Home » » Soal Soal PPG Tahun 2019 (Original Keluar Semua ) Jilid 2

Soal Soal PPG Tahun 2019 (Original Keluar Semua ) Jilid 2




BELAJAR ONLINE SUKSES (Aamiin)


1.            Pembelajaran kontekstual dalam IPA dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik.hal ini disebabkan karena karaktersitik pembelajaran yang....
a.        Membiasakan peserta didik belajar sesuai dengan lingkungan
b.        Memotivasi belajar peserta didik
c.        Merangsang peserta didik lebih aktif belajar
d.       Memberi kesempatan peserta didik berkreasi

2.            Dalam mengimplementasikan bela negara sesuai ketentuan hukum di Indonesia, maka perlu menganut paham negara integralistik yang diinginkan dimana negara yang menjamin keselamatan hidup bangsa. Untuk mencapai suasana itu maka harus dihindari sikap ....
a.        Kebersamaan dan kekeluargaan di dalam kehidupan bermasyarakat
b.        Saling menghargai dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
c.        Harmonisasi dalam kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan
d.       Dominasi mayoritas dan tirani minoritas

3.            Hukum merupakan salah satu macam norma yang ada di masyarakat. Sebgai norma, hukum memberikan petunjuk yang mengatur dan menentukan tingkah laku dari ....
a.        Antar golongan                                              c. Orang pribadi
b.        Masyarakat                                                   d. Orang yang satu terhadap orang


lainnya.

4.            Ibu  Rosita  mengajar  Bahasa  Indonesia  di  Kelas  V  dengan  materi    “ Penanggulangan Bencana”. Selama kegiatan berlangsung, Ibu Rosita mengadakan penilaian pada siswanya yang sedang melakukan simulasi cara menanggulangi bencana alam. Berdasarkan penjelasan diatas, Ibu Rosita telah melakukan penilaian .......
a.        Unjuk kerja              b. Proses                     c. Peragaan          d. Produk

5.            Dalam aturan tentang hak asasi di dunia internasional maka perlu memandang bahwa hakikat manusia adalah sebagai makhluk individu,sosial, budaya, dan berketuhanan. Jadi dengan demikian bahwa manusia adalah makhluk ....
a.        Mono dualis         b. Homo socius            c. Mono pluralisd. Homo sapiens

6.            Dalam penerapan hukum di Indonesia membutuhkan sikap dan tindakan demokratis dalam konteks kewarganegaraan dapat diwujudkan dengan berbagai perbuatan, diantaranya ....
a.        Menggunakan hak asasi tanpa memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku
b.        Mengidentifikasi perbedaan-perbedaan di dalam keberagaman budaya
c.        Menghargai sesama warga masyarakat dan mematuhi peraturan-peraturan negara
d.       Mengetahui tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara.

7.            Dalam pemeliharaan lingkungan alam perlu memperhatikan faktor biotik dan abiotik. Faktor biotik yang mempengaruhi faktor abiotik berikut ini adalah ....
a.        Kecambah cepat panjang disebabkan tumbuh di tempat gelap
b.        Gerak tumbuhan dipengaruhi arah datangnya sinar matahari.
c.        Warna hijau daun berubah pucat jika sinar atahari menghalanginya.
d.       Udara bersih di taman-taman disebabkan masih banyak tumbuhan.

8.            Dalam menerapkan hak asasi manusia membutuhkan norma dimasyarakat. Adapun tujuan diberlakukannya norma didalam masyarakat adalah ....
a.        Menjamin keharmonisan antar hubungan pribadi
b.        Menjamin kebahagiaan jasmani manusia karena penunaian fungsi norma tidak menimbulkan fungsi batin, rasa menyesal, perasaan berdosa atau kekecewaan.
c.        Menjamin harkat dan martabat pribadi seseorang serta kemanusiaan.
d.       Memberikan motivasi kebaikan dalam setiap sikap dan tindakan manusia

9.            Agar siswa tidak kesulitan dalam operasi hitung pembagian, maka siswa harus hafal ....
a.        Fakta dasar penjumlahan                               c. Fakta dasar pembagian
b.        Fakta dasar perkalian                                     d. Fakta dasar pengurangan

10.         Faktor yang mempengaruhi kualitas hasil belajar IPS siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran di antaranya adalah ....
a.        Kemahiran guru dalalm membuat rencana tertulis tentang bahan ajar yang akan diberikan
b.        Ketepatan guru dalam merekayasa strategi pembelajaran
c.        Pemilihan buku sumber tertentu yang telah diakui
d.       Karakteristik bahan ajar berupa informasi atau problematik.


11.         Hasil observasi ditemukan penyebab kekurangan lahan dan makanan di suatu tempat yaitu ...
a.        Populasi konsumen berkurang, populasi produsen berkurang
b.        Populasi konsumen berkurang, populasi produsen bertambah
c.        Populasi konsumen bertambah , populasi produsen berkurang
d.       Populasi konsumen berkurang, populasi produsen bertambah

12.         Untuk melaksanakan penelitian terhadap peserta didik dalam keterampilan proses IPA, nilainya bisa didapatkan dengan cara ....
a.        Menugaskan peserta didik melakukan praktik IPA
b.        Menjelaskan materi IPA yang akan dipraktikan
c.        Menunjukan habitat laut dan habitat darat
d.       Memperlihatkan gambar-gambar hewan yang ada di Indonesia

13.         Salah satu gejala alam biotik yang dapat dijadikan bahan penelitian adalah kerongkongan, yang berperan penting dalam merencana makanan yakni ....
a.        Mendorong makanan ke lambung                  c. Mencerna makanan secara mekanik
b.        Mendorong makanan secara alamiah d. Mencerna makanan secara kimiawi

14.         Konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian tanpa sisa dengan menggunakan bilangan ribuan memakai
a.        Neraca bilangan b. block dienes                     c. kartu bilangan         d. batang cuisenaire

15.         Terdapat dua buah lampu yaitu lampu B dan C. Dimana lampu B menyala setiap 40 detik, dan lampu C menyala setiap 1 menit. Berapa kali kah kedua lampu tersebut menyala bersama dalam 15 menit?
a.        8x                            b. 7x                             c. 9x                             d. 6x
Keterangan:
KPK 40 dan 60 = 120 detik = 2 menit
Jadi 15 : 2 menit = 7 x
(sisa 1 tidak diikutkan karena yang diminta setiap 2 menit)


.
 
116                   .
Sebuah botol plastik berisi air hampir penuh dan di dalam botol tersebut dimasukkan “ tabung reaksi” sehingga ada sedikit bagian tabung reaksi yang muncul di permukaan air. Selanjutnya botol itu ditutup rapat. Jika dinding-dinding botol bagian bawah ditekan secara kuat, yang akan terjadi dengan tabung reaksi adalah….
a.        Tabung reaksi itu akan melayang di tengah botol karena tertekan ronga udara di bagian atas dalam botol plastik itu
b.        Tabung reaksi itu akan terdorong oleh air ke atas sehingga bagian yang muncul di permukaan air semakin panjang
c.        Tabung reaksi itu tidak akan berpindah tempat karena tekanan yang anda berikan itu diteruskan ke segala arah dengan sama besar
d.       Tabung reaksi itu akan tenggelam ke dasar botol karena ada air yang mendesak udara di dalam tabung reaksi dan mengisinya

117.      Jika diilustrasikan gambar segitiga ABC sama kaki,  AC = BC dan besar sudut BAC
= 650. Selanjutnya dari titik A ditarik garis sejajar BC sedemikian hingga sudut ACD
= 450, maka besar sudut ADC adalah …
a. 850                     b. 450                          c. 650                          d. 1100


Keterangan:
D                                                                                             0
< BAC = < ABC = 65
Karena AD // BC maka sudut yang sehadap besarnya sama. Jadi  < ADB = < ABC = 650


A                         B

118.      Hiasan dinding berbentuk segidelapan beraturan dengan panjang sisi 8 cm. jika dari titik tengah segidelapan ditarik garis tinggi sepanjang 2√3 cm, maka luas hiasan dinding berbentuk segidelapan tersebut adalah cm2
a. 64√3                  b. 32                           c. 64                            d. 32√3
Keterangan:
L             = alas x tinggi x 8 2
= 8 x 2√3 x 8
2
= 64√3

119.      Peserta PLPG SD tahun 2017 sebanyak 90 orang mengikuti UTN. Data nilai dinyatakan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dengan kelas-kelas interval



Kelas interval
Frekuensi
51 60
14
61 70
16
71 80
30
81 90
20
91 100
10
Jumlah
90

 
seperti berikut.


Keterangan:


MO





Modus data nilai UTN PLPG SD sebesar


= b + p b1 
b1+b2
= 70,5 + 10 14 
14+10
= 70,5 + 140
24


a. 74,33                   b. 76,33                       c. 76,33                        73,33

120.      Perhatikan contoh puisi lama berikut! Ketika muda malas sembahyang
…………………………………..
Sambungan gurindam yang tepat adalah …
a.        Keluarga idaman pasti hilang                  c. Banyak rejeki jadi terbuang
b.        Ketika tua jadi terbuang                            d. Masa tua bias terguncang

121.      Perhatikan data campuran berikut ini!
1)      Larutan gula
2)      Larutan tepung
3)      Larutan tanah
4)      Larutan kapur sirih
5)      Larutan cuka
Berdasarkan data di atas, yang termasuk campuran homogen ditunjukkan nomor
a.  1, 2, 4, 5              b. 1, 4, 5                      c. 1, 2, 4                       d. 1, 2, 5

122.      Fotosintesis pada tumbuhan hijau dipengaruhi oleh faktor internal misalnya keadaan klorofil pada kloroplas dan faktor eksternal misalnya kesediaan air, CO2, dan cahaya matahari. Pernyataan paling benar tentang laju fotosintesis pada tumbuhan hijau adalah
a.        Semakin tinggi kadar air dalam tanah maka semakin tinggi laju fotosintesis
b.        Semakin tinggi intensitas cahaya semakin tinggi laju fotosintesis


c.        Semakin tinggi kadar CO2 maka semakin tinggi laju fotosintesis
d.       Semakin banyak kloroplas pada daun maka semakin tinggi laju fotosintesis

123.      Diketahui segiempat dengan koordinat A (3,6), B (6,3), C (6,6), D (4,7) dicerminkan terhadap garis y = 2, maka bayangan A’,B’,C’, dan D’ berturut-turut adalah
a. (1,6), (2,3), (2,6), (0,7)                             c. (3,4), (6,-1), (6,4), (4,5)
b. (3,-2), (6,1), (6,-2), (4,-3)                          d. (3,4), (6,1), (6,4), (4,5)
Keterangan:
Dicerminkan pada sumbu y maka garis sejajar dengan sumbu x, sehingga menyebabkan nilai y berubah dan x tetap.

124.      Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut siswa diberikan kesempatan mengolah data dan informasi yang telah diperoleh melalui berbagai aktifitas. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem, maka hasil pengolahan data yang akan disajikan oleh siswa adalah
a.        Tabel hubungan kelompok tumbuhan dan hewan
b.        Tabel kelompok makhluk hidup sesuai dengan perannya di dalam ekosistem
c.        Skema rantai makanan dan jaring makanan dalam suatu ekosistem
d.       Gambar hubungan timbal balik antar makhluk hidup dalam ekosistem

125.      Pembelajaran operasi hitung bilangan bulat menggunakan kartu hitam putih. Siswa melakukan langkah-langkah sebagai berikut: ambil 3 kartu putih bertanda positif, kemudian akan diambil 7 kartu putih juga. Hal ini tidak dapat dilakukan karena hanya punya 3 kartu putih. Kemudian ia mengambil 4 kartu putih dan 4 kartu hitam yang bertanda negatif, sehingga ia dapat mengambil 7 kartu putih.
Operasi hitung yang ditampilkan pada peragaan di atas adalah… a.  3 (-7)        b. 3 7                                c. 3 + (-7)                        d. 3 + 7
keterangan:

Diambi




126.    
 

Gambar berikut menunjukkan pembentukan bayangan pada mata dengan       catat mata tertentu.
Jenis  catat  mata  dan  lensa  yang  harus  digunakan  untuk membantu penglihatan mata tersebut adalah

a.        Presbiopi, cembung                                        c. hipermetropi, cekung
b.        Miopi, cembung (cekung)                                d. hipermetropi, cembung
Keterangan:
-           Bayangan jatuh di depan retina maka cacat mata miopi (rabun jauh) dan ditolong menggunakan lensa cekung (-)
-           Hipermetropi (rabun dekat) bayangan jatuh dibelakang retina ditolong menggunakan lensa cembung (+)
-           Presbiop (mata tua) disebabkan daya akomodasi sudah melemah. Dapat dibantu dengan lensa ganda

127.      Dua buah benda (sebuah buku dan selembar kertas) mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Selembar kertas itu diletakkan secara tepat di atas buku sehingga menutupi bagian seluruh permukaan buku tersebut. Hal yang terjadi


dengan kedua benda itu jika keduanya dijatuhkan dari suatu ketinggian secara bersamaan adalah ….
a.        Buku dan kertas jatuh bersamaan, meskipun kertas pada awalnya melayang- layang
b.        Buku jatuh lebih cepat dan kertas melayang-layang karena buku itu lebih berat dibandingkan kertas
c.        Buku dan kertas jatuh sama cepat karena buku dan kertas itu mendapat hambatan udara yang sama
d.       Buku dan kertas jatuh sama cepat karena kertas tidak mendapat hambatan udara.
Keterangan:
Benda jatuh bebas tidak dipengaruhi oleh berat benda, yang mempengaruhi hambatan udara. Karena kertas berada di atas buku maka yang mendapat hambatan udara hanya bukunya saja.
Apabila berat benda > hambatan/tekanan udara maka benda yang berat akan jatuh lebih dulu dan apabila berat benda< tekanan udara maka benda akan melayang-layang/lambat jatuh

128.        Bayangan titik P dan Q oleh refleksi terhadap y = x adalah P’ (3,5) dan Q’ (2,6), maka koordinat titik P dan Q adalah
a. P (5,3) dan Q (6,2)                                    c. P (3,5) dan Q (2,6)
b. P (3,5) dan Q (6,2)                                    d. P (3,-5) dan Q (2,-6)
Keterangan:
Pencerminan y=x maka y diubah menjadi x dan x diubah menjadi y



129.        Perhatikan data berikut ini! Nilai 41 50 sebanyak 8 Nilai 51 60 sebanyak 6 Nilai 61 70 sebanyak 12 Nilai 71 80 sebanyak 4


Keterangan:

Me      = b + p (


1(n)- F
2        )
f
1(30)- 14


Median dari data tersebut adalah
a. 69,8


= 60,5 + 10 ( 2                 )
12


b. 61,33
c. 64,33
d. 68,8


= 60,5 + 10 (
10


15- 14 )
12



130.      Ali memerlukan sepuluh buku yang terdiri dari buku matematika dan buku IPA. Harga setiap buku matematika Rp 5.000,- dan setiap buku IPA Rp 6.000,-. Bila Ali membayar kesepuluh buku itu Rp 54.000,- maka buku matematika yang diperoleh Ali adalah
a.        3 buku matematika                                    c. 5 buku matematika
b.        4 buku matematika                                    d. 6 buku matematika
Keterangan:
Misal x= matematika dan y=IPA
x +         y = 10            x6000  6000x + 6000y           = 60000
5.000x + 6.000y = 54.000                  x1                    5000x + 6000y = 54000
1000x = 6000
x = 6

131.      Laporan praktik sudah diterima dengan baik. Namun untuk menjadikan laporan ini sesuai dengan praktiknya maka perlu disinkronkan dengan praktiknya. Saran yang perlu diberikan kepada siswa terkait dengan hal ini adalah
a.        Laporan memerlukan telaah lagi mengingat masih ada kesalahan
b.        Laporan telah terima dengan baik dan lengkap, serta diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan
c.        Laporan sudah layak dan lengkap sehingga perlu disimpang dengan baik
d.       Laporan masih terdapat kesalahan maka sebaiknya tidak diaplikasikan dalam


kehidupan

132.      Kebun Pak Andi berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 15 m dan lebar 10 m akan dipagari. Bila biaya memageri itu setiap meternya Rp 1.850.000,-, maka hanya biaya memageri sebidang tanah seluruhnya adalah
a. Rp 92.500.000b. Rp 93.250.000                 c. 93.500.000               d. 92.250.000

Keterangan:
K = 2 (p + l)
= 2 (15 + 10)
= 50 m
Biaya = K x biaya permeter
= 50 x 1.850.000
= 92.500.000

133.      Bapak Roni adalah guru kelas V SD No 01 Cilangkap. Hari itu ia mengajar bahasa Indonesia dengan fokus “Membaca”. Setelah melaksanakan kegiatan awal dengan baik, Pak Roni masuk ke inti pelajaran. Pak Roni mengingatkan agar siswa memperhatikan contoh cara membaca teks Bergotong royong” dengan suara jelas selama 2 menit. Siswa menyimak dengan seksama, tidak ada satu pun yang rebut. Setelah selesai Pak Roni menyuruh siswa satu persatu ke depan kelas untuk membaca. Jenis membaca yang diajarkan Pak Roni adalah .
a.        Membaca pemahaman                             c. membaca dalam hati
b.        Membaca nyaring                                     d. membaca permulaan

134.      Sejarah merupakan salah satu karakteristik dari pembelajaran IPS, merupakan cabang ilmu pengetahuan untuk mengkaji secara sistematis keseluruhan perkembangan proses perubahan dinamika kehidupan masyarakat dengan segala aspek kehidupannya yang terjadi di masa lampau. Sejarah mempunyai sifat yang khas dibanding ilmu yang lain, karena
a.        Peristiwa sejarah menimbulkan ragam hipotesis yang bermuara pada daya nalar dan analisis
b.        Peristiwa sejarah menyangkut tiga dimensi waktu yaitu masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang
c.        Peristiwa sejarah memunculkan pengetahuan baru yang tidak dapat dijadikan rujukan
d.       Peristiwa yang tidak menghubungkan dimensi kronologi dalam periode sejarah

135.        Perkembangan ilmun dan teknologi makin berkembang pesat. Dalam sejarah kehidupan manusia terdapat dorongan pertumbuhan ekonomi dan berbagai negara yang mengakibatkan berbagai pemborosan sumber daya alam yang berakibat kemerosotan kualitas lingkungan. Perhatikan kalimat berikut ini!
1.        Mutasi gen manusia terselubung
2.        Hujan asam
3.        Dampak rumah kaca
4.        Getaran ultra sonic
5.        Lubang lapisan ozon
Hal yang termasuk terjadinya kemerosotan kualitas lingkungan dalam berbagai segi kehidupan manusia adalah nomor…
a. 1,3,4, dan 5           b. 1,2,4, dan 5                 c. 1,2,3,dan 5                d. 2,3,4, dan 5

136.      Untuk melaksanakan penilaian terhadap peserta didik dalam keterampilan proses


IPA, nilainya bisa didapatkan dengan cara …
a.        Memperlihatkan gambar-gambar hewan yang ada di Indonesia
b.        Menjelaskan materi IPA yang akan dipraktekan
c.        Menunjukkan habitat laut dan habitat darat
d.       Menugasi peserta didik melakukan IPA

137.      Dalam sejarah kehidupan manusia terdapat hubungan antara manusia dengan lingkungan alam di sekitarnya yang lebih bersifat fungsional. Hal itu berhenti, manusia memelihara dan memanfaatkan kekayaan alam dengan baik dan yang akan terjadi adalah
a.        Kemunduran, kesengsaraan, dan kemiskinan
b.        Kerusakan lingkungan dan berencana alam
c.        Polusi tanah, udara, dan lingkungan kumuh
d.       Kesehatan, kesejahteraan, dan kenyamanan hidup

138.      Cermati pernyataan berikut ini!
1)      Menutupnya daun petai cina di waktu senja
2)      Menutupnya daun putri malu bila disentuh
3)      Bertambah cepatnya tumbuhan kecambah ditempat gelap
4)      Membeloknya bunga matahari sesuai arah cahaya matahari
Berikut ini merupakan contoh dari peristiwa iritabilitas yang terjadi dalam kehidupan adalah …
a. 1 dan 3               b. 2 dan 4                      c. 1 dan 3                    d. 1 dan 2
Keterangan:
Iritabilitas = tanggap terhadap rangsang Daun putri malu sentuhan
Bunga matahari arah datangnya cahaya

139.      Dalam pembelajaran PKn apabila guru menginginkan adanya penerapan pendekatan saintifik untuk membawa peserta didiknya menjadi tertarik dengan pembelajarannya maka dilakukan
a.        Pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian ide tertentu yang berbeda secara kontras dengan secara kelompok untuk membahas topic tertentu
b.        Pembelajaran yang menekankan pada proses memecahkan masalah yang menyangkut nilai moral tertentu dengan solusi yang berbeda-beda
c.        Pembelajaran yang menekankan pada proses menghayati nilai moral tertentu dengan memainkan peran tertentu
d.       Pembelajaran yang menekankan pada pendekatan keilmuan berdasarkan data dan fakta sebagai bentuk kajian empiric

140.      Keterkaitan aspek keterampilan dengan seluruh program pengajaran IPS tampak dalam aktivitas pembelajaran, sebab ..
a.        Mempunyai daya inovasi yang tinggi
b.        Memiliki kekuatan sebagai program pembelajaran di SD
c.        Memberikan beberapa keterkaitan fakta
d.       Menampilkan aspek keterampilan secara nyata

141.      Dalam pembelajaran PKn dikenal beberapa asas yang patut diketahui oleh guru yang akan membelajarkan kepada peserta didiknya. Salah satunya adalah guru harus memandang peserta didik sebagai manusia secara manusiawi. Peserta didik dihargai segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Peserta didik diberi kesempatan untuk selalu mengembangkan potensinya meskipun dengan


segala keterbatasan yang dimilikinya. Hal ini sesuai dengan asas …
a.        Humanistic
b.        Siswa sentries
c.        Utuh, bulat, terpadu, dan berkesinambungan
d.       Multi dimensional

142.      Pembelajaran kontektual dalam IPA pada siswa kelas I SD, khususnya pemodelan harus mengakomodasi karakteristik perkembangan peserta didik. Pemodelan yang sesuai untuk kegiatan mengidentifikasi bagian-bagian anggota tubuh adalah
a.        Mengamati gambar tubuh manusia
b.        Memperagakan tubuh diri sendiri
c.        Memasangkan kartu kata dengan anggota tubuh
d.       Tanya jawab nama bagian-bagian anggota tubuh

143.      Dua garis berikut : 4x y + 2 = 0 dan y = 4x + 1 adalah
a.        Sejajar                                                     c. Berpotongan di dua titik
b.        Berpotongan dibeberapa titik                    d. Tegak lurus (m1.m2 =-1)
Keterangan:
Garis 1         4x y + 2 = 0             y = 4x +2 ( gradien m=4) Garis 2       y = 4x + 1 (gradien m = 4)
Karena m1 = m2, maka kedua garis tersebut sejajar

144.      Dalam mengimplementasikan bela negara sesuai ketentuan hukum di Indonesia, maka perlu menganut paham negara integralistik yang diinginkan dimana negara yang menjamin keselamatan hidup bangsa. Untuk mencapai suasana itu maka harus dihindari sikap
a.        Saling menghargai dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
b.        Dominasi mayoritas dan tirani minoritas
c.        Kebersamaan dan kekeluargaan di dalam kehidupan
d.       Harmonisasi dalam kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan

145.      Budi seorang anak berusia 7 tahun dan sedang belajar bahasa Indonesia. Ketika guru mengajarkan membaca permulaan, Budi mengikuti dan berusaha menguasai huruf-huruf yang dibacanya. Kegiatan yang dilakukan oleh Budi adalah
a.        Mendengar        b. Melihat                     c. Imitasi                     d. Menghafal

146.      Kegiatan produksi sebagai salah satu elemen kegiatan ekonomi akan terus berjalan. Seiring dengan perkembangan budaya dan teknologi, barang dan jasa yang dihasilkan tampak semakin beragam. Perhatikan kalimat berikut
1)      Land/sumber daya alam
2)      Modal/capital
3)      Tenaga kerja/labour
4)      Diversification product
5)      Kewirausahaan
Factor-faktor produksi ditunjukkan pada nomor ..
a. 2,3,4,5                  b. 1,2,4,5                       c. 1,2,3,5                     d. 1,2,3,4

147.      Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)      Membuat jalur hijau sepanjang jalan
2)      Membuang sampah ke sungai yang mengalir
3)      Membuat terasering di lahan yang miring
4)      Mendirikan pabrik dipemukiman penduduk


5)      Member pupuk agar tanah tetap subur
Berdasarkan pernyataan tersebut terdapat beberapa perilaku manusia yang mempengaruhi lingkungan, sesuai dengan nomor ..
a. 1 dan 3               b. 1 dan 5                      c. 1 dan 2                    d. 2 dan 4

148.      Salah satu karakteristik social studies adalah bersifat dinamis, artinya
a.        Selalu berubah sesuai dengan tingkat kajian pemanfaatannya
b.        Selalu berubah sesuai dengan kondisi IPTEKS
c.        Selalu berubah sesuai dengan kondisi nilai interaksi
d.       Selalu berubah sesuai dengan tingkat perkembangan masyarakat

149.      Suatu tanah sawah berbentuk persegi panjang memiliki perbandingan panjang dan lebar adalah 8 : 5. Jika panjangnya dikurangi 3 bagian dan lebarnya ditambah 6 bagian, maka persegi panjang tersebut menjadi persegi. Luas persegi panjang tersebut adalah
a. 360               b. 630                                       c. 300                           d. 600



p = x l
 
p : l = 8:5                8
5
p 3               = l + 6 8
(5 x l) 3          = l + 6
8
(5 x l) l           = 6 +3
3 l                   = 9
5
l               = 9 : 3


p     = 8 x l 5
= 8 x 15
5
= 24 cm
Luas persegi panjang          = p x l
= 24 x 15


150.      Suatu tanah sawah berbentuk persegi panjang memiliki perbandingan panjang dan lebar adalah 5 : 2. Jika panjangnya dikurangi 3 bagian dan lebarnya ditambah 6 bagian, maka persegi panjang tersebut menjadi persegi. Luas persegi panjang tersebut adalah
b. 90                 b. 120                                       c. 150                           d. 175



p = x l
 
p : l = 5:2                5
2
p 3               = l + 6 5
(2 x l) 3          = l + 6
5
(2 x l) l           = 6 +3
3 l                   = 9
2
l               = 9 : 3


p     = 5 x l 2
= 5 x 6
2
= 15 cm
Luas persegi panjang          = p x l
= 15  x 6


151.      Budi akan membuat ember tanpa tutup berbentuk tabung terbuat dari seng dengan tinggi 24 dm. jika ember tersebut dapat menampung air 3696 dm3, maka bahan seng yang harus disediakan adalah …. dm3
a. 862                          b. 1210                          c. 1020                      d.682
Keterangan:
L alas = V = 3696 = 154

= ∏r2
 
t       24
L alas
154 = 22 x r2
7
r2     = 154 x 7 
22
r      = √49
= 7 cm


152.      Cermati sifat-sifat bangun datar berikut:
1)      Jumlah ukuran keempat sudut dalam sama dengan 3600
2)      Sudut-sudut yang berhadapan sama besar
3)      Kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus
Bangun ruang yang memiliki ketiga sifat di atas adalah …
a.        Persegi dan laying-layang                             c. belah ketupat dan persegi
b.        Layang-layang dan trapezium           d. jajar genjang dan persegi panjang

153.      Karakteristik IPS terletak pada pengembangan materinya yang menggunakan pendekatan lingkungan keluarga-kampung, selanjutnya melebar dan meluas yaitu sekolah, desa, kecamatan, kabupaten, propinsi, negara dan seterusnya. Sintesis karakteristik IPS SD menggunakan pendekatan ..
a.        Expanding environmental approach               c. expanding community approach
b.        Expanding managerial approach                    d. expanding thematical approach

154.      Karakteristik IPS pengembangan materinya menggunakan berbagai bentuk pendekatan yang bersifat expanding. Salah satu bentuk pendekatan kemasyarakatan yang melebar dan meluas adalah
a.        Expanding environmental approach               c. expanding community approach
b.        Expanding managerial approach                    d. expanding thematical approach

155.      Karakteristik IPS menggunakan pendekatan tema yang meluas dan mendalam, tema dimulai dari yang terdekat hingga ke tema yang lebih luas. Sintetis karakteristik IPS SD mneggunakan pendekatan
a.        Expanding environmental approach               c. expanding community approach
b.        Expanding managerial approach                    d. expanding thematical approach

156.      Guru dalam pembelajaran PKn memberikan penekanan pada perubahan nilai-nilai melalui bermain peran dan keteladanan. Pendekatan yang tepat digunakan adalah…
a.        Pendekatan penanaman nilai                        c. pendekatan learning by doing
b.        Pendekatan analisis                                                  d. pendekatan moral

157.        Dasar negara RI adalah Pancasila yang merupakan Way of life, mengandung makna sebagai
a.        Kesadaran hidup                                           c. cara pandang
b.        Cara hidup dalam bernegara                           d. prinsip hidup

158.      Hemoglobin dalam darah akan berikatan dengan oksigen menjadi oksihemoglobin.
Rumus kimi oksihemoglobin adalah …
a.        Hb2O                     b. HbO2                      c. HbO                         d. H2HbO2

159.      Keluarga pak Arif menggunakan 4 buah lampu 25 watt, 2 TV 100 watt, dan 3 kipas angin 50watt, serta 1 buah tice cooker 400 watt. Setiap harinya peralatan tersebut digunakan selama 10 jam. Jika harga listrik Rp 1.000,00/kWh, biaya listrik yang harus di bayar pak Arif setiap bulannya (30 hari) adalah
a. Rp 25.500,00                                                 c. Rp 225.000,00
b. Rp 2.2500.000,00                                          d. Rp 225.000.000,00
Keterangan:
Daya yang dipakai = ((4x25) + (2x100) + (3x50) + (1x400)) x 10 jam Tiap hari               = (100+200+150+400)x10
= 850x10
= 8500 watt


= 8,5kWh
Biaya yang harus dibayar = daya yang dipakai tiap hari x jumlah hari x harga listrik/kWh
= 8,5 x 30 hari x 1000
= 255.000

160.      Deretan bilangan berikut yang memuat bilangan tidak senilai adalah
a.  3         1       18
8 ; 372 % ; 48 ; 0,375
b.  7         7       55
9 ; 779 % ; 72 ; 0,7789
c. 4 ; 57 7 % ; 36 ; 0,5714
7         50      63
d.  5         1       35
6 ; 833 % ; 42 ; 0,8333
161.      Memberikan motivasi kepada siswa, member akses pada latar belakang budaya, member akses pada pemerolehan bahasa, memperluas perhatian siswa terhadap bahasa, mengembangkan kemampuan interpretaif siswa, dan mendidik siswa secara keseluruhan merupakan salah satu bagian dari
a.        Makna sastra b. Tujuan sastra              c. Manfaat sastra d. Sifat sastra
162.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, meningkatkan pengetahuan, dan kemampuan berbahasa merupakan salah satu bagian ....
a.        Makna sastra b. Tujuan sastra              c. Manfaat sastra d. Sifat sastra

163.      Diketahui segiempat dalam kordinat A(2,1), B(5,1), C(5,7), D(2,7) dicerminkan terhadap garis y=-x. maka bayangan A’,B’,C’,D’ berturut-turut adalah…
a. (-1,-2), (-1,-5), (-7,-5), (-7,-2)                  c. (1,-2), (1,-5), (7,-5), (7,-2)
b. (1,2), (1,5), (7,5), (7,2)                          d. (-2,1),(-5,1), (-5,7), (-2,7)
Keterangan :

Titik kordinat dibalik, x menjadi –y dan y menjadi –x. Tanda dibalik, misal negative menjadi positif, dan positif menjadi negatif
164.      Arif akan mengukur tiang bendera yang berada 2 meter di depannya. Tinggi badan Arif 120 cm dan memandang puncak tiang bendera dengan sudut elevansi 450.
Tinggi tiang bendera tersebut adalah …m
a. 1,8                      b. 2                            c. 2,2                         d. 3,2
Keterangan:








120 cm= 1,2

2 m


Tgn 450  = y
x
1      = y
2
y      = 1 x 2
= 2 m
Tinggi bendera = 2 m + 1,2 m


165.      Diketahui x dan y memenuhi persamaan 2x y =4 dan x -2y = 8, maka nilai x dan y adalah
a. (-4,0)                   b. (0,-4)                     c. (0,4)                      d. (4,0)


Keterangan:
Cara 1                        : dari pilihan jawaban langsung dimasukkan ke persamaan (cara cepat) Cara 2 : menggunakan cara eliminasi dan subtitusi

166.      Sejarah dapat memberikan kesenangan dan rasa estetis karena penulisan sejarah mampu manarik pembaca berkreasi, ini berarti bahwa kegunaan sejarah sebagai
a.        Edukatif             b. Inspirasi               c. Rekreatif                d. Instruktif
Keterangan:
-                     Edukatif                                                 : mengandung nilai pendidikan
-                     Inspirasi                                                : memberikan inspirasi/ilham
-                     Instruktif : pengajaran tentang keterampilan berfikir dan fisik
-                     Politik         : penulisan sejarah tentang pemerintahan

167.      Dalam ekosistem sawah dijumpai komponen biotik sebagai berikut: genjer, kangkung, ulat, belalang, kupu-kupu, padi, katak, keong, cacing, tikus, ular, burung pipit, kadal, dan burung elang. Komponen biotik yang menunjukkan urutan rantai makanan adalah ….
a.        Padi àbelalang à katak à ular
b.        Kangkung àulatà kadal àtikus
c.        Genjer à ulatà kadal à burung
d.       Cacing àpadi àburung pipitàburung
168.      Ketika terjadi suatu konflik dalam negara Indonesia dan masyarakat menyelesaikan dengan melihat aspek aspek sosial, ekonimi, sejakar, psikologi, dan antropologi, maka penyelesaian tersebut termasuk dilakukaan dengan pendekatan ....
a.        Interdispliner                                       c. Disipliner
b.        Mono disiplin                                       d. Separated (terpisah-pisah)

169.      Sifat bahasa salah satunya adalah sistematik karena ....
a.        Unsur-Unsur Bahasa Dipilih Secara Acak Tanpa Dasar
b.        Bentuk Dasar Bahasa Adalah Ujaran Dan Media Bahasa Adalah Bunyi
c.        Bahasa Dapat Berfungsi Selama Manusia Memanfaatkannya
d.       Bahasa Memiliki Pola Dan Kaidah Yang Harus Ditaati Agar Dapat Dipahami Oleh Pemakaiannya

170.      Berdasarkan pendekatan saintifik, siswa melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan volume tabung dengan volume kerucut dengan cara ... .
a.        Dipilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian menggunakan pasir untuk mengisi kerucut dan dimasukkan tabung sebanyak sepertiga kali
b.        Dipilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian menggunakan pasir untuk mengisi kerucut dan dimasukkan tabung sebanyak tiga kali
c.        Dipilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi kerucut setengah dari tinggi tabung, kemudian menggunakan pasir untuk mengisi kerucut dan dimasukkan tabung sebanyak tiga kali
d.       Dipilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi kerucut setengah dari tinggi tabung, kemudian menggunakan pasir untuk mengisi kerucut dan dimasukkan tabung sebanyak sepertiga kali

171.      Beragam usaha dunia dalam penegakan hukum bisa dipandang dari banyaknya peraturan serta lembaga HAM diantaranya ....
a.        Perjanjian tentang hak sipil dan politik (Convenant on civil and political rights) Diputuskan PBB pada th. 1966, walau demikian baru bisa dikerjakan pada th.


1996
b.        Deklarasi umum hak asasi manusia (DUHAM) yang disebul The Universal Declaration of Human Rights. Dengan diputuskannya piagam hak asasi manusia sedunia, maka secara moral mengikat semua negara-negara yang tergabung dalam PBB untuk melakukannya
c.        Konvensi tentang segala bentuk diskriminasi pada perempuan (Convention on the elimination of all form of discrimination against women) Diskriminasi gender berarti perbedaan atas dasar warna kulit
d.       Perjanjian pemberantasan dan penghukuman tindak pidana apartheid (th. 1973) Apartheid yaitu diskriminasi atau pembedaan hak-hak kemanusiaan atas dasar jenis kelamin

172.      Strategi-strategi yang dapat digunakan oleh anak dalam memperoleh bahasa sebagai berikut, yaitu ....
a.        Peniruan, Pengalaman, Bermain, Penyederhanaan Dan Berpikir
b.        Peniruan, Pengalaman, Mengingat, Bermain, Dan Penyederhanaan
c.        Pengalaman, Mengingat, Bermain, Penyederhanaan Dan Berpikir
d.       Peniruan, Pengalaman, Bermain, Penyederhanaan Dan Berimajinasi

173.      Pelaksanaan pendidikan nilai selain dapat melalui taksonomi Bloom dkk, dapat juga menggunakan jenjang afektif berupa ....
a.        Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), individualissai nilai (characterization).
b.        Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (transfering), karaterisasi nilai (characterization).
c.        Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).
d.       Penerimaan nilai (receiving), penerapan nilai (emphaty), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).

174.      Cerita atau kasus dapat dijadikan contoh dalam pembelajaran PKn. Media yang efektif dalam menyajikan cerita atau kasus adalah ….
a.        Media audio                                     c. Media visual
b.        Media gambar                                      d. media audiovisual

175.      Faktor penghalang terjadinya suatu perubahan adalah….
a.    Masyarakat yang terbuka terhadap hal-hal yang baru
b.        Masyarakat yang memiliki inovasi tinggi
c.        Adanya kepentingan-kepentingan yang sudah tertanam kuat
d.       Bertambah dan berkurangnya penduduk

176.      Bu Nani akan mengadakan arisan di rumahnya.ia membeli sejumlah kue untuk disajikan pada tamu, yaitu 48 buah kue sus, 84 kue dadar gulung, 60 buah kue putu dan 96 buah keu bolu kukus. Kue-kue tersebut akan disajikan di atas piring sebanyak-banyaknya. Berapakah banyaknya piring yang dibutuhkan untuk menyajikan kue-kue tersebut?
a. 12                             b. 8                               c. 10                             d. 14
Keterangan:
FPB 48,84,60, dan 96 = 12


177.      Bu Tini akan mengajarkan materi operasi pengurangan bilangan bulat menggunakan alat peraga kartu-kartu bilangan positif dan negatif,dengan perjanjian satu kartu positif bernilai 1, satu kartu negatif bernilai (-1),satu kartu positif dan satu kartu negatif didekatkan bernilai netral. Bu Tini menyuruh seorang siswa untuk mendemosntrasikan di depan kelas. Ambil kartu negatif sebanyak 5 buah kemudian tambahkan kartu netral sedemikian hingga bisa mengambil tujuh buah kartu bertanda positif, maka kartu yang tersisa adalah hasil operasi tersebut. Menurut Anda, siswa tersebut sedang memperagakan operasi.....
a. -5 7 = ......                b. -5 (-7) = .....             c. -5 + 7 =..... d. -5 + (-7) =.....

Kererangan:
            diambil


178.      Hasil penilaian dan evaluasi terhadap proses belajar mengajar dapat dimanfaatkan sebagai ....
a.        Bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya
b.        Penentuan ranking kelas
c.        Bahan mengisi rapor siswa
d.       Penentuan ranking sekolah

179.      Orang yang berenang karena pembiasan cahaya maka yang terjadi adalah orang yang berenang akan terlihat pendek
180.      Bentuk Perubahan social budaya

-                    Perubahan sosial budaya lambat (evolusi): perubahan memerlukan serangkaian perubahan kecil dan dalam waktu yang cukup lama. Perubahan karena usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan
-                    Perubahan sosial budaya cepat (revolusi): menyangkut sendi-sendi kehidupan masyarakat
-                    Perubahan sosial budaya kecil: perubahan terjadi pada unsur struktur sosial namun tidak mempengaruhi masyarakat secara langsung. Contoh pemakaian jean
-                    Perubahan sosial budaya: berpengaruh pada masyarakat. Contohnya perubahan pada rezim pemerintahan mempengaruhi kebijakan pemerintah
-                    Perubahan sosial direncanakan: reaksi dari perubahan yang telah terjadi sebelunya
-                    Perubahan sosial yang tidak direncanakan
181.      Apabila ada uang koin dimasukan ke dalam cangkir yang tidak bening. Koin akan tetap telihat oleh mata kita karena pembiasan cahaya

182.      Besi B dengan koefisien muai lebih besar dari besi A jika dipanaskan menjadi besi B akan lebih panjang dari besi A

183.      Mencari luas permukaan kerucut jika diketaui volumenya dan jari-jari
K                          L        M               N



Pernyataan yang benar adalah K=Selatan dan M=Selatan

184.            Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional:
-                    Lambang kebangsaan
-                    Lambang identitas nasional
-                    Alat penghubung antar warga, antar daerah, dan antar budaya
-                    Alat pemersatu berbagai suku dan latar belakang sosial budaya
185.            Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara:
-                    Bahasa Resmi Kenegaraan,
-                    Bahasa Pengantar Dalam Pendidikan,
-                    Alat Perhubungan Pada Tingkat Nasional Dalam Perencanaan dan Pelaksanaan ,
-                    Alat Pengembangan Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

186.      Kedudukan Pancasila sebagai pemersatu untuk memecahkan perbedaan dan pertentangan politik diantara golongan dan kekuatan politik disebut sebagai ideologi persatuan
-                    Pancasila sebagai dasar negara: landasan atau sumber tertib hukum di Indonesia
-                    Pancasila sebagai ideologi negara: pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa. Pancasila sebagai ideologi terbuka dan bersifat fleksibel
-                    Pancasila sebagai siste filsafat: pemikitan tentang manusia berhubungan dengan tuhan, dengan diri sendiri, dengan sesama, dengan masyarakat bangsa
-                    Pancasila sebagai sistem etika: etika yang mendasarkan penilaian baik dan buruk terhadap nilai-nilai pancasila

187.      Factor internal dalam fotosintesis yang paling berpengaruh adalah banyaknya klorofil
Factor eksternal dalam fotosintesi yang paling berpengaruh adalah cahaya matahari

188.      Kegiatan menyimak dan berbicara termasuk aktifitas reseptif dan produktif
Keterampilan menyimak           reseptif Keterampilan berbicara                            produktif Keterampilan membaca                             reseptif Keterampilan menulis                           produktif

189.      Asas kewarganegaraan:
-                    Asas ius sanguinis adalah pengakuan kewarganegaraan didasarkan pada darah keturunan(Indonesia, Cina, Malaysia)
-                    Asas ius soli adalah pengakuan kewarganegaraan didasarkan pada tanah kelahiran(Amerika, Inggris, Jerman)
-                    Bipatride adalah kewarganegaraan ganda (WNI melahirkan anak di Amerika)
-                    Apatride adalah tidak mempunyai kewarganegaraan (Warga negara Amerika melahirkan anak di Indonesia)

190.      Faktor penghalang terjadinya perubahan social budaya
-                    kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
-                    perkembangan iptek yang terlambat
-                    sikap masyarakat tradisional


-                    adanya kepentingan yang tertanam dengan kuat
-                    rasa takut terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan
191.      Perbedaan IIS dan IPS
Unsur
IIS
IPS
Tingkatannya
Diberikan di PT
Diberikan Sekolah dan PT
Batasan dan
ukuran
Lebih luas
Lebih sempit
Tingkat kesulitan
Menyelidiki aneka ragam relationship yang serba komplek
dan hal-hal abstrak
Menyelidiki konsep-konsep dan generalisasi yang disederhanakan
Tujuannya
Menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai fokus tujuannya
Penanaman BASK
(Behavior, Attitude, Skill, dan Knowledge)
Pendekatan
Disipliner
Interdisipliner
Kerangka kerja
Pengembangan teori dan prinsip ilmiah
Arti praktisnya dalam mencari alternatif pemecahan masalah
sosial

192.      Penggunaan huruf miring dipakai untuk:
a.        Penulisan judul buku, nama majalah, atau surat kabar yang dikutip dalam tulisan, termasuk dalam daftar pustaka
b.        Menegaskan huruf, bagian kata, kata, dalam kalimat
c.        Ungkapan bahasa daerah atau asing

193.      Yang    terjadi      pada     rantai       makanan       bila     konsumen       1     habis     adalah produsen/tumbuhan hijau meningkat dan konsumen 2 akan berkurang
194.      Pernafasan dada saat inspirasi:
a.        Rongga dada/tulang rusuk terangkat
b.        Volume dada membesar
c.        Tekanan udara di paru-paru lebih rendah
d.        Udara masuk
Pernafasan perut saat inspirasi:
a.        Diafragma mendatar
b.        Rongga dada membesar
c.        Tekanan udara di paru-paru turun
d.        Udara masuk
195.      Pernafasan eksternal terjadi di alveolus. Darah diikat melalui difusi
Pernafasan internal terjadi di jaringan tubuh. Proses pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam darah berlangsung dalam respirasi seluler

196.      Mencari amanat dalam cerita Ratu mempunyai anak 2 yang tampan gagah tetapi bertindak sewenang-wenang dan 1 anak yang cacat dan bijaksana dan diasuh oleh pembantunya. Wilayah kerajaan terkena musibah dan diduga musibah itu kutukan akibat perbuatan 2 pangeran yang jahat”
Amanatnya: kesabaran akan membuahkan hasil

197.      Perubahan kimia(tetap): menghasilkan zat baru Contohnya : nasi menjadi bubur, buah busuk, kayu dibakar
Perubahan fisika (sementara) : tidak menghasilkan zat baru dan hanya mengalami perubahan wujud
Contohnya : lilin dibakar, mentega dilelehkan, es mencair

198.      Awalan me- bila bertemu dengan kata dasar yang berawalan huruf KTSP maka huruf tersebut akan meluruh.
Kata dasar “contek” itu tidak ada, yang ada adalah “sontek” maka apabila


mendapat awalan me- maka S meluruh dan menjadi menyontek

199.      Bu Lina mengajar di kelas 3, dia memiliki siswa yang nakal, penyebabnya adalah
a.        Siswa tidak mau manaati peraturan                c. Siswa tidak mau mantaati peraturan
b.        Tata tertib yang kurang mengikat                    d…..

200.      Bu Nani adkan mengadakan arisan di rumahnya.ia membeli sejumlah kue untuk disajikan pada tamu, yaitu 48 buah kue sus, 84 kue dadar gulung, 60 buah kue putu dan 96 buah keu bolu kukus. Kue-kue tersebut akan disajikan di atas piring sebanyak-banyaknya. Berapakah banyaknya piring yang dibutuhkan untuk menyajikan kue-kue tersebut?
a. 12                             b. 8                               c. 10                             d. 14
Keterangan:
FPB 48,84,60, dan 96 = 12

201.      Tes karbohidrat : kertas, pemanas, panci, ….
Tes makanan jenis amilum(tepung) : lugol/kalium yodida
Tes makanan mengandung gula (monosakarida dan disakarida): benedick/fehling A dan B
Tes lemak : kertas, pemanas, panci, etanol
Tel protein: ditetesi larutan biuret/millon/molisch Tes vitamin c: metilen blue
202.      Penyakit saluran pernafasan
-                    Asfiksi: gangguan pengangkutan oksigen ke jaringan. Penyebabnya alveolus terisi air saat tenggelam, hemoglobin mengikat karbonmonoksida
-                    TBC : paru-paru yang berbintil kecil karena infeksi mybacterium tuberculesis
-                    Anthrakosis: disebabkan masuknya debu tambang
203.      UU Nomor 12 tahun 2006 memungkinkan dwi kewarganegaraan secara terbatas yaitu usia anak sampai 18 tahun dan belum menikah

204.      Melengkapi puisi Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa Hanya memberi ….
Bagai sangsurya menyinari dunia
205.      Perolehan bahasa:
-                    Monolingual : perolehan satu bahasa
-                    Bilingual : perolehan lebih dari satu bahasa secara bersamaan
206.      - Kegiatan prabaca: membuat prediksi
-                    Kegiatan saat baca: menggunakan strategi yaitu metakognitif, close prosedur, pertanyaan pemandu
-                    Kegiatan pascabaca : memperluas kesempatan belajar, mengajukan pertanyaan, mengadakan pameran visual, melaksanakan pemantasan teater, menceritakan kembali, penerapan hasil belajar

207.      Kegiatan pramenulis: menemukan ide gagasan, menentukan judul, memilih bentuk tulisan, membuat kerangka karangan, mengumpulkan bahan-bahan
-                    Kegiatan saat menulis:penjabaran ide dalam bentuk kalimat, mengembangkan kerangka karangan
-                    Kegiatan pascamenulis: merevisi, mengedit, menyajikan atau mempublikasikan tulisan


208.      Kertas dan besi dijatuhkan dari ketinggian yang sama maka besi akan jatuh dahulu karena hambatan udara terhadap kertas lebih besar

209.      Metode membaca:
-                    Metode bunyi : konsep disuarakan. Diawali memperkenalkan huruf vokal, kemudian diperkenalkan dengan suku kata dengan merangkai huruf yang sudah dikenal
-                    Metode eja abjad: pengenalan huruf a sampai z kemudian dikenalkan dengan suku kata dengan cara merangkaikan beberapa huruf yang sudah dikenalnya
-                    Metode kupas rangkai suku kata: pengenalan suku kata, suku kata menjadi kata, kata menjadi kalimat sederhana, pengintegrasian kegiatan perangkaian dan pengupasan suku kata
-                    Metode kata lembaga : menyajikan kata yang sudah dikenal anak, diurai menjadi suku kata, diurai menjadi huruf, huruf menjadi suku kata dan kata, dirangkai
menjadi pola kalimat sederhana
-                    Metode Global: memperkenalkan gambar dan kalimat, menguraikan kalimat menjadi kata, kta menjadi suku kata, suku kata menjadi huruf
-                    Metode SAS : memperkenalkan gambar utuh dan kalimat secara umum, gambar diuraikan satu persatu dan diberi kalimat sesuai gambar. Kemudian satu persatu kalimat akan diuraikan menjadi kata, kata menjadi suku kata, suku kata menjadi huruf kemudian dirangkai dari huruf menjadi suku kata, suku kata menjadi kata, kata menjadi kalimat












210.      Guru dalam pembelajaran PKN memberikan penekanan pada perubahan nilai-nilai melalui bermain peran dan keteladanan. Pendekatan yang tepat digunakan adalah…
a.        Pendekatan penanaman nilai                          c. Pendekatan analisis nilai
b.        Penanaman moral                                           d. Pengungkapan nilai


211.      Untuk memfasilitasi siswa menemukan pengetahuan tentang makanan sehat secara konkrit dan bermakna. Sesuai tahap perkembangan siswa
a.        Mengamati power poin                                    c. Gambar makanan sehat
b.        Kartu makanan                                                d. Mengamati berbagai makanan sehat


212.      Pak danu membelajarkan tentang wujud benda, tujuan menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan 3 wujud zat. Media yang tepat….
a.        Air hangat,                                                      c. Es batu, gelas erlemenyer,
b.        .                                                                     d. Es batu, gelas, dan termometer


213.        Pembelajaran kooperatif mendukung esensi yang terkait dg IPS SD. Simpulan ttg ket social adalah
a.        mengklasifikasi gagasan                                 c. mengklasifikasikan dengan obyek
b.        Membuat kesimpulan dengan logika               d. Mengolah informasi


214.        Ali kelas 5 ketika diadakan ulangan akhir semestersecara diam-diam dia menyontek. Guru mengalami kesulitan mengatasi hal ini. Tindakan yang tepat dilakukan guru, kecuali
a.        Membiasakan siswa berperilaku jujur
b.        Guru menjelaskan pada siswa untuk bekerja sendiri
c.        Menyontek merupakan perbuatan tidak baik dan harus dihindari
d.       Memberikan peluang siswa menjelaskan mengapa dia menyontek


215.        Jika rumusan indicator terampil mengkomunikasikan hasil kerja dalam bentuk laporan kegiatan,” maka aspek-aspek penilaian untuk menilai indicator tersebut adalah….
a.        Sistematika laporan, isi laporan , data obyektif
b.        Sistematis, komunikatif lancar, intonasi, dan ekspresif
c.        Sistematika laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi
d.       Sistematika, isi laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi serta onyektif


216.        Dila sudah pandai menuliskan namanya sebelum ia masuk SD. Kemungkinan besar bu Indah, guru TK-nya telah mengenalkan menulis permulaan. Selain diajari menuliskan namanya, Dila juga dikenalkan menulis kata yang dia tahu, misalnya bu-ku, ba-ju, sa-tu, dan sebagainya. Metode yang digunakan Bu Indah dalam mengenalkan kata dinamakan metode….
a.        Bunyi                       b. Suku kata                 c. Kata lembaga          d. SAS


217.        Setiap jenis karangan memiliki maksud tertentu. Wacana narasi ditulis dengan maksud untuk memenuhi keingintahuan pembaca tentang apa yang terjadi.


Dengan kata lain karangan narasi adalah karangan yang….
a.        Menjelaskan informasi factual
b.        Menyajikan serangkaian peristiwa
c.        Menjelaskan terjadinya sesuatu
d.       Menggambarkan sesuat hal yang sehidup-hidupnya
218.        Untuk membelajarkan kompetensi dasar “mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampua awal/prasarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan….
a.        Membuat karangan diskriptif                          c. Membaca kalimat sederhana
b.        Melengkapi kalimat belum selesai                   d. Menyusun kalimat sederhana
219.        Berdasarkan pendekatan saintifik, siswa melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan volume tabung dengan volume kerucut dengan cara…..
a.        Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali.
b.        Memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali
c.        Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
d.       Memilih alat peraga tabungdan kerucut, kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
220.        Untuk membelajarkan kompetensi dasar “mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/prasarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan….
a.        Membuat karangan diskriptif                          c. Melengkapi kalimat belum selesai
b.        Membaca kalimat sederhana                          d. Menyusun kalimat sederhana
221.        Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut adalah identifikasi masalah. Pada tahap tersebut, siswa diberikan kesempatan mengidentifikasikan sebanyak-banyaknya masalah yang relevan dengan bahan pelajaran. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan danjaring-jaring makanan, maka kegiatan identifikasi masalah yang paling benar adalah…..
a.        Siswa berdiskusi untuk menentukan rumusan masalah
b.        Siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis
c.        Siswa berdiskusi tentang jawaban masalah
d.       Siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan
222.        Salah satu indicator pembelajaran IPA kelas V adalah menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. Untuk mencapai indicator tersebut, Bu


Dina melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan megkomunikasikan tentang perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat gelap dan terang dalam diskusi kelas yang paling efektif adalah….
a.        Siswa melaporkan proses dan hasil pengamatan
b.        Siswa mengumpulkan laporan percobaan
c.        Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan
d.       Siswa mengumpulkan laporan pengamatan
223.        Setiap jenis karangan memiliki maksud tertentu. Wacana narasi ditulis dengan maksud untuk memenuhi keingintahuan pembaca tentang apa yang terjadi.
Dengan kata lain karangan narasi adalah karangan yang……
a.        Menjelaskan informasi factual
b.        Menyajikan serangkaian peristiwa
c.        Menjelaskan terjadinya sesuatu
d.       Menggambarkan sesuatu hal yang sehidup-hidupnya.


LINK LINK SOAL PPG TAHUN 2019


0 comments:

Posting Komentar

Ads Top

Facebook

https://www.facebook.com/eko.riyadi.92123
Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Text

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Stats

Blog Archive

Cari Blog Ini

Blog Archive

Flickr

Facebook

https://web.facebook.com/ekostereo

Advertising

SDN MALAKA JAYA 08

SELAMAT DATANG DI SEKOLAH RAMAH ANAK

Pages

Popular Posts