Home » » PLAYSTATION BAGI ANAK

PLAYSTATION BAGI ANAK




sony-playstation-3
Mau pilih yang mana “Melarang” atau “Mengawasi”
Hampir sebulan ini Anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain Playstation. Dari pulang sekolah sampai menjelang Maghrib,bahkan sampai lupa mengerjakan tugas sekolah, diakibatkan kecanduan Playstation.
Buat para orang tua, harus lebih banyak lagi memperhatikan para anaknya, emang gak ada salahnya bermain playstation asalkan mereka masi ingat waktu dan tugasnya.

Video game adalah permainan menggunakan interaksi berupa gambar yang dihasilkan oleh peranti video. Dalam permainan itu umumnya ada sistem penghargaan, seperti skor atau nilai. Hitungannya berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di permainan. Sistem elektronik yang digunakan bisa berupa komputer atau konsol permainan.
Akhir tahun 1994, Jepang meluncurkan permainan baru berupa playstation (PS). Jenis permainan ini berupa grafis dari era 32-bit. Setahun kemudian PS merambah ke Amerika Serikat dan Eropa. Sampai akhirnya, PS menjadi booming sehingga membentuk Generasi PlayStation. Ribuan game PS dengan berbagai jenis permainan telah diluncurkan ke pasaran. Mei 2004 lalu, Sony sebagai perintis PS mengklaim telah memproduksi 100 juta PS ke seluruh dunia. Termasuk, 7.300 judul permainan dengan jumlah akumulasi 949 juta.
Meminimalkan dampak buruk
Ada orangtua yang melarang keras anak-anak bermain game. Karena permainan itu lebih banyak mudharat ketimbang untungnya. Psikolog Reni Kusumowardhani Msi menyatakan, kalau melihat untung-rugi bermain video game atau PS bagi anak-anak bagaikan dua sisi mata uang. Dampak buruk yang pasti timbul dari bermain PS berawal dari tidak ada pembatasan waktu. Anak-anak dibiarkan main sesuka hatinya. Dampaknya mereka akan ketagihan ingin terus bermain. Apalagi kalau belum menang, anak-anak pasti penasaran. Jika waktu banyak tersita bermain game, kewajiban anak di sekolah atau rumah pun bisa terbengkalai.
Dampak buruk lainnya, tidak semua jenis PS bisa dinikmati anak-anak. Kini banyak beredar permainan berbau porno dan kekerasan –lawannya dibanting, ditembak sampai dibunuh. Jenis permainan ini, kata Reni, harus dihindari dari anak-anak karena sangat membahayakan bagi perkembangan.
”Jauhkan anak-anak dari permainan video yang berdarah-darah, kasar, dan sadis,” lanjut Reni. Dampaknya, paparnya kemudian, anak-anak bisa tidak memiliki rasa sensitif, rasa sayang terhadap orang lain akan berkurang. ”Lebih jauh lagi hal-hal yang berbau kekerasan menjadi hal biasa.”
Menurut Reni, dampak buruk tersebut dapat diminimalkan jika orangtua ikut berperan aktif mengawasi anak-anak. Buatlah perjanjian dengan anak cantumkan poin-poin apa saja yang bisa dilakukan dan dilarang berkaitan dengan main PS. Misalkan, main PS atau video game hanya boleh Ahad dan hari libur. Hari sekolah dilarang. Kontrak bermain ini harus konsisten ditaati oleh anak maupun orangtua. ”Sekali muncul rasa kasihan anak akan memanfaatkan kelemahan itu,” katanya.

playstation-2Lama bermain mainan elektronik ini penting ditakar dengan mempertimbangkan aktivitas lain yang harus dilakukannya. Psikolog Anak di RSUD Cilacap Jateng ini memaparkan, orangtua harus mengetahui durasi kegiatan lain yang dimiliki anak. Dari 24 jam dalam sehari, ada waktu untuk sekolah, belajar, membantu orangtua dan lainnya. Sisa dari waktu itu bisa untuk main PS. Namun, tandas Reni, ”Maksimal dua jam sudah cukup.”
Pada sisi lain, Reni menyarankan orangtua agar selektif terhadap jenis video game yang boleh dimainkan anak. Sebab, cukup banyak game yang memiliki nilai edukasi dan bisa mengasah keterampilan berpikir dan menganalisis. Misalnya, program menyusun bangunan -ruang-, memasang anggota badan, atau mengajak anak aktif berbicara. Game olahraga juga bisa menjadi rujukan untuk mainan anak-anak.
Agar anak tidak soliter, permainan sebaiknya dilakukan bersama: antara orangtua dan anak atau bersama teman-teman. Ini bukan saja membuat suasana semakin seru, tetapi yang penting semakin menambah keakraban.
Tak ada kegiatan lain
Seperti kasus Adi dilarang main PS di rumah, malah pindah ke warnet atau rumah temannya? Peraturan di rumah tentu berbeda dengan yang diterapkan di rumah tetangga atau teman-teman anak. Namun, bagi psikolog yang aktif di Himpsi (Himpunan Psikolog Indonesia) Wilayah DKI Jaya ini, semua itu harus dilihat dari pola asuh dan tipe anak. Anak yang memiliki jalinan komunikasi yang baik dengan orangtua sulit berbohong.
Kalaupun anak kepergok atau mengaku bermain game di luar, Reni menyarankan orangtua agar tidak panik. Apalagi memarahi anak. Langkah efektif ajak anak komunikasi. Tinjau kembali poin yang tercantum di kontrak bermain. Kalau ada yang dilanggar apa konsekuensinya. Beri peringatan pertama dulu, jika masih dilanggar uang saku bisa dikurangi. Reni menyebut beberapa hal yang menyebabkan anak kecanduan game. Di antaranya, anak tidak memiliki kegiatan alternatif atau tidak mempunyai teman sebaya. Dari kedua hal ini pelarian yang paling mudah dengan bermain game. Dalam permainan ini, anak akan mendapat suatu keasyikan.
Jika kondisi ini dibiarkan, anak akan enjoy bermain sendiri. Akibatnya mereka memiliki sifat sangat individualistis dan egois. Padahal, ujar Reni, bermain sendiri grade-nya lebih rendah dari bermain kelompok. Kalau bermain kelompok, anak akan memiliki jiwa sosial, memiliki kepekaan terhadap orang, dan tidak egois.
”Sebelum telanjur anak kecanduan game, orangtua harus mencarikan kegiatan alternatif bagi anak. Kegiatan yang dipilih jangan berkaitan lagi dengan sekolah tapi lebih ke hobi minat si anak,” paparnya.
Sebagai alternatif permainan video dan PS yang merajalela di pasaran, Reni lebih setuju bila orangtua memperkenalkan anak-anak dengan permainan tradisional seperti galasin dan gobak sodor. ”Permainan kelompok itu lebih menyenangkan dan merangsang kecerdasan anak,” kata dia. Mengapa? Permainan itu mengajak berinteraksi dengan orang lain, melatih saraf motorik anak, berstrategi agar memenangkan permainan dan melatih jiwa sosial simpati merasakan bagaimana kalau lawannya kalah.
Ambil Sikap yang Jelas dan Tegas
Jangan harapkan anak menentukan sendiri batasan waktunya bermain video game. Begitu juga jenis yang dimainkannya. Berikut beberapa yang perlu jadi pegangan:
* Batasi waktu bermain video game. Bila nilai anak buruk di sekolah, laranglah sementara bermain.
* Jangan izinkan anak menunda waktu tidur karena ia ingin menyelesaikan game-nya. Jika waktu tidur mendekat, beri ia peringatan 10 menit sebelumnya.
* Doronglah anak untuk menyelesaikan sendiri perselisihan dalam hal penggunaan video game. Bila pertengkaran semakin seru, singkirkan permainan itu sampai mereka mencapai penyelesaian.
* Bantulah anak memilih video game yang tidak menampilkan kekerasan. Bila anak meminjam game baru, periksa dulu sebelum ia memainkannya.
* Bila Anda memiliki komputer, cobalah game edukasi. Game seperti ini mengombinasikan akademik dan hiburan. Bila Anda memiliki pilihan, belilah computer game ketimbang video game.

1 comments:

  1. WASPADA POSTINGAN PENIPUAN ...!!!
    YANG MENCATUT NAMA BPK DEDE, BPK AIDU TAUHID, BPK WARLI, YANG HANYA BISA DI PERCAYA
    CERITA KISAH SUKSES DARI SAYA JADI PNS

    Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

    Alhamdulillah berkat bantuan BPK SIDIK KADARUSMAN beliau selaku DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk Drs SIDIK KADARUSMAN hp: 0852'1400'0451

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs SIDIK KADARUSMAN yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk SIDIK KEDERUSMAN hp: 0852-1400-0451 , siapa tau beliau bisa bantu. Wass

    BalasHapus

Ads Top

Facebook

https://www.facebook.com/eko.riyadi.92123
Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Text

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Stats

Blog Archive

Cari Blog Ini

Blog Archive

Flickr

Facebook

https://web.facebook.com/ekostereo

Advertising

SDN MALAKA JAYA 08

SELAMAT DATANG DI SEKOLAH RAMAH ANAK

Pages

Popular Posts