DATA DATA PEMBUATAN RPP KURTILAS EDISI REVISI 2016
Contoh :
Mata Pelajaran : Dasar-dasar kegrafikaan
Spektrum, KI dan KD
FORMAT
RPP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK GRAFIKA YAYASA LEKTUR
Mata
Pelajaran : Dasar-dasar kegrafikaan
Kelas/Semester
: X / II
Alokasi Waktu : 2 kali ( 4 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti
KI.3 Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab
KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik untuk memecahkan
masalah.
B. Kompetensi Dasar
3.10
Mengidentifikasi (C3)
unit- unit mesin cetak offset.
4.10
Melaksanakan praktik transportasi kertas dan cetak 1 (satu) warna
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10.1 Peserta didik
dapat memahami unit-unit pemasukan pada mesin cetak offset
3.10.2 Peserta didik
dapat memahami unit-unit pembasah pada mesin cetak offset
3.10.3 Peserta didik
dapat memahami unit-unit penintaan pada mesin cetak offset
4.10.1 Peserta didik
dapat mencoba unit-unit pencetakan pada mesin cetak offset
4.10.2. Peserta didik dapat menyajikan hasil pengeluaran pada mesin
cetak offset
D. Tujuan Pembelajaran
3.10.1.1 Setelah peserta didik memahami unit-unit
pemasukan maka peserta didik dapat melakukan pekerjaan penyetelan aparat di
meja pemasukan.
3.10.1.2 Setelah peserta didik memahami unit-unit
pembasah maka peserta didi dapat melakukan pekerjaan pemasangan rol air pada
unit pemasukan.
3.10.1.3 Setelah peserta didik memahami unit penintaan
maka peserta didik dapat melakukan
pekerjaan penyetelan aparat-aparat unit penintaan
4.10.1.1 Setelah peserta didik memahami unit
pencetakan maka peserta didik dapat
melakukan silinder impresion pada unit pencetakan
4.10.1.2
Setelah peserta didik memahami unit pengeluaran maka peserta didik dapat melakukan penyetelan jogger pada
mesin cetak offset 1 warna
E. Materi Pembelajaran
KI. Pengetahuan
Mengidentifikasi unit- unit mesin cetak offset.
- Memahami
unit-unit mesin etak offset
KI. Keterampilan
Melaksanakan praktik transportasi kertas dan
cetak 1 (satu) warna
-
Melakukan pekerjaan
tranportasi kertas dan cetak 1 warna.
F. Pendekatan,
Model dan Metode
Pendekatan : Student center
Model: Discovery learning dan PBL
Metode : tanya jawab, diskusi, praktek
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesatu:*) (10
menit)
1. Pendahuluan/Kegiatan Awal
-
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam
-
Berdoa sebelum memulai
pelajaran
-
Menyampaikan rencana
kegiatan baik, individu, kerja kelompok, dan melakukan observasi
2. Kegiatan Inti (70 menit)
-
Menyesuaikan materi
dengan tujuan pembelajaran
-
Menyajikan pembahasan
materi secara sistematik
-
Mengaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang relevan, perkembangan iptek, dan kehidupan nyata.
3. Penutup
(20 menit )
- Memfasilitasi dan membimbing peserta didik
merangkum materi pelajaran
- Memfasilitasi dan membimbing peserta didik
untuk merefleksi proses dan materi pelajaran
- Melaksanakan penilaian pengetahun melalu ites
lisan, tulisan maupun praktik
- Melaksanakan penilaian keterampilan melalaui
penyajian, praktik, laporan portofolio.
- Berdoa bersama.
Pertemuan Kedua:*)
1. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 Menit )
-
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam
-
Doa bersama sebelum
sebelum melakukan kegiatan
-
Menyampaikan rencana
kegiatan baik, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi
2. Kegiatan Inti ( 70 Menit )
-
Menyesuaikan materi
dengan tujuan pembelajaran
-
Mengaitkan materi dengan pengetahuan
lain yang relevan
-
Menyajikan materi jalan
kertas dan cetak 1 warna dengan tepat
3. Penutup ( 20 Menit )
- Memfasilitasi dan membimbing peserta didik
merangkum materi pelajaran
- Melaksanakan penilaian keterampilan penyajian,
praktik, laporan, portofolio
- Doa
bersama antara guru dan peserta didik.
H. Penilaian Pembelajaran,
Remedial dan Pengayaan
1. Analisis Hasil Penilaian
Dilakukan setelah melakukan
tes
2. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Dilakukan pada saat peserta didik telah melakukan test tertulis
Lembar penilaian dan test tertulis terlampir
I. Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media
komputer. Proyektor LCD
2. Alat
Mesin
cetak offset GTO 52, Mesin cetak offst GTO 46, Mesin solna 125
Kunci
pas mesin ceak offset, menyiapkan micrometer jangka sorong, menyiapkan lub,
menyiapkan puller
3. Bahan
chemical
offset, kertas,wos bensin
4. Sumber Belaja
Prihal cetak mencetak (penyusun Pusat
Grafika Indonesia)
Buku cetak offset ( Penyusun Pusat
Grafika Indonesia Jilid I, II, III)
Mengetahui
Kepala SMK Grafika
Yayasan Lektur
H. Selamet Harianto M.Pd
NIP. ...................................
|
Jakarta 27 Mei 2016
Guru Mata Pelajaran,
Bayu Purbo
Handoko S. Kom
|
Lampiran Penilaian Praktik
Format Penilaian
Praktik
1
|
Persiapan Kerja
|
Skor Maksimal
|
·
siswa memakai baju praktik di bengkel
cetak offset
·
melumasi mesin cetak sebelum di gunakan
|
20
30
|
|
Skor
Maksmal
|
50
|
|
2
|
Proses
|
|
Mempersiapkan alat dan bahan untuk proses mencetak
|
10
|
|
Menyetel unit pemasukan, penjaga kertas bagian samping,
double sheet detector, angin penghisap dan angin penghembus
|
20
|
|
Menyetel unit pembasah dan memasang rol air di unit
pembasah
|
20
|
|
Menyetel unit penintaan dan memasang tinta di bak tinta
dan menyetel silinder
|
30
|
|
Mengecek hasil cetakan
|
20
|
|
Skor
|
100
|
|
3
|
||
Skor
|
1. Sebutkan aparat-aparat yang terdapat dalam unit
pemasukan?
2. Sebutkan aparat-aparat pada unit pembasah?
0 comments:
Posting Komentar