cabang olah raga yang diikuti siswa SMK Pundi Ilmu.
                                                                           
              A         D  20%

            B   35%         C 



Jika banyaknya siswa yang ikut sepak bola 30 siswa, maka banyaknya siswa yang ikut bulu tangkis adalah….
F.  24 siswa
G. 25 siswa
H. 26 siswa
I.   27 siswa
J.  28 siswa
32. Nilai rata-rata hitung dari table frekuensi di bawah ini adalah ….
Nilai
f
50  -  59
5
60  -  69
7
70  -  79
20
80  -  89
10
90  -  99
8
Jumlah
50

A.   73,2
B.    74,2
C.   75,3
D.   76,3
E.    77,3






33. Simpangan baku dari data 7,8,4,6,5,3,2, adalah…
A. 5                 B.4                     C.2                      D. 1                       E.√2
34. Kuartil atas pada table frekuensi di bawah ini adalah  .…
Tinggi
f
145  -  149
3
150  -  154
5
155  -  159
23
160  -  164
17
165  -  169
2
Jumlah
50

A.   150,9
B.    160,9
C.   161,9
D.   162,9
E.    164,9






35. Nilai 
F.    -1
G.   1
H.   -2
I.     2
J.    -3
36. Turunan pertama dari  
F.   
G.  
H.  
I.    
J.   
37. Grafik fungsi f(x) = x(6-x)2 akan naik dalam interval……….
A. x<0 atau x>6
B. 0<x<6
C. x>6
D. 2<x<6
E. x<2 atau x>6
38.
F.    
G.   
H.   
I.    
J. 
39.
           A. 6
           B.
           C.
           D. 9
           E. 20

40. Luas daerah yang dibatasi oleh garis y = 2x + 1 dan kurva y = x2 – 2    adalah ….
A.  satuan luas
B.  satuan luas
C.  satuan luas
D.  satuan luas
E.  satuan luas


0 comments:

Posting Komentar

Ads Top

Facebook

https://www.facebook.com/eko.riyadi.92123
Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Text

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Stats

Blog Archive

Cari Blog Ini

Blog Archive

Flickr

Facebook

https://web.facebook.com/ekostereo

Advertising

SDN MALAKA JAYA 08

SELAMAT DATANG DI SEKOLAH RAMAH ANAK

Pages

Popular Posts